Tips untuk Menghindari Facebook Scam

Pernahkah kamu mengalami situasi dimana orang yang tidak dikenal tiba-tiba berkomentar di halaman kamu dengan kalimat-kalimat menarik, misalnya, “Ingin dapat uang 30 jeti per hari dengan mudah”, “Liburan ke Eropa cukup klik saja”, “Bisnis baru profit menggebu” sambil menampilkan link tertentu? Jangan buru-buru mengklik tautan tersebut karena itu adalah upaya scam. Bahkan terkadang, akun Facebook milik teman kamu lah yang dimanfaatkan untuk menampilkan pesan kepada kamu.

Kalau kamu masih asing dengan apa itu Scam, PG dalam artikel ini berupaya membahas tentang Facebook Scam dan bagaimana menghindarinya.

Tips untuk Menghindari Facebook Scam

 

Definisi Scam

Scam adalah upaya untuk menjebak kamu untuk ikut bagian dalam suatu ‘bisnis’ dengan uang kamu, tentu saja dengan iming-iming imbalan tertentu. Scam tidak selalu merupakan penipuan, misalnya ajakan mirip Skema Ponzi atau MLM, hanya saja, tentu saja banyak diantaranya mengarah ke penipuan.

Seorang ‘scammer’ biasanya melakukan pendekatan personal dengan menawarkan sebuah ‘impian’ yang bombastis. Bisa jadi dikirim ke email, ponsel, dan yang lagi tren sekarang adalah lewat Facebook.

Hati-hati berinteraksi dengan para scammer karena kebanyakan diantara mereka menggunakan teknik persuasi yang susah ditolak. Mereka seringkali membuat kamu merasa tidak enak atau malu untuk menolak tawaran mereka.

Nah, bila kamu sudah mengenali ciri-ciri scam sebagaimana yang dibahas PG di atas, kamu bisa belajar untuk mengenali, lalu menghindari upaya scam terhadap kamu!

 

Cara menghindari Facebook Scam

1. Kebanyakan metode scam itu dilakukan dalam bentuk video. Jadi kamu cukup menghindari meng-klik tautan video tersebut tanpa melakukan verifikasi kepada teman yang mempostkan video tersebut di wall kamu. Jika kamu tidak mengenal orang yang mempostkan video tersebut, maka langsung saja jangan digubris!

2. Cobalah BitDefender Safego. Ini adalah aplikasi Facebook yang dirancang untuk memperingatkan pengguna Facebook dan melindunginya dari spam atau berbagai jenis ancaman yang mungkin terjadi di ‘dunia Facebook’.

Tips untuk Menghindari Facebook Scam

Dengan menggunakan metode “in-the-cloud scanning”, BitDefender Safego akan menjaga akun jejaring sosial kamu aman sehingga kamu dan PC kamu tidak akan terkena masalah. Penangkal spam BitDefender yang efisien akan membantu kamu untuk menghindari post berbau scam di wall kamu. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa membaca artikel PG yang berjudul: Amankan Facebook Kamu dari Scam dan Post Mencurigakan dengan BitDefender SafeGo.

Bila berminat, kamu bisa langsung mengunjungi link BitDefender Safego di:

http://www.bitdefender.com/media/html/facebook/safego/

3. Periksa privacy setting akun Facebook kamu. Pastikan hanya teman  (friends) saja yang bisa melakukan tagging, comment, melihat profile, foto, dll.

4. Jika ada teman yang mengirimkan link dengan pesan aneh, kamu harus bertanya terlebih dahulu pada temanmu. Jangan klik link yang kamu tidak tahu asal usulnya.

5. Jika kamu sudah menjadi korban Facebook Phising Scam, dalam artian kamu pernah masuk ke sebuah link “mirip Facebook” yang mengharuskan kamu seolah-olah “login ulang” dengan email serta password kamu, maka cepat-cepat ganti password kamu sebelum terlambat! Untuk tips password yang kuat, kamu bisa membaca artikel PusatGratis: Seperti apakah sih Password yang kuat itu?

6. Kalau kamu menemukan situs phishing Facebook, kamu bisa melaporkannya ke phish@fb.com. Itu adalah email yang dibuat khusus oleh Facebook sebagai tempat laporan jika kamu menemukan situs scam atau phishing.

Dengan tips-tips yang PG ungkap di atas, semoga kamu bisa menghindari Facebook Scam, serta juga menjaga keamanan privasi serta data sensitif kamu di dunia online.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini