Tips Twitter untuk Pemula

Sebelum ini, PG banyak memberikan tips-tips untuk pengguna Twitter yang sudah cukup mahir, seperti 7 Tips Agar Kamu Makin Eksis di Twitter atau memanfaatkan berbagai web aplikasi terkait Twitter seperti mengetahui apa yang tren di Twitter dengan Monitter. Tapi PG jarang-jarang nih memberikan tips untuk pemula.

Mengingat bahwa Twitter semakin populer digunakan oleh masyarakat Indonesia, yang bahkan sempat heboh di berbagai berita bahwa Jakarta adalah kota paling aktif di dunia dalam Twitter, maka menurut PG penting untuk menyampaikan tips bagi pemula di Twitter.

PG tahu kok rasanya jadi pemula. Ketika melihat pesan-pesan 140 karakter bersliweran dengan istilah-istilah membingungkan seperti @, #, TT, cc, RT… Rasa-rasanya ingin cepat-cepat menutup akun saja kalau melihat Timeline kita yang ribet dan membingungkan. Nah, agar kamu sedikit banyak bisa memahami dan mengerti (bila kamu adalah pemula), maka simak tips Twitter untuk pemula dari PG berikut ini:

 

Mulai menggunakan Twitter

Tips Twitter untuk Pemula

  • Bila ingin menambahkan foto, kamu bisa mengklik lambang gerigi di bagian kanan atas, klik “Edit Profile” yang muncul bersama nama kamu, lalu mengklik “Change Photo”. Untuk foto Twitter, sebaiknya berukuran 100×100. Bila tidak, maka Twitter akan me-resizenya. Kamu bisa memilih foto kamu sendiri atau menggunakan gambar-gambar lain yang kamu sukai. Di bagian ini, kamu juga bisa mengedit profil yang ingin kamu tampilkan.  Tambahkan juga biografi singkat kamu di halaman ini. Kamu juga bisa menambahkan tautan ke blog atau website atau Facebook atau halaman LinkedIn kamu.

Tips Twitter untuk Pemula

Tips Twitter untuk Pemula

  • Di bagian profile > Account, Jangan centang kotak yang bertuliskan “Protect my updates.” Nanti orang tidak akan bisa follow kamu atau melihat twit kamu kecuali kamu mengizinkannya. Ini nantinya akan mencegah kamu mendapatkan banyak follower.

Tips Twitter untuk Pemula

  • Kamu bisa mengakses twitter secara langsung lewat http://twitter.com, tapi ada juga Twitter Client gratis untuk memudahkan Twitteran di Desktop. Kamu bisa memilihnya sendiri. Sejauh ini, yang paling populer adalah TweetDeck.
  • Kamu juga bisa mengakses Twitter lewat perangkat mobile kamu. Kalau kamu adalah pengguna Android, kamu bisa menggunakan Plume yang disebut-sebut sebagai salah satu aplikasi Twitter terbaik untuk Android.

 

Bergabung dalam Twitland (Dunia Twitter)

  • Twitter sangat bermanfaat bila kamu mengikuti (following) orang-orang yang kamu minati atau akun-akun Twitter yang menurut kamu bermanfaat. Untuk follow, kamu tinggal klik halaman profilnya dan klik tombol follow. Kamu juga bisa un-follow bila kamu rasa tidak bermanfaat untuk mengikuti akun tersebut. Dari akun yang kamu follow, kamu akan mendapatkan update status yang mungkin adalah informasi yang kamu sukai. Bila yang kamu follow adalah teman-teman, tentu saja kamu akan terhibur menyaksikan tingkah polah mereka di Twitland.

Tips Twitter untuk Pemula

  • Kamu bisa menjalin hubungan dengan orang yang kamu follow tersebut, karena orang tersebut pasti akan melihat profil kamu di laporan, dan mungkin bila ia cocok, maka ia juga akan follow kamu (Followback)
  • Di Twitter, biasanya popularitas ditentukan oleh seberapa banyak orang yang follow kamu, juga seberapa sering orang terkenal, baik selebriti di dunia nyata maupun selebTwit yang mengomentari pesan-pesan kamu.

Tips Twitter untuk Pemula

 

Pesan atau Twit:

  • Pesan di Twitter disebut Twit. Pesan ini dibatasi 140 karakter. Jadi kamu harus kreatif dalam berkirim pesan atau mengungkapkan sesuatu dalam kata-kata.

Tips Twitter untuk Pemula

  • Kalau kamu ingin melibatkan seseorang dalam percakapan, maka kamu bisa mengetikkan @namaTwitter mereka (contoh @pusatgratis). Inilah yang disebut dengan “Mention”.

Tips Twitter untuk Pemula

  • Ketika seseorang me-mention kamu, maka Twit mereka bisa dicek dengan mengklik @Connect di bar atas website Twitter. Untuk menjawab pesan seseorang, kamu secara otomatis akan menyertakan @namaTwitter mereka.

Tips Twitter untuk Pemula

  • Jika kamu ingin mengirim pesan pribadi ke seseorang (di Twitter disebut Direct Message – DM), maka kamu tinggal mengklik lambang setting di kanan atas > Direct Message. Lalu kamu perlu menuliskan @namaTwitter mereka di kolom tujuan (atas). Kamu juga bisa mengirimkan pesan pribadi dengan cara mengklik “Compose”, kemudian menuliskan D (spasi) namaTwitter orang yang dituju, lalu mengetikkan pesan. Syaratnya, si penerima pesan harus juga follow kamu. Bila tidak, pesan tidak akan terkirim.

Tips Twitter untuk Pemula

Tips Twitter untuk Pemula

 

Itulah beberapa tips Twitter untuk pemula dari PG. Lalu, untuk menyesuaikan diri dengan Twitter bagaimana? Itu PG serahkan pada kemampuan adaptasi kamu. Hehe… yang jelas, dengan tips tersebut, PG yakin kamu akan dapat mengakses Twitter dan menggunakannya, serta berkirim pesan pada teman-teman kamu lewat Twitter.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini