[Tips Twitter] Jangan Tuliskan Hal-Hal ini di Bio Twitter Kamu!

Jejaring sosial micro-blogging berlambang burung biru ini memang makin populer saja di Indonesia. Kamu bisa memanfaatkan Twitter untuk berbagai keperluan. Bukan saja berinteraksi dengan teman-teman atau komunitas tertentu. Twitter juga bisa kamu manfaatkan untuk berbisnis, mempopulerkan layanan jasa kamu, bahkan juga bisa kamu gunakan sebagai sarana mendukung kebijakan politik tertentu atau protes publik. Untuk itulah penting bagi kamu yang terlibat di Twitland untuk mempopulerkan diri di Twitter.

[Tips Twitter] Jangan Tuliskan Hal-Hal ini di Bio Twitter Kamu!

Nah, bila kamu memang serius untuk jejaring sosial yang satu ini, dalam artian ada kepentingan tertentu yang ingin kamu sisipkan di Twitter, maka kamu perlu memperhatikan penulisan Bio kamu. Seorang Tweeps (pengguna Twitter), biasanya mengidentifikasikan diri berdasarkan biodata yang ia tulis pada bio Twitter-nya. Bio ini juga menjadi sarana informasi yang menarik tentang siapa kamu dan apa tujuan kamu menggunakan Twitter, serta juga website yang mungkin ingin kamu populerkan lewat Twitter. Bila memang demikian tujuan kamu, maka kamu perlu memperhatikan hal-hal tertentu yang sebaiknya tidak kamu tuliskan pada bio Twitter kamu. PG membahasnya dalam artikel ini untuk kamu semua!

 

Terlalu banyak Hashtag di Bio Twitter

[Tips Twitter] Jangan Tuliskan Hal-Hal ini di Bio Twitter Kamu!

Bermain hashtag di Twitter memang mengasyikkan. Tapi agak berlebihan bila beberapa hashtag sampai kamu tuliskan pada Bio Twitter kamu seperti #TimFollowBack #Belieber #Sone. Lebih dari satu hashtag akan menjadikan orang memandang kamu sebagai figur yang tidak jelas (Meskipun mungkin kamu adalah fans dari beberapa artis).

 

Caps Lock ON

[Tips Twitter] Jangan Tuliskan Hal-Hal ini di Bio Twitter Kamu!

Dalam etiket internet, menggunakan huruf kapital atau huruf gede semua sama dengan meneriakkan sesuatu kepada pembaca. Jadi jika kamu mengisi bio kamu dengan menggunakan huruf kapital seolah-olah Caps Lock kamu sedang rusak, maka tentu saja orang yang memandang bio kamu akan merasa tak nyaman. Gagallah niat kamu untuk menjadi lebih populer di Twitter.

 

Menggunakan Emoticon dan karakter ASCII di Bio

[Tips Twitter] Jangan Tuliskan Hal-Hal ini di Bio Twitter Kamu!

Bila kamu adalah seorang remaja berusia 12-13 tahun (apalagi cewek), menggunakan karakter ASCII dan emoticon di bio kamu akan terkesan imut-imut dan menggemaskan. Tapi kalau kamu mahasiswa tahun terakhir yang sudah terancam DO tahun depan, cowok, dan menggunakan chara ASCII, maka kamu akan terkesan kekanak-kanakan!

Lebih buruk lagi bila kamu seorang profesional yang menawarkan layanan jasa di bidang tertentu, tapi masih menggunakan hal semacam itu di bio Twitter kamu. Wah… Baru melihat tampilan bio kamu, bisa-bisa orang sudah miring penilaiannya terhadap diri kamu…

Gunakan emoticon dan character ASCII dalam percakapan, tapi jangan pada Bio Twitter kamu yang akan tampak selamanya!

 

Ejaan Kacau di Bio Twitter

[Tips Twitter] Jangan Tuliskan Hal-Hal ini di Bio Twitter Kamu!

Perhatikan ejaan kamu. Sebisa mungkin gunakan EYD yang baik dan benar. Tapi PG tidak menyalahkan kamu bila kamu terkena wabah ciyus miyapah dan latah menuliskannya pada bio Twitter kamu. Tidak ada yang akan mencap buruk kok. Hanya saja bila kamu ingin tampak profesional, maka hal itu jelas menjatuhkan penilaian orang.

Bila kamu menyertakan kalimat-kalimat berbahasa Inggris, gunakan Spell Checker. Jangan malas memeriksa penulisan kata tertentu, apalagi bila pengetahuan Bahasa Inggris kamu pas-pasan.

Dengan demikian kamu akan memberikan kesan pertama yang begitu menggoda di Bio Twitter kamu.

Menuliskan Kebencian

[Tips Twitter] Jangan Tuliskan Hal-Hal ini di Bio Twitter Kamu!

Menuliskan hal-hal berbau SARA dan kebencian di Bio Twitter kamu jelas menjadikan orang antipati. Bila kamu menyatakan bahwa kamu anti terhadap suku atau agama tertentu, bukan hanya suku dan agama tersebut yang akan tersinggung, tapi juga orang yang sebenarnya dari suku dan agama yang sama dengan kamu akan mencap kamu sebagai seorang yang rasis dan tentu saja ini akan mengurangi penilaian mereka terhadap profesionalitas kamu

 

Kebohongan

[Tips Twitter] Jangan Tuliskan Hal-Hal ini di Bio Twitter Kamu!

Kalau kamu bukan Nabilla JKT48, tidak ada pentingnya berpura-pura sebagai dirinya. Menyaru sebagai tokoh tertentu memang mungkin mengasyikkan untuk kamu. TapiĀ  bila kamu ingin nampak profesional dan ingin populer, jadilah dirimu sendiri apa adanya. Keluarkan kelebihan kamu dan jangan mengada-ada.

Tweeps yang jengkel bila kamu terlalu banyak berpura-pura dan bersandiwara bisa-bisa melaporkan kamu ke Twitter hingga akun kamu ter-suspend. Jadi sebaiknya jangan menyatakan kebohongan di Bio Twitter kamu.

 

Disclaimer di Bio Twitter

[Tips Twitter] Jangan Tuliskan Hal-Hal ini di Bio Twitter Kamu!

Kalau kamu karyawan sebuah perusahaan, tetap saja rada-rada konyol bila kamu mencantumkan disclaimer: Apapun yang saya Twit tidak mencerminkan pandangan perusahaan.

Ya iyalah! Twitter adalah akun kamu pribadi. Orang tidak akan mengkorelasikan pemikiran kamu dengan pemikiran perusahaan. Meskipun demikian, bila kamu ofensif di Twitland, ada kemungkinan ini berimbas pada posisi kamu di perusahaan dalam artian, orang akan mengeluhkan perilaku kamu kepada perusahaan kamu – apapun disclaimer yang kamu tulis – fufufu…

 

Menuliskan sesuatu yang lucu berlebihan a.k.a Jayus

[Tips Twitter] Jangan Tuliskan Hal-Hal ini di Bio Twitter Kamu!

Kalau kamu ingin menunjukkan sense of humor kamu, lakukan sewajarnya. Tidak perlu melawak berlebihan dan menuliskannya di Bio twitter kamu – kecuali kamu bisa menemukan lawakan yang cerdas dan pas. Bila kamu menuliskan lawakan-lawakan yang garing, orang akan cenderung mengernyitkan dahi membaca tulisanmu dan tak lagi berniat untuk mengenal kamu lebih lanjut.

 

Menggunakan Bahasa Kasar

[Tips Twitter] Jangan Tuliskan Hal-Hal ini di Bio Twitter Kamu!

Bila kamu ingin terlihat unik, menggunakan bahasa kasar bukan pilihan yang tepat. Justru orang tidak akan merasa nyaman membaca bio twitter kamu. Okelah bila kamu akrab dengan beberapa orang dan menggunakan bahasa kasar dalam percakapan (meskipun PG juga tidak menganjurkan ini) – juga fakta bahwa beberapa istilah kasar di Indonesia telah mengalami ameliorasi atau perubahan makna menjadi lebih umum – tapi orang tetap tidak akan merasa nyaman membaca bahasa kasar di Bio Twitter seseorang. Bahkan bisa jadi beberapa orang di pandangan pertama memutuskan untuk tidak terlibat dengan kamu lagi begitu melihat tulisan kasar di Bio Twitter kamu.

 

Nah, simak tips di atas bila kamu ingin menuliskan sesuatu di Bio Twitter kamu. Popularitas di Twitter akan membantu kamu untuk menyampaikan pandangan, berinteraksi, juga menawarkan jasa.

Bila kamu masih asing dengan Twitter, kamu bisa membaca Tips twitter untuk pemula dari PG. Takut bahwa Twitter menjadikan privasi kamu terganggu? Baca tips untuk mengamankan akun Twitter kamu guna menghindarkan gangguan khas Internet terhadap akun kamu.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini