Tips Menilai Tingkat Keterpercayaan Website di Internet

Internet layaknya sebuah hutan belantara yang luas, dimana terdapat berbagai macam website didalamnya. Ada website yang “baik” dan ada pula website yang “jahat”. Semuanya bisa kita temukan di internet baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Layaknya saat menjalin hubungan dengan seseorang, saat berinteraksi dengan sebuah website-pun butuh yang namanya kepercayaan. Lalu bagaimana cara mengetahui apakah sebuah website itu terpercaya atau tidak? Di artikel ini PG akan bagikan beberapa tips untuk menilai tingkat kepercayaan sebuah website di internet.

Adakah cara lain untuk menilai tingkat keterpercayaan website di internet?

Tips Menilai Tingkat Keterpercayaan Website di Internet

Nah, kali ini PG ingin menyampaikan tips untuk menilai tingkat keterpercayaan sebuah website di internet, sebagai jaminan bahwa website tersebut dimaintain dengan baik serta tidak berusaha untuk menyebarkan malware atau hal lain yang merugikan kamu ketika mengunjunginya.

 

Domain

Kalau kamu belum tahu (tapi kayaknya pasti tahu deh), domain adalah alamat sebuah website. Domain selalu memiliki ekstensi yang berada di belakang nama website seperti .net, .us, .id dan sebagainya. Pembelian domain memiliki aturan tersendiri, seperti misalnya .gov atau .go.id hanya boleh dimiliki oleh Pemerintah. Sedangkan untuk bisnis/komersial/komunitas, domain yang dianggap nilainya tinggi adalah .com, .net, dan .org (untuk lokal, .co.id atau .web.id juga terpercaya). Jadi… ehm, dengan menggunakan nama dan domain www.pusatgratis.com – PG bisa dikategorikan sebagai website yang serius dan terpercaya! Bahkan selain melalui www.pusatgratis.com, kamu juga bisa mengakses PG lewat www.pusatgratis.net dan www.pusatgratis.org juga lho!

 

Whois

Sebagaimana dijabarkan oleh Wikipedia,

WHOIS (dieja dari frase who is) adalah protokol respon dan query (pencari) yang digunakan untuk mencari database yang menyimpan user atau elemen tertentu dari sumber Internet, seperti nama domain, alamat IP, atau sistem otonom. Ini juga digunakan untuk mencari informasi lain. Protokol ini menyimpan dan mengirimkan konten database ke format yang mudah dibaca.

Singkatnya, dengan menggunakan fasilitas protokol whois, kamu bisa memeriksa sebuah website, mulai dari domain, alamat, posisi server, dan pemilik website tersebut. Ada banyak penyedia layanan whois, tapi yang mudah untuk digunakan antara lain adalah:

1. who.is

2. whois.net

3. whois.domaintools.com

Layanan tersebut akan memberikan informasi tentang website yang kamu kunjungi. Website dengan pemilik yang jelas dan perusahaan yang jelas, tentu saja merupakan website yang terpercaya.

Tips Menilai Tingkat Keterpercayaan Website di Internet

Contoh informasi tentang PG dari whois menunjukkan bahwa www.pusatgratis.com dimiliki CV. Puspa Media yang berbadan hukum dan beralamat jelas, jadi merupakan website terpercaya. hehe…

Tips Menilai Tingkat Keterpercayaan Website di Internet

 

Web Of Trust

Web of Trust adalah sebuah layanan yang bisa kamu manfaatkan untuk melihat tingkat kepercayaan sebuah website. Rating dari Web of Trust didapatkan melalui review yang diberikan oleh pengguna website berdasarkan pengalaman pribadinya.

Tips Menilai Tingkat Keterpercayaan Website di Internet

Kalau kamu memeriksa dengan memanfaatkan add-ons “Web Of Trust”, maka kamu akan mendapati bahwa www.pusatgratis.com memiliki rating yang baik dan terpercaya. Website yang mendapatkan rating ini biasanya tidak menyebarkan malware atau virus kepada pengunjungnya. Memang hal itu selalu dijaga oleh PG demi kamu semua yang sudah meluangkan waktu untuk mengunjungi PG.

 

Sucuri

Tips Menilai Tingkat Keterpercayaan Website di Internet

Sucuri adalah layanan untuk mengetahui apakah sebuah website itu aman atau tidak. Disana kamu bisa mengetahui apakah sebuah website menginjectkan malware, melakukan exploit, atau tindakan mencurigakan lainnya. Bisa kamu lihat bahwa pusatgratis sudah terverifikasi sebagai website yang aman untuk dikunjungi.

Nah, demikianlah beberapa cara untuk memeriksa tingkat keterpercayaan sebuah website. Melihat bahwa PG memiliki rating yang bagus berdasarkan WOT, memiliki visi serta posisi yang jelas, dan aman untuk dikunjungi, maka PG sendiri layak direkomendasikan sebagai website terpercaya yang semoga bisa terus memberikan manfaat bagi kamu semua (narsis mode ON)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Randy

    mantapzzz gan

  • Syaiful Haq

    Informasi yg sangat bermanfaat, bs utk mengecek suatu toko online dpt dipercaya atau tdk.. trims