Tips Mengirimkan Pesan secara Aman dan Rahasia

Berkirim pesan sekarang memang agak mengkhawatirkan mengingat peristiwa dihacknya akun yahoo atau dropbox, sehingga kamu khawatir bila ingin menyampaikan suatu pesan yang benar-benar rahasia, nantinya pesan tersebut bocor dan bisa dimanfaatkan orang yang tidak bertanggungjawab.

Tips Mengirimkan Pesan secara Aman dan Rahasia

Trus bagaimana nih? Tidak bisakah kita mendapatkan rasa aman dalam berkirim pesan tertentu kepada rekan atau kolega?

Jangan khawatir!

PG berikut ini akan memberikan tutorial untuk mengirimkan pesan secara rahasia kepada orang lain baik yang melalui email maupun bila kamu tidak menggunakan email atau melakukan pertukaran data secara langsung. Dengan memanfaatkan tips ini, PG yakin kamu akan merasa lebih aman dalam memberikan data rahasia kepada teman-teman kamu.

 

Tanpa perlu Akun Email

1. Hide n Send

Ada beberapa cara mengirimkan pesan tanpa menggunakan akun email. Bila kamu mengirimkan pesan dengan mentransaksikan data (dalam flashdisk, Bluetooth, atau memory card), maka kamu bisa memanfaatkan software Hide n Send. Software ini bisa menyembunyikan file dokumen atau pesan kamu dalam sebuah gambar. Syaratnya, teman yang kamu berikan file rahasia ini harus menggunakan software yang sama untuk mengekstrak pesan itu dan membacanya.

Software ini akan menampilkan interface yang memungkinkan kamu menggabungkan file dokumen (pesan) dengan gambar. Di bagian image, kamu tinggal memasukkan gambar yang akan kamu jadikan samaran untuk file rahasia kamu. Sementara di bagian concealed file, kamu masukkan file rahasia tersebut. Ingat, file gambar harus lebih besar dibanding file text atau dokumen yang ingin kamu sembunyikan.

Setelah mengatur setting dan meng-klik hide, maka file kamu akan tersembunyi secara otomatis ke dalam file gambar yang kamu jadikan ‘host’ atau kamu tumpangi file dokumen tersebut. Oh ya, kamu juga akan diminta memasukkan password untuk lebih memastikan kerahasiaan file yang akan dikirim tersebut.

Untuk membukanya, maka penerima file tersebut hanya perlu membuka aplikasi yang sama, lalu meng-klik tab Extract.

Tips Mengirimkan Pesan secara Aman dan Rahasia

Kamu bisa mendapatkan hide n Send di:

http://www.softpedia.com/progDownload/Hide-N-Send-Download-216166.html

Software ini sangat cocok bagi kamu untuk bertukar pesan secara aman dan rahasia melalui pertukaran data secara langsung tanpa menggunakan email.

 

2. BurnNote

Bila kamu tidak melakukan pertukaran data dengan cara bertemu langsung (COD), maka kamu bisa memanfaatkan BurnNote. Ini adalah web aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mengirimkan pesan pribadi yang akan terhapus secara otomatis dalam jangka waktu tertentu setelah dibaca (atau paling tidak dibuka – meskipun sang pembuka pesan belum sempat membacanya) oleh pembuka pesan tersebut. Bila kamu memanfaatkan BurnNote, nantinya yang perlu kamu kirimkan hanyalah tautan ke BurnNote baik melalui email, pesan FB, YM, ataupun SMS untuk dibuka teman kamu, dan setelah membaca pesan tersebut sekali, maka pesan itu nantinya akan terhapus dengan sendirinya sehingga menjamin keamanannya.

Tips Mengirimkan Pesan secara Aman dan Rahasia

Kamu bisa menggunakan layanan BurnNote di:

https://burnnote.com/

Dengan BurnNote, kerahasiaan pesan kamu terjamin. Hanya saja kelemahannya, bila pesan kamu isinya adalah tutorial tertentu, pastilah teman kamu akan kesulitan mengingatnya karena hanya sekali baca yang dilakukan. Hehe…

 

Berkirim Pesan dengan Akun Email

1. Safe Gmail

Safe Gmail adalah ekstensi chrome yang memungkinkan email kamu dienkripsi ketika kamu menulisnya. Tidak seperti kebanyakan layanan ekstensi yang me-redirect kamu ke layanan lain, SafeGmail bekerja menggunakan interface Gmail dan menggunakan teknik enkripsi yang sangat bagus. Pesan ini nantinya akan dilindungi bukan dengan password, tapi dengan pertanyaan rahasia yang sekiranya akan diketahui oleh penerima surat kamu.

Pertama-tama, download dulu Safe Gmail di:

https://chrome.google.com/webstore/detail/safegmail/lmjkmpdndmbieflefonjgnnfimmkbedf

Setelah menginstall Chrome Extension ini maka kamu akan mendapatkan opsi baru di Gmail kamu, yaitu opsi untuk menyertakan password dan pertanyaan keamanan. Kamu perlu mengisi bagian ini untuk memanfaatkan Safe Gmail.

Tips Mengirimkan Pesan secara Aman dan Rahasia

Tips Mengirimkan Pesan secara Aman dan Rahasia

Penerima pesan kamu nantinya akan perlu mengklik tautan yang diberikan, kemudian menjawab pertanyaan keamanan yang telah kalian sepakati berdua. Maka pesan dari email tersebut barulah akan terbuka.

Tips Mengirimkan Pesan secara Aman dan Rahasia

 

Safe Gmail akan sangat bermanfaat bila kamu ingin mengirimkan sesuatu yang sifatnya rahasia dan tidak akan terbaca meskipun akun dari penerima email tersebut dihack dan dibaca oleh orang lain. Untuk lebih memastikan keamanan akun Gmail kamu, jangan lupa juga membaca 5 tips untuk meningkatkan keamanan akun Gmail kamu dari PG.

 

2. Dashlane Courier

Dashlane Courier adalah layanan yang dibuat dengan tujuan tertentu. Cara kerjanya berhubungan dengan Dashlane Password Manager. Untuk kamu yang tidak menggunakannya, Dashlane Password Manager memungkinkan kamu menyimpan semua informasi pribadi (utamanya password dan iknon akun) sehingga kemudian sekali klik kamu bisa mengisikan formulir kamu untuk izin masuk ke website tertentu. Informasi ini dienkripsi dan dilindungi oleh layanan Dashlane online. Master password akan mengamankan informasi pribadi kamu dari akses yang tak dikehendaki. Pengembang Dashlane telah menambahkan layanan pelengkap yang memungkinkan kamu menyimpan atau mengirim informasi dengan surat yang akan hancur sendiri setelah jangka waktu tertentu sesudah dibaca.

Untuk memanfaatkan layanan ini, kamu tinggal melakukan prosedur setup, lalu prosedur registrasi seperti biasa. Ikuti langkah-langkah yang diinstruksikan oleh Dashlane Courier, dan kamu nantinya akan mendapati halaman Login & Password. Klik Add New Credential di bagian bawah untuk memungkinkan kamu mengirim berbagai materi rahasia secara langsung. Begitu kamu klik, akan keluar formulir yang perlu kamu isi untuk menyesuaikan diri dengan adat barat.

Tips Mengirimkan Pesan secara Aman dan Rahasia

Nantinya setelah kamu mengisikan formulir, kamu akan mendapatkan shortcut profil yang disebut “Credential”. Dengan Credential ini barulah kamu bisa mengirimkan pesan ke alamat email temanmu. Kamu bisa secara kreatif menentukan konten yang akan kamu kirimkan. Setelah itu kamu bisa menuliskan nama penerima beserta pesan kepada teman kamu tersebut.

Tips Mengirimkan Pesan secara Aman dan Rahasia

Nantinya bila teman kamu membuka email tersebut, maka setelah dibaca, dalam jangka waktu tertentu email tersebut akan ‘hancur’ sendiri. Jadi ini merupakan email-sekali-baca. Jangan lupa memperingatkan teman yang kamu kirimi pesan ini bahwa ia hanya bisa membaca surat tersebut sekali.

Dapatkan Dashlane Courier di:

https://www.dashlane.com/en/features/securesending

Dengan Dashlane Courier, kamu bisa berkirim pesan secara aman ke akun email teman kamu, karena email yang dikirim akan langsung hilang setelah dibaca. Tentu saja ini adalah cara berkirim pesan yang menarik.

 

Sekarang kamu tidak perlu lagi ragu-ragu untuk mengirimkan pesan kepada teman-teman kamu meskipun isinya mungkin rahasia. Misalnya, ehm… Resep kue apel turunan nenek moyang yang bakal berbahaya bila jatuh ke tangan orang lain?…

 


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini