Tips Menggabungkan Inbox Email Lintas Akun – Part #1

Kemajuan teknologi internet memungkinkan kita memiliki banyak akun email dari berbagai provider. Namun seiring waktu, mungkin kamu merasa bahwa mengecek satu per satu email yang masuk dari berbagai penyedia layanan email sangat memakan waktu. PG pernah memberikan tips tentang menghindari email overload dengan cara memanajemen aktivitas email kamu. Seandainya kamu ingin lebih lagi meningkatkan produktivitas kamu, maka kamu perlu mencoba untuk menggabungkan inbox lintas akun email.

Tips Menggabungkan Inbox Lintas Akun Email#1

Hah!? Apa mungkin?

Mungkin kok. Bahkan kita bisa memilih dari tiga penyedia layanan akun email utama berikut ini, yaitu Gmail, Outlook dan Yahoo, mana yang akan dijadikan “akun induk”, dalam artian kita bisa memilih bila menggunakan Gmail sebagai akun induk, maka cukup dengan membuka Inbox akun Gmail kita, maka kita akan bisa memeriksa surat masuk dari akun-akun lain seperti misalnya Yahoo, lycos, Outlook, dan banyak lagi.

Karena tips ini cukup panjang, PG akan memecahnya menjadi tiga seri. Untuk bagian pertama ini, kita akan membahas menggabungkan inbox lintas akun email dengan Gmail sebagai akun induknya!….

Sudah siap? Baiklah mari kita mulai mencoba mengaktifkan fitur untuk memungkinkan Gmail kamu memeriksa email dari penyedia layanan email lain.

Pertama-tama, tentu saja membuka akun email kamu. Klik pada Setting akun Gmail kamu

Tips Menggabungkan Inbox Lintas Akun Email#1

Di bagian setting tersebut, buka bagian “Accounts and Imports”. Arahkan perhatian kamu pada kolom “Check mail from other accounts”. Klik pada “Add Pop3 mail Account you own”.

Tips Menggabungkan Inbox Lintas Akun Email#1

Nah, begitu kamu mengklik “add a Pop3 mail account your own”, akan muncul sebuah window baru dimana kamu harus mengisikan alamat email yang ingin kamu cek lewat gmail sekaligus disini. Sekaligus kamu juga akan diminta untuk mengisikan password akun email tersebut.

Tips Menggabungkan Inbox Lintas Akun Email#1

Setelah kamu menyelesaikan prosedur registrasi, maka akun tersebut akan terbaca oleh Gmail kamu. Bila sudah, kita beralih ke Tab “Labs”. Klik tab tersebut untuk mensetting multiple inbox.

Tips Menggabungkan Inbox Lintas Akun Email#1

Nah, dibagian tersebut, kamu cari opsi “Multiple Inboxes”. Scroll ke bawah, atau langsung ketikkan di kolom search: “Multiple Inboxes”, kamu akan dibawa ke opsi tersebut. Pilih “Enable”, lalu klik Save (di bagian paling bawah).

Tips Menggabungkan Inbox Lintas Akun Email#1

Setelah itu coba tengok inbox kamu. Nantinya email yang masuk ke akun satunya itu juga akan ditampilkan di Gmail. agar kamu lebih mudah membedakan yang mana yang email dari akun lain, kamu bisa klik Setting > Inbox  untuk mensetting agar email yang datang dari akun lain ditampilkan nama akunnya – sekedar untuk pembeda.

Akun kamu nantinya akan ditampilkan seperti ini.

Tips Menggabungkan Inbox Lintas Akun Email#1

Dengan trik tersebut, maka kamu bisa memeriksa email dari akun lain cukup dari inbox Gmail kamu. Bahkan bukan hanya satu akun, kamu akan bisa melakukan pemeriksaan maksimal untuk lima akun!

Dengan fasilitas ini, diharapkan produktivitas kamu akan meningkat. Nantikan tips seri berikutnya, karena setelah ini PG akan mengulas juga bagaimana menggabungkan Inbox lintas akun Email dengan Outlook sebagai akun induk, disusul dengan Yahoo sebagai akun induk.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini