Tips Mengcopy, Memindah atau Membuat Shortcut File di Windows

Bagi pengguna Windows, untuk urusan mengcopy, memindah atau membuat shortcut file pasti kamu sudah tidak asing lagi. Kamu bisa menggunakan keyboard ataupun menggunakan mouse untuk melakukan tiga aktifitas tersebut. Kamu juga bisa menggunakan software Teracopy untuk melakukan copy, move atau create shortcut. Tetapi ada cara lain lagi yang mungkin belum kamu ketahui untuk melakukan hal-hal itu.

Untuk mengcopy, memindah dan membuat shortcut file ternyata juga ada peraturannya loh. Bagaimana file tersebut bisa di dipindah, dicopy dan dibuat shortcutnya PG akan menjelaskannya sedikit untuk kamu, berikut penjelasannya:

  • Pernahkah berniat untuk memindahkan sebuah file, kemudian kamu menggeserkan file ke folder lain namun file tersebut malah tercopy? Ini akan terjadi jika file yang kamu pindahkan ke partisi disk yang lain. Misalkan saja kamu menggeserkan file dari c:\users\downloads\ ke d:\data\, maka kamu akan mengcopy file tersebut dan yang asli berada di disk c.
  • Untuk kasus lain, seperti kamu ingin mengcopy file tetapi yang terjadi malah memindahkannya. Ini terjadi karena kamu melakukan drag n drop di dalam partisi disk yang sama, misalkan saja kamu melakukan drag n drop file dari folder c:\users\downloads\ ke c:\users\my video\ maka file akan terpindah ke folder my video.
  • Jika kamu melakukan drag n drop dari file atau aplikasi ke start menu atau taskbar, maka kamu akan membuat file shortcut.

Tips Mengcopy, Memindah atau Membuat Shortcut File di Windows

Tips Mengcopy, Memindah atau Membuat Shortcut File di Windows

Nah bagaimana cara yang mungkin belum kamu ketahui? berikut caranya:

  • Untuk memindahkan file, tahan tombol Shift dan gunakan mouse untuk menggeser file tersebut. Kamu bisa memindahkan ke semua partisi disk dan tidak terbatas pada partisi disk yang sama.
  • Untuk mengcopy file, tahan tombol Ctrl dan gunakan mouse untuk menggeser file ke folder lain.
  • Untuk membuat Shortcut, tahan tombol Alt dan geser file ke partisi, folder atau tempat lain.

Jika kamu mempunyai trik atau tips lain mengenai copy, move dan membuat shortcut di Windows, kamu bsia meninggalkannya di kolom komentar di bawah ini. Semoga tips dan trik PG diatas bermanfaat ^^


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Chaidir Setiawan

    Nice Info
    Thx

  • Ian

    ternyata begitu ya mas…..

  • Ian

    ternyata begitu ya mas…..