Tips Mengamankan Akun Twitter Kamu

Twitter memang menjadi jaringan microblogging paling laris saat ini. Hampir semua orang memanfaatkan Twitter baik untuk mencari kenalan baru, bersosialisasi, bisnis, dan bahkan politik. Bahkan Jakarta dinobatkan sebagai kota paling aktif dalam Twitter. Maka dari itu bila kamu belum mencoba jejaring sosial yang satu ini, PG sarankan untuk ‘mencicipinya’.

Tips Mengamankan Akun Twitter Kamu

Bingung apa yang harus dilakukan dalam Twitter? Kamu bisa membaca artikel PG tentang tips Twitter untuk pemula. Dari situ kamu akan mengetahui bagaimana caranya untuk menggunakan Twitter serta mencoba berinteraksi. Mungkin bila sudah terbiasa, kamu juga bisa mempopulerkan diri kamu di jejaring sosial ini.

Bila semua itu sudah kamu lakukan, tinggal satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan. Yaitu menjaga keamanan akun Twitter kamu!

Penting?

Bangett!!…

Alangkah sayangnya bila kamu sudah memiliki ribuan follower lalu tiba-tiba akun Twitter kamu dibajak orang hanya karena kamu lengah dan melakukan suatu tindakan yang membahayakan keamanan kamu di Twitter. Oleh karena itu, simak tips dari PG berikut ini!

 

Aturlah Aplikasi Pihak Ketiga

Kamu bisa menggunakan Twitter dengan dukungan banyak aplikasi pihak ketiga misalnya Desktop Twitter Client atau Plume untuk Android. Semua aplikasi pihak ketiga ini memerlukan otorisasi dari akun Twitter kamu. Hati-hati dalam menggunakan aplikasi tertentu, dan bila kamu merasa tidak nyaman dengan aplikasi tersebut, kamu bisa menghapus izinnya dari akun Twitter kamu dengan cara mengunjungi tautan berikut:

https://twitter.com/settings/applications

 

Lalu bila kamu ingin menghapus izin penggunaannya, kamu tinggal klik “Revoke Access”

Tips Mengamankan Akun Twitter Kamu

Dengan cara demikian, maka aplikasi tersebut tak akan lagi terpasang pada akun Twitter kamu.

 

Jangan Menggunakan Ulang password Lama

Dalam menggunakan jejaring sosial apapun, memang penting untuk memiliki password yang kuat. Namun ada hal penting yang kadang dilupakan, yaitu jangan mengulang menggunakan password yang lama!

Bila suatu hari kamu merasa bosan oleh password tertentu kamu dan ingin menggantinya, maka kamu tidak perlu mengulang password yang lama, karena ada kemungkinan bahwa password yang pernah kamu gunakan telah di-hack oleh orang lain dan bisa menimbulkan potensi bobolnya akun kamu.

Bila kamu mengganti password, berikan password yang benar-benar baru! Tak perlu lagi menggunakan password yang sebelumnya pernah kamu pakai, sesuka apapun kamu dengan password tersebut!

 

Gunakan URL Expander

Seperti yang kamu ketahui, Twitter saat ini terdiri atas 140 karakter bila kamu melakukan posting. Tentu saja untuk menyiasati hal ini, banyak pengguna Twitter yang memanfaatkan URL Shortener seperti bit.ly dan Twitlonger. Namun itu terkadang menjadi jebakan! Kadang kamu diarahkan ke situs tertentu yang mendatangkan penghasilan iklan untuk mereka yang posting, atau mungkin situs phising!

Untuk itu bila sebuah tautan pendek (yang menggunakan Bit.ly) di post di Timeline (TL) kamu, maka kamu perlu waspada. Kamu bisa menggunakan URL Expander untuk melihat wujud asli link tersebut. Salah satu URL Expander yang terkenal adalah LongURL yang bisa kamu kunjungi di:

http://longurl.org/

LongURL bisa membantu kamu untuk membuka kode bit.ly sehingga kamu bisa tahu wujud asli link yang disampaikan kepada kamu.

Tips Mengamankan Akun Twitter Kamu

Tambahan lagi, bila kamu adalah pengguna setia URL Shortener, untuk memanajemennya, kamu bisa memanfaatkan FCorp yang pernah direview PG. Gunanya adalah untuk memanajemen link pendek yang kamu gunakan.

 

Waspadailah Phising

Phising adalah tindakan menyaru website tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan username dan password kamu. Bentuknya adalah website-website Cumi (Cuma Mirip), misalnya mirip Twitter, mirip Facebook, dan sebagainya. Phising memanfaatkan kesalahan kamu ketika mengetikkan alamat URL website tujuan. Jadi perhatikanlah bahwa Twitter resminya memiliki logo Twitter Inc dengan lambang gembok di browser kamu.

Tips Mengamankan Akun Twitter Kamu

Bila ingin aman dari Phising, mungkin kamu bisa membiasakan diri menggunakan Chrome karena menurut info teknologi, Chrome adalah browser terkuat dalam mengatasi phising.

 

Perketat Keamanan Reset Password

Reset password adalah salah satu metode yang sering dimanfaatkan bila ID kamu berhasil dihack. Kadang ini terjadi dalam situasi ketika kamu tengah menggunakan komputer publik (Warnet atau rumah teman), kemudian kamu lupa logout dari akun Twitter kamu. Nah, orang yang tengah membuka komputer itu tentu saja bisa mengakses akun yang kamu buka tadi. Bila dia melakukan Reset Password hilanglah akun kamu!

Maka dari itu, untuk tindak preventif, kamu perlu memperketat keamanan untuk Reset Password. Caranya, kunjungi:

https://twitter.com/settings/account

 

Pada baris “Password Reset”, tambahkan centang, lalu save.

Tips Mengamankan Akun Twitter Kamu

Dengan demikian, bila ada seseorang mereset akun kamu, maka ia harus memasukkan informasi pribadi kamu seperti email dan password. Ini akan menjadikan akun kamu jauh lebih sulit untuk diretas!

 

Minta Bantuan Twitter

Terakhir, bila sudah kejadian seseorang menghack akun Twitter kamu, apa yang bisa kamu lakukan?

Jangan panik. Kamu masih bisa menghubungi Twitter untuk meminta akun kamu kembali. Pertama-tama kamu perlu mengikuti langkah-langkah yang dicantumkan pada Twitter Help Center berikut:

https://support.twitter.com/articles/31796-my-account-has-been-compromised#

Ringkasnya, kamu bisa mengikuti langkah untuk mengambil akun Twitter kamu dengan bermodalkan username, password, dan email awal. Twitter Support akan membantu kamu melakukannya.

Dari Tips di atas, kamu bisa meningkatkan keamanan akun Twitter kamu. Ini penting karena terkadang sayang sekali bila akun kamu yang telah menjadi idola di Twitland lepas begitu saja! Dengan memperhatikan langkah-langkah yang diulas PG di atas, maka kamu bisa lebih aman dan nyaman dalam Twitteran! Jangan lupa follow akun PG bila kamu Twitteran demi mendapatkan informasi dan tips teknologi terkini!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini