Tips Memilih Flashdisk yang Baik

Flashdisk merupakan benda yang cukup penting untuk dimiliki, terutama bagi pelajar dan mahasiswa. Harga Flashdisk yang semakin murah dan kapasitasnya yang semakin besar membuat setiap orang tertarik untuk membelinya. Namun dengan banyaknya bentuk, tipe, dan merek flashdisk di pasaran, serinkali orang merasa bingung untuk memilih flashdisk yang ingin dia beli. Mungkin kamu salah satunya? Hari ini PG akan memberikan bagaimana tips untuk memilih flashdisk yang baik.

Casing atau Cover

Kekuatan

Dalam memilih flashdik, pastikan kamu memilih yang casing atau covernya kuat. Ini penting sekali karena nantinya flashdisk akan sering dicabut dan ditancapkan berulangkali. Casing yang “lemah” akan mudah pecah atau lepas sehingga tidak lagi bisa melindungi flashdisk.

Tips Memilih Flashdisk yang Baik

Tips Memilih Flashdisk yang Baik

Jika kamu seorang yang sering bepergian jauh bahkan berpetualang, sebaiknya kamu memilih flashdisk dengan casing tipe traveller. Casing ini biasanya memiliki lapisan karet untuk melindungi dari benturan. Bahkan ada pula yang anti air.

Tips Memilih Flashdisk yang Baik

Tips Memilih Flashdisk yang Baik

Tips Memilih Flashdisk yang Baik

 

Bentuk

Bentuk casing flashdisk saat ini sangat beranekaragam. Selain bentuk casing standar, ada pula yang berbentuk seperti bola, kue, bahkan tokoh animasi tertentu. Dalam memilih flashdisk pastikan memiliki bentuk casing yang tidak terlalu besar. Hal ini penting agar flashdisk bisa ditancapkan berdempetan dengan USB hub lainnya.

Tips Memilih Flashdisk yang Baik

Tips Memilih Flashdisk yang Baik

Tips Memilih Flashdisk yang Baik

Tutup

Pastikan kamu memilih flashdisk yang tutupnya tidak mudah hilang. Ini bisa berupa tutup yang terhubung tali atau tipe model lainnya. Tutup flashdisk penting untuk melindungi bagian ujung USB flashdisk. Seringkali tutup tersebut menjadi longgar karena seringnya dibuka tutup. Kalau sampai tutup ini hilang, flashdisk bisa cepat rusak karena ujungnya bisa menjadi kotor bahkan berkarat.

Tips Memilih Flashdisk yang Baik

 

Kapasitas Penyimpanan

Kapasitas flasdisk sangat beragam, mulai dari 1GB sampai 64GB pun ada. Pilihlah sesuai dengan tujuan dan budget yang kamu miliki. Jika kamu hanya ingin menggunakannya untuk menyimpan dokumen tugas sekolah atau kuliah, flashdisk 1 – 2 GB pun sudah cukup. Jika kamu ingin menggunakannya untuk menyimpan video, film, musik, dll..sebaiknya kamu memilih yang 4 – 8 GB bahkan lebih.

 

Security (Keamanan)

Ini adalah fitur tambahan yang terkadang ditawarkan oleh flashdisk merk tertentu. Beberapa merk flashdisk terkadang menambahkan software security seperti enkripsi, lock folder, dll secara default. Jika harganya tidak jauh berbeda dengan flashdisk standar, kamu bisa memilihnya. Namun jika harganya sangat jauh berbeda, lebih baik kamu memilih flashdisk standar saja karena ada banyak software security flashdisk gratis yang bisa kamu dapatkan. PG akan mereview software security flashdisk gratis tersebut di artikel selanjutnya.

Ada juga flashdisk yang diberikan fitur security di hardwarenya. Jika memang data yang kamu bawa sangatlah penting dam krusial, kamu bisa memilihnya. Tetapi jika tidak, maka kamu hanya akan membuang uang saja karena flashdisk seperti ini harganya sangat mahal.

Tips Memilih Flashdisk yang Baik

Tips Memilih Flashdisk yang Baik

 

Teknologi USB 2.0 atau 3.0?

Untuk saat ini teknologi standar USB yang paling banyak digunakan dan yang memiliki dukungan paling luas adalah USB 2.0. Flashdisk dengan USB 2.0 bisa digunakan di hampir semua platform dan perangkat.

Disamping itu mulai ada juga teknologi USB 3.0 yang memiliki kecepatan transfer data 10 kali lebih cepat daripada USB 2.0. Tetapi sayangnya belum banyak perangkat dan platform yang mendukung teknologi ini. Sehingga untuk bisa menikmatinya, kamu perlu menginstall beberapa driver tambahan.

USB 2.0 sudah mampu mengcover hampir semua keperluan standar seperti bertukar data, dll.

 

Garansi

Jangan terkecoh dengan lamanya garansi yang bakal kamu terima. Beberapa merek menawarkan garansi flashdisk 2 sampai 3 tahun, bahkan banyak juga yang menawarkan garansi lifetime.

Walaupun sepertinya memilih flashdisk dengan garansi lifetime lebih menggiurkan, tetapi sebaiknya jangan menggunakan lamanya garansi sebagai bahan pertimbangan saat memilih flashdisk. Utamakan kekuatan, ketangguhan, dan kualitas flashdisk saat memilih.

Walaupun menggiurkan, tawaran garansi seperti ini sangat jarang dimanfaatkan. Ketika flashdisk rusak setelah penggunaan beberapa tahun, si pengguna akan lebih memilih untuk membeli yang baru daripada melakukan klaim garansi. Selain klaim garansi itu cukup ribet, harga flashdisk yang semakin murah dan teknologinya yang semakin canggih akan mendorong seseorang untuk “melupakan” adanya garansi tersebut.

 

Merek

Merek flashdisk kian lama kian banyak. Mulai dari yang sudah terkenal sampai merek yang belum pernah kita dengar. Dalam memilih merek flashdisk, kita harus sedikit bijak. Jangan tergiur dengan tawaran harga yang sangat murah jika mereknya kurang begitu terpercaya. Walaupun jarang terjadi, tetapi ada juga lho flashdisk yang tidak bisa terdeteksi di perangkat tertentu. Seringkali bahkan performa flashdisk tersebut tidak optimal ketika digunakan di perangkat tertentu. Untuk itu jika memang budget kamu mencukupi, tidak ada salahnya untuk memilih flashdisk dengan merek yang sudah kredibel. Merek populer berarti memiliki banyak pengguna, dan memiliki banyak pengguna identik dengan luasnya dukungan di berbagai perangkat.

Nah, kini sudah tidak bingung lagi khan ketika dihadapkan dengan berbagai macam tipe, bentuk, dan merek flashdisk? Kamu bisa menggunakan pedoman diatas untuk memilih flashdisk yang tepat buat kamu.

Punya saran lainnya? Langsung saja dibagikan di kolom komentar PG dibawah ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini