Tips Membeli Tablet Agar Tidak Salah Pilih

Tahun 2012 ini benar-benar eranya Tablet! Bayangkan, setelah kita dimanjakan oleh iPad yang sangat populer, kini Google akan merilis Google Nexus 7, Tablet 7 inchi yang disebut-sebut sebagai tablet terbaik tahun ini dari segi spec dan fitur. Tindakan Google tersebut bahkan sampai memaksa Apple melakukan langkah pragmatis dengan ikut ‘latah’ merilis Tablet 7 inchi yang rencananya akan hadir September ini juga dengan harga yang lebih bersahabat. Samsung pun melakukan inovasi setelah mengeluarkan ‘Phablet’-nya yang populer, Galaxy Note, raksasa Korea ini melangkah lebih jauh dengan mengeluarkan Galaxy Note 10 inchi untuk meramaikan pasar Tablet. Belum lagi Microsoft yang ikut merilis Surface Tablet. Wheew…Benar-benar persaingan panas!

PG yakin beberapa diantara sobat PG juga pasti ada yang mempertimbangkan untuk membeli perangkat ini. Nah, berikut ini PG membahas tentang apa yang perlu dipertimbangkan saat membeli Tablet.

Tips Membeli Tablet Agar Tidak Salah Pilih

 

Bentuk Tablet

Salah satu pertanyaan pertama kali yang perlu kamu ajukan adalah, ukuran Tablet apa yang kamu inginkan? Kebanyakan tablet memiliki layar sekitar 10 inchi, akan tetapi beberapa model 7 inchi juga mulai populer, contohnya Kindle Fire dan Google Nexus 7. Lebih kecil berarti lebih ringan dan lebih mudah. Perhatikan kebutuhan kamu. Bila kamu menginginkan Tablet hanya sebagai pelengkap perangkat yang lain, maka 7 inchi merupakan pilihan yang bagus. Tapi bila kamu benar-benar ingin menggunakannya untuk keperluan kinerja kamu, maka 10 inchi adalah pilihan utama.

Kamu juga perlu memperhatikan daya baterai. Tablet yang lebih besar biasanya menawarkan baterai yang lebih awet karena Tablet jenis ini punya ruang lebih untuk baterai yang lebih besar.

Memilih OS

OS merupakan pilihan yang penting, tapi memang saat ini tinggal tersisa dua kompetitor utama yang saling bersaing di pasar, yaitu iOS dan Android. Oke, Windows 8 memang pasti akan dirilis, tapi saat ini belum teruji kinerjanya, apalagi Mozilla yang masih dalam tahap percobaan. BlackBerry? Sebaiknya jangan dijadikan pilihan karena banyak yang kecewa akan PlayBook.

Dalam hal OS ini, banyak pihak yang menyatakan bahwa iOS memang masih lebih unggul dalam hal kestabilan, meskipun Android menawarkan kustomisasi yang bagus dan juga harga yang murah

Hardware yang Pas

Membahas masalah hardware bisa menjadi debat kusir karena bergantian Tablet yang hadir di pasar mengklaim dirinya sebagai yang terbaik. Apple hadir dengan terobosan Retina Display-nya, sementara produk-produk Google dan Samsung menawarkan prosesor dengan kinerja tinggi pada Tablet buatannya.

Saran PG, carilah yang pas dengan kebutuhan. Tidak perlu memaksakan spec tinggi bila kamu bukan penggila game. Kestabilan akan lebih cocok untuk pekerja kantoran.

Konektivitas

Membeli Tablet berarti mengharapkan kemudahan koneksi dan memungkinkan kita terhubung dengan apa saja. Dalam hal ini, Tablet-tablet Android menawarkan konektivitas yang lebih bervariasi, kebanyakan diantaranya hadir dengan USB ports, HDMI-out dan slot SD card untuk memori tambahan, sedangkan Apple membatasi konektivitasnya.

Windows 8 RT yang akan hadir ini juga menawarkan konektivitas yang luar biasa, termasuk HDMI dan USB Port. Bahkan Tablet ini diklaim akan mudah disinkronkan dengan perangkat Windows lain seperti PC dan Windows Phone kamu.

Sebagai kesimpulan akhir, PG mengutip pernyataan dari sebuah situs IT terkemuka, yang kurang lebih menyarankan: sebisa mungkin, milikilah produk high end sejauh kantongmu bisa meraihnya, khusus untuk Tablet. Karena produk low end justru cenderung akan mengecewakan nantinya karena fitur yang terbatas dan lagi kurang menunjang kinerja kamu.

Tapi bila kamu hanya ingin belajar mengutak-atik Tablet, maka tidak masalah memiliki produk low end. Hanya saja, mengingat banyak Tablet ber-spec tinggi dengan harga miring yang ditawarkan di pasar akhir-akhir ini, tidak ada salahnya memilih salah satu. Google Nexus 7 untuk sementara ini disebut-sebut sebagai Tablet terbaik tahun ini bila dihitung berdasarkan rasio harga dan fitur yang disajikan.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • beli nexus 7 dimana ya??
    tapi, alangkah baiknya bagi yang sering kantong kering untuk menunggu harga tablet tablet turun seperti komputer. :D

    • sayangnya nexus 7 blm resmi masuk indonesia..mungkin hrs sabar menunggu dl bentar ^^

  • Edieta Garzia

    BlackBerry? Sebaiknya jangan dijadikan pilihan karena banyak yang kecewa akan PlayBook.
    Jadi gak tega baca komen PG yang ini…
    Tambah merana aja deh playbook… :)

    • iya nih mas..sampai detik ini si playbook sepertinya hidup segan mati tak mau..blm ada tanda-tanda gebrakan yang “wow” gt.. ^^

  • Layla

    nexus 7 gk resmi masuk indo.. klo bli d sini dr orng yg dah beli hargany blambung ampe 2x lipatz… sedih :(