Tips Facebook: Cara Mengelola Pertemanan di Facebook

Saat ini Facebook memang dikenal sebagai jejaring sosial yang paling populer di dunia. Mengacu pada fakta itu, memang sulit dibayangkan bila masih ada yang belum mengenal Facebook, apalagi sistem di dalamnya. Tapi tentu saja PG masih memberikan tips untuk kamu yang baru saja mulai mengenal Facebook supaya tidak ketinggalan dalam urusan teknologi. Hihihi…

Pada artikel kali ini, PG berfokus pada tips mengelola pertemanan di Facebook. Seperti yang kamu ketahui, Facebook memiliki fasilitas dimana kamu bisa menambahkan teman untuk nantinya saling berinteraksi dengan teman-teman tersebut. Namun yang sering dilupakan oleh pengguna pemula adalah etika serta berbagai tips kecil terkait pengelolaan pertemanan di Facebook. Hal tersebut menjadikan PG tertarik untuk mengungkapkan tips-tips mengenai pertemanan di jejaring sosial paling populer ini.

 

Tips Mengelola Pertemanan di Facebook

Berikut ini tips-tips yang perlu kamu perhatikan terkait dengan pengelolaan pertemanan di Facebook. Tips ini tidak hanya berlaku untuk pemula saja, akan tetapi juga bila kamu adalah pengguna lama Facebook tapi kurang memperhatikan fitur-fitur jejaring sosial ini.

 

Kalau Kamu Pengguna Pemula

Tips Mengelola Pertemanan di Facebook

Pertemanan bisa kamu akses dengan mengklik ikon pertemanan yang ada di sudut kanan atas Facebook bar di browser kamu. Disitu akan ditampilkan daftar teman yang belum kamu terima (confirm) serta juga saran bagi kamu untuk menambahkan teman (add friend)

Cara lain untuk menambahkan pertemanan, kamu juga bisa mengklik tombol “Add Friend” di Timeline profil seseorang.

Tips Mengelola Pertemanan di Facebook

Setelah mengajukan request atau permintaan pertemanan tersebut, maka kamu tinggal perlu menanti agar orang tersebut menerima ajakan pertemanan kamu.

 

Hubungilah sebelum mengajukan pertemanan

Ini adalah etika yang kadang dilupakan oleh mereka yang baru saja belajar menggunakan Facebook. Ketika mengajukan pertemanan, ada baiknya mengirimkan pesan kepada individu bersangkutan agar permintaan pertemanan diterima. Hal ini selain menunjukkan sopan santun, juga akan menyenangkan hati individu yang ‘dilamar’ sebagai teman. Apalagi bila kamu tidak mengenal orang tersebut, namun ingin mengajukan pertemanan karena statusnya yang asyik dan menghibur.

Tips lainnya adalah:

  • Mudahkan orang untuk mengenali kamu, gunakan foto dan nama asli kamu.
  • Terlebih dahulu tambahkan teman pada orang-orang yang sudah memiliki teman yang sama dengan kamu (mutual friends)

Dengan memperhatikan hal tersebut, maka kamu akan lebih mudah diterima sebagai teman oleh mereka

 

Tambahkan Teman secara Konservatif

Yang dimaksud dengan cara konservatif disini adalah, tambahkan teman mulai dari orang-orang yang kamu kenal lebih dulu. Kemudian perluas ‘lingkaran’ pertemananmu dengan orang-orang yang lebih jauh ‘posisi’-nya dari kamu. Ini akan lebih efektif dalam mengelola pertemanan di Facebook.

 

Reviewlah halaman permintaan pertemanan kamu

Tips Mengelola Pertemanan di Facebook

Perhatikan halaman pertemanan kamu. Tetapkan syarat untuk diri kamu agar tidak bingung dalam mengelola pertemanan. Bila kamu asal menerima teman, PG yakin kebanyakan yang masuk ke halaman pertemanan kamu adalah toko online dan promosi yang tentu saja bukan tujuan utama kamu. Dahulukan mereka yang memang benar-benar teman-teman kamu, dan rajinlah memanajemen halaman permintaan pertemanan kamu.

 

Boleh saja Memblok Permintaan Pertemanan dari Orang Asing

Tips Mengelola Pertemanan di Facebook

Beberapa diantara kita tidak suka berinteraksi dengan orang asing. Kamu bisa mengelola hal tersebut dengan mengklik ikon “Privacy” atau yang berupa ikon gembok di sudut kanan atas Facebook. Kamu bisa melakukan pengaturan mengenai siapa yang boleh mengakses halaman profil kamu serta rentang penerimaan pertemanan kamu. Kamu bisa memilih untuk hanya menerima pertemanan dari “Temannya teman kamu” (Friend of Friend) atau bahkan menolak pertemanan sama sekali. Namun bila kamu ingin punya banyak teman, maka tidak perlu membatasi lingkup pertemanan kamu di Facebook.

 

Review Permintaan Pertemanan yang Kamu Ajukan dengan Activity Log

Tips Mengelola Pertemanan di Facebook

Kamu bisa mereview pertemanan yang kamu ajukan dengan mengklik ikon “Activity Log”. Kamu akan diantarkan pada halaman yang menunjukkan hal-hal yang belum kamu kelola atau lakukan, terkait dengan permintaan pertemanan kamu. Jangan sampai ada yang terlewatkan disini.

 

Putuskan siapa yang boleh melihat daftar teman kamu

Tips Mengelola Pertemanan di Facebook

Kadang-kadang seseorang menambahkan pertemanan dengan melihat siapa saja teman-teman kamu. Bila kamu kurang nyaman akan hal ini, kamu bisa menyetting agar daftar temanmu tidak terlihat dengan menglik ikon Friend List. Opsi “Public” memungkinkan daftar pertemanan kamu dilihat oleh semua orang. Bila kamu tidak ingin ada yang melihat daftar teman kamu, klik pada “Only Me” di daftar tersebut.

 

Demikian hal-hal yang perlu kamu perhatikan dalam mengelola pertemanan di Facebook. Sekali kamu telah terbiasa melakukan hal ini, maka segalanya akan jadi lebih mudah. Perhatikan aneka tips dari PG bila kamu menginginkan pertemanan yang lancar dan memberikan nilai tambah untuk kamu.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Puja Santosa

    Info yg bagus dan bermanfaat, thank.