4 Tips dan Trik Mengatur System Tray Windows Agar Terlihat Rapi

Kamu tahu bukan mengenai Sistem Operasi Windows?? Sistem Operasi buatan Bill Gates ini adalah sistem yang cukup populer di Asia mungkin yang terbanyak digunakan oleh orang Asia dan mungkin sebagian besar orang Indonesia juga menggunakan Windows. Kamu sendiri menggunakan OS apa? Sayangnya Windows tidak ada versi gratisnya, jika ada maka mungkin dia akan muncul di PusatGratis :p.

Jika kamu salah satu pengguna Windows maka PG akan berbagi tips dan trik tentang system tray di windows, itu tu icon-icon kecil di bagian kanan Taskbar. PG akan mencoba untuk berbagai tips dan trik supaya system traymu tetap rapi dan tidak berantakan.

 

Drag & Drop Icon System Tray

Kamu bisa mengatur tampilan dari system tray agar tampak rapi dengan cara drag n drop, hal ini juga akan membantumu untuk membuka aplikasi yang ada di system tray. Semakin tertata kamu dapat dengan mudah menemukan aplikasi yang akan kamu buka. Aplikasi yang dapat kamu temukan di system tray hanyalah aplikasi yang berjalan dibelakang kita misalkan saja Antivirus, YM, Winamp Agent dan lain lain.

Tips dan Trik Mengatur System Tray Windows Agar Terlihat Rapi

 

Menyesuaikan Area Icon System Tray

Kamu juga dapat memunculkan atau menyembunyikan icon system tray sesukamu. Bagaiamana caranya? Klik saja tanda panah yang ada di sistem traymu setelah itu pilih Cusomize maka akan muncul window baru bernama Notification Area Icons. Disini kamu akan menemukan icon-icon aplikasi yang biasanya aktif berjalan dibelakang kita.

Tips dan Trik Mengatur System Tray Windows Agar Terlihat Rapi

Pada setiap icon kamu akan menemui:

Tips dan Trik Mengatur System Tray Windows Agar Terlihat Rapi

  • Show icon and Notifications – jika kamu memilih ini maka icon dan notifikasi akan ditampilkan di taskbar.
  • Hide icon and Notifications – jika kamu memilih ini maka icon dan notifikasi akan dihilangkan dari taskbar.
  • Only show notifications – jika kamu memilih ini maka notifikasi akan ditampilkan di taskbar.

Jika kamu ingin mengembalikan settingannya semuanya seperti semula, maka klik Restore deafult icon behaviors.

 

Mematikan atau Menyalakan System Icon

Windows sendiri mempunyai icon yang akan selalu aktif di taksbar seperti jam, volume, network, action center dan lain=lain. Jika kamu ingin menghilangkannya itu bisa dilkakukan, caranya mudah sekali kamu cukup pergi ke Notification Area Icons -> Turn system icons on or off. Pilih icon apa saja yang akan muncul di taksbarmu. Setelah itu klik Ok.

Tips dan Trik Mengatur System Tray Windows Agar Terlihat Rapi

 

Menghapus Icon Lama pada System Tray

Jika kamu menginstall aplikasi yang biasanya muncul pada system tray kemudian setelah kamu uninstall masih saja tetap muncul. PG akan memberikan tips agar icon itu hilang dari system traymu, caranya dengan menggunakan CCleaner dan pada tab Cleaner kamu centang Tray Notifications Cache, kemudian klik Run Cleaner.

Tips dan Trik Mengatur System Tray Windows Agar Terlihat Rapi

Ada juga cara lain yang bisa kamu gunakan yaitu menghapus secara manual di Windows Registry. Caranya ketikkan regedit pada Start Menu, kemudian bukalah HKEY_CURRENT_USER\Software\Classes\Local Settings\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\TrayNotify dan delete IconsStream dan PastIconsStream, setelah itu restart komputermu atau windows explorermu maka efeknya akan terlihat.

Tips dan Trik Mengatur System Tray Windows Agar Terlihat Rapi

 

Apakah kamu punya pendapat lain mengenai tips dan trik mengatur system tray diatas? Jika ya, maka tinggalkanlah komentar dibawah ini :) tidak ada salahnyakan untuk berbagi.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • ikbal

    mohon bantuannya?

  • ikbal

    icon pada notifikasi area saya ttp gak hilang,padahal sdh saya hapus iconsstream dan postsiconstream