Tips Berganti Desktop Background Baru menggunakan Hotkey di Windows 7 & 8

Bagi anda yang menggunakan Windows 7, terlebih lagi bagi anda yang sudah mencoba Windows 8, anda pasti tahu bahwa tema (theme) pada Windows 7 dan 8 berisi sejumlah gambar pada masing-masing tema. Elemen lain biasanya tetap sama, dan biasanya berubah setelah jangka waktu tertentu. Interval waktu pergantian ini memang bisa disetting dengan membuka tap Personalization dan memilih opsi Desktop Background. Interval waktu pergantian background bisa disetting mulai dari 10 detik hingga jangka waktu yang dikehendaki. Nah, apabila anda (tapi saya yakin anda iya) memiliki banyak koleksi wallpaper yang ingin anda tampilkan pada background, maka anda bisa men-set interval yang lebih singkat.

Tapi terkadang anda ingin wallpaper tertentu tampil sebagai background sesuai dengan mood anda. Misalnya pada saat ceria, anda ingin menampilkan wallpaper Hirasawa Yui yang melompat riang, pada saat sedih, anda ingin menampilkan Hirasawa Yui dalam nuansa yang kelam, atau ketika anda ingin terinspirasi, munculkan wallpaper Bang Rhoma mengacungkan kepala tangan mengajak menjauhi judi dan begadang…

Oke, intinya, ada cara yang lebih singkat guna mengganti desktop background anda yaitu dengan cara menggunakan short cut keyboard
Bagaimana caranya? Ikuti langkah mudah berikut ini:

1. Pertama-tama, bukalah dokumen Notepad kosong, dan kopas kode berikut ini

Mengganti_Background_Windows_Menggunakan_Hotkey1

Mengganti_Background_Windows_Menggunakan_Hotkey2

Kemudian, simpanlah file dengan nama apa saja terserah anda. Tapi file ini harus disimpan dengan ekstensi VBS. Contohnya, anda bisa memberi nama: Desktopkiki.vbs. Klik dua kali pada file ini akan mengubah desktop background ke background berikutnya pada daftar image yang ada.

Catatan: Secara default, Windows memiliki ekstensi untuk menyembunyikan tipe file yang ersembunyi dan mencegah user untuk mengubahnya secara langsung.

Mengganti_Background_Windows_Menggunakan_Hotkey3

Klik kanan pada file dan pilih “Create Shortcut” dari menu konteks untuk menempatkan shortcut dari file tersebut pada desktop anda.

Mengganti_Background_Windows_Menggunakan_Hotkey4

Sekarang, klik kanan shortcut tersebut dan bukalah “Properties”. Pada tab shortcut, pilihlah custom shortcut key pada bagian Short Key. Klik OK untuk mengaktifkan hotkey baru.

Mengganti_Background_Windows_Menggunakan_Hotkey5

Sekarang anda bisa dengan mudah mengubah ke desktop background berikutnya dengan menggunakan hotkey!

Apabila anda menganggap artikel ini bermanfaat, silahkan like, tweet, atau plus one serta bagikan juga artikel ini kepada teman-teman anda yang lain. Selamat mencoba!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini