[Tips] Bagaimana Agar Grup FB Kamu Lebih Populer

Salah satu fitur asyik dalam Facebook adalah, kita bisa membuat sebuah grup yang khusus membahas hobi atau sesuatu yang kita minati. Lalu kita bisa mengundang orang-orang yang ‘sepaham’ dengan kita, atau mungkin juga dengan sengaja mengundang sebanyak-banyaknya orang untuk bergabung dalam grup kita ini. Banyak hal yang bisa kita peroleh dengan membuat grup semacam ini. Antara lain kita bisa menambah pengetahuan terkait dengan hal yang kita minati tersebut, juga menambah relasi atau teman yang juga memiliki minat serupa.

[Tips] Bagaimana Agar Grup FB Kamu Lebih Populer

Nah, PG sekarang tertarik untuk membahas cara untuk menjadikan grup kamu lebih populer di FB! Karena tentu saja semakin banyak orang yang bergabung di grup kamu akan menyenangkan karena makin luas jejaring kita dalam saling berbagi hal yang kita minati bersama.

Apa saja tips tersebut?

 

Pilih nama yang keren untuk Grup Kamu

Shakespeare menulis pada naskah Romeo and Juliet, “What’s in a name? That which we call a rose. By any other name would smell as sweet.” Apa artinya nama? Mawar akan tetap wangi meskipun tidak bernama mawar.

Jangan pakai prinsip itu untuk grup kamu. Serius! Akan aneh bila kamu menggunakan nama grup Anggrek untuk kumpulan pria macho pecinta Fitness.

Nama yang keren bukan harus aneh atau jarang didengar. Kadang sederhana dan langsung menggambarkan maksudnya juga akan bagus.

 

Jadikan Halaman/Grup Kamu Menarik

[Tips] Bagaimana Agar Grup FB Kamu Lebih Populer

Di Facebook, banyak hal yang bisa diatur terkait dengan grup kamu. Misalnya gambar, atau mungkin kamu ingin memasukkan aplikasi tertentu untuk digunakan anggota grup kamu. Polling misalnya? Mungkin kamu juga perlu menyediakan tautan ke video, visi misi, atau gambaran kegiatan grup yang berkesan?
Jangan lupa pengaturan warna

 

Sarankan/Undang/Tambahkan Teman ke Grup/Halaman Facebook Kamu

[Tips] Bagaimana Agar Grup FB Kamu Lebih Populer

Halaman grup ini memungkinkan kamu untuk mengundang teman atau orang lain dalam grup kamu. Apapun metode yang kamu gunakan, akan lebih baik bila undangan diarahkan pada orang-orang yang memang memiliki minat yang sama dengan kamu. Percuma bila kamu mengundang semua orang untuk bergabung dengan grup kamu, karena orang lain mungkin malah akan merasa terganggu bila kamu memaksanya bergabung dengan grup kamu.

 

Promosikan Lewat Grup dan Halaman Serupa

[Tips] Bagaimana Agar Grup FB Kamu Lebih Populer

Bila kamu memiliki kelompok yang berminat dalam pendalaman Bahasa Inggris, maka akan lebih baik bila kamu mempromosikan ke grup-grup lain yang juga memiliki tema belajar bahasa Inggris atau latihan berinteraksi dalam bahasa Inggris. Promosikan grup kamu pada grup-grup tersebut. Bila apa yang diminati serupa, pastilah hal ini akan menarik minat mereka. Tapi apabila kamu mempromosikan sesuatu yang jauh berbeda, misalnya mempromosikan grup pecinta kucing ke grup pecinta anjing, PG rasa kamu tidak akan mendapatkan respon yang sesuai harapan.

 

Saling Promosikan Grup-Grup yang Kamu Ikuti

Yang PG maksud disini adalah, bila kamu mengikuti beberapa grup dengan tema yang sama, maka akan baik bila kamu saling mempromosikan grup tersebut satu sama lain, sehingga mereka yang tertarik bisa saling mengambil manfaat dari berbagai grup yang diikuti tersebut. Misalnya, seorang peminat bahasa Inggris akan senang direferensikan ke grup pecinta literatur sastra Inggris, grup yang bertujuan untuk saling bertukar pengalaman penerjemahan, dan berbagai kegiatan yang masih dalam satu koridor terkait Bahasa Inggris.

 

Jadikan Grup Kamu Aktif

Kadang grup kamu serasa mandeg bila tidak ada yang mengisi informasi di laman Grup kamu. Ini bisa memicu rasa bosan pada anggota grup kamu. Untuk mencegahnya, kamu perlu melakukan hal-hal berikut:

  • update informasi terkait tema yang kamu minati
  • Upload dan tag foto atau video
  • Membuat sebuah acara (event) baik bersifat virtual atau nyata
  • Bergurau, menyampaikan anekdot atau humor
  • Menggunakan Facebook Chat untuk melakukan chat dengan seluruh anggota Grup
  • Memberikan sesuatu secara gratis
  • Memberikan tautan yang bermanfaat bagi anggota lain
  • Menanyakan sesuatu di laman grup tersebut

Idealnya, dalam grup ini, kamu perlu untuk menjaga semua orang saling terlibat dalam menyumbang konten maupun memaparkan informasi. Komunikasi yang baik antar anggota adalah fungsinya.

 

Ciptakan Konten Viral

Yang dimaksud PG dengan konten viral ini adalah pembahasan yang memungkinkan semua orang saling berinteraksi. Misalnya kamu berbagi gambar dan menantang orang lain untuk ‘bersaing’ memposkan gambar dengan tema yang serupa. Ini akan menjadikan grup kamu aktif dan semarak.

 

Iklankan Grup Kamu

Facebook memiliki banyak opsi untuk menawarkan iklan kepada anggota-anggota lain. Memang bila grup kamu dibuat untuk sekedar hobi dan bersenang-senang, maka tindak pengiklanan ini mungkin tidak begitu penting. Akan tetapi bila kamu membentuk grup yang sifatnya komersil, maka akan menarik bila kamu mengiklankan grup kamu, sehingga mengundang orang lain untuk menengok konten grup kamu.

Nah, demikian itu berbagai tips dari PG untuk meningkatkan popularitas grup kamu di Facebook. Dengan melaksanakan tips-tips tersebut, PG yakin kamu bisa mendorong popularitas grup kamu, baik tujuan kamu adalah hobi ringan ataupun memang bertujuan komersial. Itu memang manfaat jejaring sosial bukan?


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini