Tips Agar Windows XP Bekerja Lebih Cepat #Part 1

PG pernah mempertanyakan kepada kamu, masih sayangkah kamu dengan Windows XP? Pada masanya, Windows XP disebut-sebut sebagai versi terbaik Windows dan pernah menjadi OS yang paling banyak digunakan di dunia. Sayangnya, Windows akhirnya memutskan bahwa Service Pack Windows tidak akan ada lagi sehingga akhirnya Windows 7 menyalip Windows XP menjadi OS yang paling banyak digunakan di dunia.

 

[Tips Windows XP]Tips Agar Windows XP Bekerja Lebih Cepat

Seperti yang kamu ketahui, dalam banyak kesempatan PG mengakui masih menggunakan Windows XP dan belum berencana beralih ke Windows versi terbaru dengan alasan romantisme klasik. OS ini telah PG gunakan sejak awal milenium dan telah banyak membantu PG dalam banyak hal. Selain itu PG sudah sangat terbiasa menggunakannya sehingga susah membayangkan untuk beralih ke OS lain, meskipun memang semakin lama PG harus mengakui support berbagai software terbaru makin dibatasi sehingga nampaknya mau tak mau PG harus beralih ke Windows versi terbaru.

Namun sebelumnya, PG ingin menjadi pejuang terakhir Windows XP dengan menyebarkan berbagai tips dan trik terkait Windows XP yang PG harapkan nantinya akan membantu dan mempermudah kamu yang juga menggunakan Windows XP dan malas beralih, untuk mendapatkan performa Windows XP yang lebih baik.

Untuk kali ini, PG akan membahas tips untuk mempercepat Windows XP. Mempercepat disini adalah dalam artian meningkatkan kinerja Windows XP dalam mengelola berbagai data, sehingga ketika kamu menggunakannya, kamu akan mendapati OS kamu lebih ringan dalam melakukan proses tertentu yang kamu inginkan. Karena cukup banyak, untuk mempercepat Windows XP ini akan PG bagi menjadi dua part! Fufufu… Jadi bila kamu penggemar Windows XP, stay tune terus di PG dan bookmark artikel yang bisa membantu kamu meningkatkan performa Windows XP ini!

 

Tutup Service yang Tidak Kamu Perlukan

Windows XP memiliki fasilitas layanan yang kebanyakan diantaranya tidak kamu perlukan saat menggunakan PC kamu. Namun, setting default dari service ini menjadikan XP kamu terus menerus melakukan proses berulang kali dan meskipun sudah dimanajemen sebaik mungkin, pastilah sedikit mengurangi resource PC kamu. Oleh karena itu, kamu perlu menutup beberapa service yang tidak kamu perlukan. Bagaimana caranya?

1. Klik Start Menu >Control Panel > Performance and  Maintenance > Administrative Tools (Kalau di Control Panel kamu tidak melihat opsi Performance and Maintenance, klik “Switch to Category View”)

[Tips Windows XP]Tips Agar Windows XP Bekerja Lebih Cepat (Part 1)

 

2. Klik pada Service. Arahkan perhatian kamu pada service berikut ini: Alerter, Clipbook, Computer Browser, Human Interface Access Device, Indexing Service, Net Logon, Netmeeting Remote Desktop Sharing, dan Remote Desktop Help Session. Pada service-servie yang disebut PG tersebut, klik kanan lalu klik Properties

[Tips Windows XP]Tips Agar Windows XP Bekerja Lebih Cepat (Part 1)

 

3. Di kolom Startup type, pilih Disabled, lalu klik OK. Itu semua berlaku untuk masing-masing service yang PG sebutkan di atas.

[Tips Windows XP]Tips Agar Windows XP Bekerja Lebih Cepat (Part 1)

 

Hilangkan Shadow

Biasanya saat booting dan mendisplay interface desktop kamu, Start Menu memiliki bayangan (shadow). Meskipun sedikit, ini juga mengurangi resource kamu sehingga kesannya lebih lambat. Untuk menghilangkannya caranya adalah sebagai berikut:

1. Klik kanan di mana saja pada desktop, klik Properties

[Tips Windows XP]Tips Agar Windows XP Bekerja Lebih Cepat (Part 1)

 

2. Klik Tab Appearance, lalu klik Effects

[Tips Windows XP]Tips Agar Windows XP Bekerja Lebih Cepat (Part 1)

 

3. Hilangkan centang pada “Show Shadows under menus”.

[Tips Windows XP]Tips Agar Windows XP Bekerja Lebih Cepat (Part 1)

4. Klik OK, lalu klik Apply atau OK.

 

Bersihkan Direktori Prefetch

Pada direktori Prefetch Windows kamu, terdapat kumpulan shortcut dari program yang dipergunakan. Ini adalah akibat dari aktivitas Task Scheduler yang bertugas memanajemen file dan direktori untuk membantu load dan start program. Ini dapat dikategorikan sebagai junk file yang perlu untuk dihapus.

Cara mengakses direktori Prefetch ini sangat mudah.

1. Tekan Hotkeys Windows + R di keyboard atau klik Start Menu > Run. Ketikkan Prefetch lalu tekan Enter atau klik OK

[Tips Windows XP]Tips Agar Windows XP Bekerja Lebih Cepat (Part 1)

 

2. Kamu akan dibawa ke direktori Prefetch. Hapus semua file disitu dengan menekan Ctrl A, lalu Shift + Del untuk menghapus total semua junk file tersebut

[Tips Windows XP]Tips Agar Windows XP Bekerja Lebih Cepat (Part 1)

 

Untuk ‘episode’ ini, tips tersebut lah yang disajikan PG untuk membantu meningkatkan kinerja Windows XP kamu sehingga lebih cepat. Nantikan Tips Agar Windows XP bekerja lebih cepat #Part 2, terutama bagi kamu yang masih mencintai Windows XP dan menggunakannya sebagai OS kamu.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Irwandi

    thanks tipsnya…walau tidak semua sarannya disetujui teman-teman PG

    • Kiki

      Ahahah… ^_^
      Sama-sama. Mungkin karena memang saya dapat tipsnya ini dari diskusi informal aja. Bukan resmi ketentuan Windows. Bisa jadi saya keliru. Tapi tentu saja saya sendiri sudah mencoba mempraktekkan dan menurut saya hasilnya lumayan dibandingkan teman-teman yang sama menggunakan Win XP standar dengan spec kurang lebih sama.

      Tapi saya senang kok jadi ada bahan diskusi dengan teman-teman lain yang juga menggemari Windows XP seperti Agan Topan dan Franky

  • Franky Wijaya

    menurut Febian jangan menghapus Windows Prefetch…kok di artkel ini di suruh menghapus … mana yang bener neh???

    • Kiki

      Eeeh… Kalau setahu saya Prefetch itu shortcut yang muncul ketika kita menggunakan program tertentu, dan terus berproduksi tiap kali kita menjalankan komputer. Jadi kalau tidak dihapus reguler, tumpukannya bisa mencapai ber-mega-mega (per item padahal cuma sekitar 1KB), kita tunggu pendapat Febiannya. Hohohoh…

  • topan

    Computer Browser,Net Logon, yang kamu sarankan untuk mendissablenya,adalah salah besaaar, itu buat pc yg offline,stand alone,tidak share dengan pc lainnya,
    jadi anda sebaiknya tambahkan beberapa alasan, kenapa anda mendissable yg kamu sebutkan tadi, dan secara performa, dengan mengaktifkan 2 item td,tidak berpengaruh menjadi lambat

    • Kiki

      Komputer saya online tapi stand alone :hammer:

      Mungkin kebiasaan sejak punya PC waktu demam internet belum mewabah ya (alias belum pakai Internet). Memang terus terang itu semacam ‘kebiasaan’ sejak zaman oprek-oprek Win XP zaman dulu.

      Net Logon harus enable kah?

      Kalo enggak salah (ini pernah dibahas teman-teman penggemar kompi zaman dulu sekitar tahun 2003-2004), Net Logon ini cuma berfungsi kalau komputer kita adalah klien dari server tertentu, misalnya di warnet, karena ia mengirimkan semacam otentikasi untuk mengenali komputer tersebut sebagai klien. Jadi kalau koneksinya langsung nyambung ke Provider seperti Speedy dan berdiri sendiri, sepertinya enggak pengaruh. Demikian juga halnya dengan Computer Browser yang nyambungnya ke “My Network”, untuk komputer yang digunakan dalam jaringan.

      Mas Topan ada pendapat lain? Soalnya saya juga ilmunya dapet dari ngobrol-ngobrol sama teman-teman penggemar XP aja, bukannya otentik berdasarkan ketentuan Windows. hehe…