[Tips] 6 Cara Mempercepat Kinerja PC atau Laptop yang Ber-OS Windows XP

Meskipun sekarang adalah era-nya Windows 8, PG maklum bila masih ada diantara kamu semua yang masih menggunakan Windows XP. OS yang satu itu memang disebut-sebut paling fenomenal diantara semua OS Windows. Kamu bisa membaca di artikel Evolusi Windows dari Masa ke Masa bahwa Windows XP ini yang paling panjang umurnya dan paling banyak digunakan oleh User Windows, bahkan sampai sekarang. Ringan, praktis, dan mudah menyesuaikan diri dengan berbagai software menjadi keunggulan OS ini. Nah, kalau kamu adalah salah seorang pengguna Windows XP, mungkin apabila spec PC “kalah” bersaing dengan produk-produk terbaru, kamu bisa menggunakan beberapa tips berikut ini untuk mempercepat kinerja PC atau laptop kamu agar tidak kalah dari teman-teman lain yang menggunakan OS Windows 7 atau Windows 8 dengan spec PC yang lebih tinggi.

Bagaimana caranya? Ikuti tips berikut ini:

 

Bebaskan ruang hard diskmu agar lebih lega

Salah satu metode terbaik untuk meningkatkan kinerja PC kamu yang menggunakan Windows XP adalah membebaskan ruang di hard disk dan ini tidak memerlukan aplikasi tambahan. Dengan fitur Disk Cleanup, kamu bisa menghapus temporary Internet files, menghapus program file yang sudah didownload (misalnya Microsoft ActiveX controls dan Java applets), mengosongkan Recycle Bin, menghapus Windows temporary files, menghapus komponen Windows tertentu yang tidak kamu gunakan, menghapus program yang tidak kamu gunakan.

Caranya adalah sebagai berikut:

1. Klik start program > Accessories > System Tools > Disk Clean Up.

6 Cara Mempercepat Kinerja PC atau Laptop yang Ber-OS Windows XP

2. Pada kotak dialog Disk Cleanup, pilih bagian yang ingin kamu bersihkan.
3. Centang bagian yang ingin kamu bersihkan, lalu klik OK

6 Cara Mempercepat Kinerja PC atau Laptop yang Ber-OS Windows XP

 

Mempercepat Akses ke Data

Untuk melakukan ini, kamu perlu menggunakan fitur Disk Defragmenter dari Windows kamu. Disk Defragmenter adalah fitur Windows yang akan membagi file dan folder pada hard disk sehingga tidak akan saling bertumpuk. Dengan melakukan pembagian semacam ini, maka kecepatan baca terhadap disk akan meningkat.

Cara menjalankan Disk Defragmenter

Disarankan menjalankan Disk Defragmenter secara teratur – sebulan sekali akan baik. Disaat tertentu, kamu juga perlu menjalankan aplikasi ini, seperti misalnya ketika:

• kamu mengkopikan sejumlah besar file

• Sisa ruang di hard disk kamu 15 persen atau kurang

• Kamu meng-install program baru atau versi Windows baru

1. Pertama-tama, klik Start > All Programs > Accessories > Disk Defragmenter

2. Di dialog box disk defragmenter, klik drive yang ingin kamu defragmen, lalu klik tombol Analyze. Setelah disk di analisis, sebuah dialog box akan muncul menawarkan untuk mendefrag drive yang sudah dianalisis. Sebaiknya kamu menganalisis volume dulu sebelum melakukan defrag untuk mendapatkan perkiraan berapa lama proses ini akan berlangsung

6 Cara Mempercepat Kinerja PC atau Laptop yang Ber-OS Windows XP

3. untuk mendefrag drive terpilih, klik tombol Defragment.

4. Untuk menampilkan informasi detil tentang disk yang di-defrag, klik View Report

 

Mendeteksi dan menganalisis Eror pada Disk

Dalam menjalankan Disk Cleanup dan Disk Defragmenter untuk mengoptimasi kinerja komputer kamu, kamu bisa memeriksa integritas file yang disimpan di hard disk kamu dengan menjalankan aplikasi Error Checking.

Semakin lama kamu menggunakan hard drive kamu, maka ini bisa menimbulkan bad sector. Ini akan memperlambat kinerja hard disk dan terkadang menjadikan penulisan data sulit, bahkan tidak mungkin. Scan untuk memeriksa Error ditujukan untuk mencari bad sector dan scan untuk mencari eror pada file system.

Jika kamu menggunakan komputer ini tiap hari, maka kamu perlu menjalankan perangkat ini sekali seminggu untuk mencegah kehilangan data.

Untuk menjalankan fitur Error Checking:

1. Tutup semua file terbuka.

2. Klik Start, dan lalu klik My Computer.

3. Di window My Computer, klik kanan salah satu drive hard disk jika kamu ingin mencari bad sector, dan lalu klik Properties.

6 Cara Mempercepat Kinerja PC atau Laptop yang Ber-OS Windows XP

4. Di kotak dialog Properties, klik tab Tools.

6 Cara Mempercepat Kinerja PC atau Laptop yang Ber-OS Windows XP

5. Klik tombol Check Now.

6. Pada kotak dialog Check Disk, pilih scan dan berupayalah untuk memperbaiki bad sector, lalu klik start.

7. Jika ditemukan bad sector, maka perbaikilah

 

Lindungi Komputer kamu dari spyware

Bila kamu terhubung dengan Internet, penting bagi kamu untuk melindungi diri dari spyware dan program berbahaya. Rajin-rajinlah meng-update Anti Virus kamu. Untuk Antivirus yang bagus, kamu bisa memeriksanya dari daftar Antivirus Terbaik 2012 yang pernah dipostkan oleh PG.

 

Hentikan program yang berjalan di Windows boot

Salah satu cara mempercepat komputer kamu adalah dengan mencegah program masuk ke start up. Ini akan memperlambat booting Windows kamu. Kamu bisa menutup program yang berjalan di start up menu dengan cara sebagai berikut:

1. Klik Start > Run. Ketik “msconfig” (tanpa tanda petik), tekan enter

6 Cara Mempercepat Kinerja PC atau Laptop yang Ber-OS Windows XP

2. Pilih Tab Startup, lalu periksa program-program yang tidak kamu butuhkan, jangan di load di start menu. Ini memperlambat proses booting komputer kamu.

6 Cara Mempercepat Kinerja PC atau Laptop yang Ber-OS Windows XP

 

Meningkatkan Performa Memori Komputer Kamu

Kamu perlu meningkatkan kinerja memori komputer kamu. Guna membantu hal ini, mungkin kamu perlu menggunakan aplikasi Memory Improve Master atau Kiwi Application.

 

Dengan keenam tips tersebut, meskipun spec komputer kamu agak lama dan masih menggunakan Windows XP, PG yakin komputer kamu akan bertambah cepat dan bagus kinerjanya! Kamu juga perlu membaca artikel tentang Apa saja sih yang bikin hard disk penuh? untuk menghindari hard disk kamu terlalu penuh oleh file-file tak terpakai.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • zan

    apa penyebab leptop yg gk bisa full skrin pada saat nge game, pdahal memori besar.

    • Kiki

      Kemungkinan besar setting resolusi game-nya Mas. Bisa juga kompatibilitas VGA.