Seperti Apa sih Password yang Kuat Itu?

Masih segar diingatan ketika PG menulis tentang bagaimana hampir setengah juta akun Yahoo dihack, kemudian disusul dengan akun cloud storage populer Dropbox. Tidak bisa dipungkiri bahwa masalah security memang selalu menjadi bayang-bayang menyeramkan di era digital seperti sekarang ini.

Salah satu tips untuk mencegah agar akun kita tidak ‘diutak-atik’ oleh orang-orang tidak bertanggungjawab adalah membuat password yang kuat. Dengan adanya password yang bagus, kita bisa menghindari resiko seorang cracker mencoba-coba mengambil alih akun kita, juga memperlama prosedur brute force software tertentu.

Bagi kamu yang belum familiar dengan istilah brute force – itu adalah metode cracking/hacking dengan cara membiarkan software mencoba kombinasi huruf, angka, dan karakter untuk membongkar sebuah akun atau file terproteksi. Metode ini merupakan metode paling klasik, tapi juga paling tinggi prosentase keberhasilannya. Dengan mencoba seluruh kombinasi huruf, angka, dan karakter, tentu saja tinggal menunggu waktu saja untuk bobol. Masalahnya hanya waktu saja, berapa lama sebuah software brute force bisa membobol file atau akun terproteksi.

Trus gimana dong? Bagaimana caranya bikin password yang kuat?

Ada tips berdasarkan studi yang dilakukan oleh Universitas tersohor Carnegie Melon yang mengungkapkan bahwa memang kombinasi huruf besar kecil, karakter unik, dan angka sangat mempengaruhi kekuatan password. Tapi yang lebih besar lagi pengaruhnya adalah panjang password!

Jadi disini PG menyarankan kamu untuk membuat password dengan lebih dari delapan karakter yang menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil, karakter unik, dan angka. Pastikan kamu tidak menggunakan password yang mudah ditebak, misalnya saja tanggal lahir, nama, kota asal, atau urutan huruf/angka.

Seperti Apa sih Password yang Kuat  Itu?

Lalu bagaimana agar kita tahu password kita sudah bagus atau belum? Kamu bisa mencoba mengujinya dengan Passfault:

https://passfault.appspot.com/password_strength.html

Seperti Apa sih Password yang Kuat  Itu?

Coba lihat gambar di atas. Untuk membobol password tersebut dengan software brute force, dibutuhkan waktu hingga empat puluh enam abad. Padahal, PG hanya menuliskan password sederhana: Pu$4tGrati$2012 di situs tersebut. Hasilnya pasti lebih maknyus bila kamu menciptakan kombinasi password yang lebih panjang.

Tetapi bandingkan dengan password PG lainnya yaitu 110980kiki yang ternyata bisa dibobol hanya dalam waktu kurang dari 3 hari saja menggunakan metode brute force. Whew!

Seperti Apa sih Password yang Kuat  Itu?

Sudah terlihat khan bagaimana pengaruh kombinasi huruf besar/kecil, angka, serta karakter unik dalam kekuatan sebuah password? :)

Satu lagi pertanyaan yang sering mampir ke redaksi PG adalah, bagaimana cara mengingat password yang begitu panjang dan penuh dengan kombinasi sulit? Tentunya bukan pekerjaan yang mudah bukan? Oleh karena itu, PG menyarankan agar menggunakan aplikasi password manager seperti misalnya Keepass Password Safe, LastPass atau Access Manager 2 yang pernah diulas oleh PG.

Bila kamu menggunakan fitur password manager bawaan browser, pastikan kamu menambahkan master password didalamnya.

Semoga tips dari PG diatas bermanfaat untuk membuat password kuat yang susah dibobol oleh hacker dan cracker manapun!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • ibnan

    Trims atas infonya yang sangat bermanfaat.

  • haryo

    unfo yg sgt berguna dan safety

  • Terimakasih PG tipsnya, sangat bermanfaat :)