Tips Tetap Aman Saat Bermain Jejaring sosial

Internet sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan oleh sebagian orang. Apalagi sejak adanya social network seperti facebook, friendster, twitter dan linked-in semakin membuat internet menjadi populer di kalangan masyarakat kita. Memang dengan adanya social network tersebut internet bisa menjadi tempat yang menyenangkan, mulai dari mencari teman, mencari pekerjaan, hingga bereuni dengan teman lama. Namun hal itu seringkali dimanfaatkan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan hal – hal yang berbahaya dan bisa merugikan anda. Untuk itu anda harus mengenali beberapa kemungkinan bahaya yang mungkin saja anda hadapi saat online serta bagaimana cara mengatasinya.

Tips Aman Saat Bermain Jejaring Sosial

Tips Aman Saat Bermain Jejaring Sosial

Social network seperti facebook, friendster, twitter sering dimanfaatkan beberapa pihak tidak bertanggung jawab untuk melakukan spam, phising maupun serangan yanng lainnya.

Bagaimana serangan ini terjadi ?? salah satu contoh serangan ini bisa berupa sebuah pesan yang anda terima di inbox social network yang biasa anda gunakan seperti facebook atau friendster. Pesan ini berasal dari salah satu teman anda dan menawarkan sesuatu yang menarik seperti hadiah dan sebagainya. Kemudian ada link suatu situs yang meminta anda untuk mengunjunginya. Saat anda percaya terhadap link tersebut, anda kik link tersebut dan diredirect ke suatu halaman yang sebenarnya itu adalah halaman phising.

Misalnya saja anda diredirect ke halaman yang mengharuskan untuk login lagi atau bahkan anda diarahkan ke salah satu situs yang akan menginfeksikan trojan horse untuk mencuri data – data pribadi anda via internet.

Kebanyakan pesan spam yang seolah – olah dikirim oleh teman anda tersebut sebenarnya bukanlah berasal dari teman anda. Terkadang teman anda yang sebelumnya telah terinfeksi oleh malicious attack tersebut akan secara otomatis mengirimkan email ke semua teman – teman di social network mereka, termasuk kepada anda dan begitu seterusnya, hingga si penyerang memperoleh banyak data yang bisa mereka pilah untuk mereka manfaatkan.

Untuk mengatasi masalah jebakan pada jejaring sosial ini, maka anda harus waspada. Jangan mudah percaya jika ada pesan yang menawarkan begitu banyak hadiah yang mengharuskan anda mengunjungi salah satu situs tertentu. Selain itu anda juga harus mulai sedikit rajin mengganti password anda, karena kini dikabarkan serangan online melalui media jejaring sosial ini kian marak. Dan jangan pernah klik link yang tidak jelas tujuannya, mending anda copy link tersebut dan paste secara manual di browser agar anda tahu ke mana arah link tersebut sebelum anda memutuskan untuk mengunjunginya.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • fanny

    mas….
    Fb sy udh ga bs dibuka lg…begitupun email sy….duit poker jg habis….nih sy buat lg…gmn biar bs sy bs buka email n Fb sy yg lama…emailx fanny.klink@yahoo.co.id…tolong ya mas…

    • @ g bisa dibukanya kenapa? lupa password?
      klik saa lupa password di facebook, maka password facebook km akan masuk ke email..kemudian klik juga lupa password di email kamu sehingga password email kamu masuk ke email sekunder yang kamu masukkan waktu mendaftar email dulu..kamu tinggal membuka email sekunder km..terus liat password email km..membuka email km..terus liat password FB kamu..semoga membantu :)

  • rendra

    mas eko yang saya kagumi bagaimana cara merubah pasword email? baik yahoo.co.id, yahoo.com, gmail dan sebagainya. minta penjelasan…

    • @ rendra : oke mas rendra…ditunggu ya..nanti saya bikinkan tips nya :)