Tips Mematikan Scan Virus Otomatis saat Download di Firefox

Sejak dirilisnya firefox versi 3, mozilla telah menanamkan fitur auto virus scanning terhadap setiap file yang anda download di browser firefox. Hal ini dilakukan mozilla untuk memberi perlindungan ekstra terutama perlindungan dari file malicious atau file yang terinfeksi oleh kode kode dan virus berbahaya. Fitur auto scanning dari firefox ini hanya bisa anda nikmati di sistem operasi berbasis windows dan hanya akan berfungsi jika ada aplikasi antivirus yang terinstal di windows anda. Dengan adanya fitus auto virus scanning ini maka firefox akan melakukan scan virus sesaat setelah proses mendownload file telah selesai.

Mematikan Fitur Auto Virus Scanning Firefox

Mematikan Fitur Auto Virus Scanning Firefox

Auto virus scanning firefox ini juga akan melakukan scanning virus saat anda melakukan run file, membuka containing folder, membuka download page atau mengcopy download link. Proses scanning hanya membutuhkan beberapa detik saja namun akan semakin lama seiring dengan peningkatan besar ukuran file.

Memang fitur ini sangat dianjurkan untuk tetap aktif dan terbukti bisa meningkatkan keamanan anda saat mendownload file dari internet. Namun ada satu hal yang mungkin bisa membuat fitur ini sebenarnya tidak anda butuhkan, yaitu bahwa antivirus-antivirus baru saat ini sudah dilengkapi dengan proteksi realtime yang akan melakukan scanning sesaat sebelum file diakses atau dieksekusi.

Jika anda telah menggunakan antivirus maupun internet security yang tergolong baru, maka hampir semuanya memberikan realtime protection, sehingga fitur auto virus scanning dari firefox tidaklah anda perlukan lagi. Kabar baiknya adalah, anda bisa mematikan fitur auto virus protection dari firefox.

Berikut ini cara mematikan fitur auto virus scanning dari firefox, sebelum mematikan fitur ini, pastikan jika anda memang sudah memiliki antivirus dengan proteksi yang real time :

1. buka firefox
2. ketik di address bar about:config kemudian tekan enter

Langkah 1

Langkah 1

3. Klik saja tombol notifikasi I’ll be careful, I Promise !

Langkah 2

Langkah 2

4. Pada kolom filter ketikkan browser.download.manager.scanWhenDone kemudian tekan enter

Langkah 3

Langkah 3

5. Akan muncul preference browser.download.manager.scanWhenDone dengan default value true yang menandakan fitur auto virus scanning firefox di set aktif

Langkah 5

Langkah 5

6. Untuk menonaktifkannya, dobel klik preference browser.download.manager.scanWhenDone tersebut. Setelah anda dobel klik, maka value nya menjadi false yang menandakan bahwa fitur auto virus scanning telah tidak aktif.

Langkah 6

Langkah 6

7. Setelah melakukan langkah diatas, firefox tidak akan lagi melakukan scanning setelah anda selesai mendownload file dsb. Untuk mengaktifkannya, anda bisa mengubah kembali valuenya menjadi true.

Selamat mencoba :)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • FAJAR

    Mas, ajarin saya jadi Hacker Donk…!.
    Boleh gak?.

  • fathurrohim

    mantap mas infonya,, saya ijin kopi paste ya mas… boleh gak?

  • bagus

    bagus n top banget ini,,,,,

  • wijayadi swarnam

    trims untuk firefox yang selalu memperhatikan kami yg sering download. sekali lagi tks dan semoga tidak bosan-bosan memberikan kami info tentang keselamatan data-data kami.

  • Mapuc

    wah wah, makin lengkap aja firefox ne, tar mau bikin antivirus sendiri kali tu FF, he he