Tips Melindungi Password Online Anda

Password merupakan kombinasi beberapa huruf dan angka yang terkadang sering kita abaikan tingkat keamanannya. Padahal setiap kita online di dunia maya, hampir kita akan selalu bertemu dengan “password”. Misalnya saja password email kita, password facebook hingga password paypal dan account – account penting lainnya. Password memang menjadi kunci utama dalam keamanan account anda di dunia internet. Namun terkadang beberapa orang mengabaikan dan melupakan fungsi penting dari tingkat keamanan password ini. Untuk itu berikut ini saya berikan tips bagaimana melindungi password online anda agar tetap aman dari incaran “mata – mata” internet.

Tips Mengamankan Password

Tips Mengamankan Password

1. Buatlah password yang sulit untuk ditebak
Hampir sebagian orang menggunakan kombinasi tanggal, bulan dan tahun lahirnya untuk dijadikan sebagai password mereka. Terkadang malah hanya menggunakan namanya saja atau mungkin beberapa angka kembar. Hal ini memang memudahkan kita dalam mengingat password..namun juga menjadi boomerang bagi kita karena password model ini sangat mudah ditebak. Jika password model ini anda gunakan di account bank atau paypal anda, maka hal ini bisa menjadi hal yang berbahaya.

Untuk mengatasinya, anda harus membuat password yang random dan sulit ditebak. Bahkan sebaiknya anda menggunakan password yang berbeda untuk setiap account yang anda miliki.

Menggunakan password random yang sulit ditebak apalagi berbeda – beda tiap accout bisa menyulitkan kita untuk mengingatnya. Untuk itu anda bisa menggunakan software password manager seperti Password Safe atau jika anda menginginkan password manager yang portable, anda bisa menggunakan Keepass Password Save portable. Dengan software Password Manager tersebut anda tidak perlu mengingat semua password masing – masing account anda. Anda hanya cukup mengingat 1 master password saja.

2. Gunakan Password yang berbeda untuk tiap account
Menggunakan password yang berbeda untuk tiap account bisa merupakan salah satu cara ampuh mengamankan password anda dan account anda dari tindakan pencurian online. Minimal kita harus membedakan password account penting dengan account standar. Misalnya kita harus membuat password di account paypal dan account bank berbeda dengan password facebook atau password game online yang sering kita mainkan.

Akan lebih baik lagi jika setiap account memiliki password yang berbeda. Kenapa hal ini harus dilakukan?? karena ada banyak situs phising maupun situs palsu yang mengharuskan anda mendaftar dan memakai username atau password. Saat anda mendaftar di situs phising atau situs “palsu” dan memasukkan username berikut passwordnya, maka si “pencuri” tahu username dan passwor anda. Dan jika ternyata password tersebut sama dengan password paypal, account bank maupun account – account penting lainnya..maka hal ini juga menjadi hal yang sangat berbahaya.

Menggunakan password yang berbeda di tiap account akan membuat account – account anda yang lainnya lebih aman. Gunakan password manager seperti Password Save Maupun Keepass Password Save portable sehingga anda hanya cukup mengingat 1 master password saja.

3. Waspada saat menggunakan Komputer Umum
Di indonesia, hampir sebagian besar orang masih menggunakan komputer umum saat berinternet, seperti warnet, komputer di sekolah dan komputer umum lainnya. Jika anda termasuk pengguna komputer umum saat berinternet, maka tidak ada salahnya untuk mengantisipasi beberapa hal buruk yang mungkin terjadi.

Seringkali komputer umum seperti warnet telah terinfeksi beberapa malicious software yang bisa mencuri password anda kapan saja. Untuk mengatasinya, selalu scan komputer umum tersebut menggunakan antivirus portable yang anda bawa dari rumah anda seperti ClamWin antivirus portable dan yang lainnya. Anda juga bisa menggunakan software – software portable yang bisa anda bawa dari rumah anda seperti aplikasi office portable, browser portable, Internet Messaging (IM) portable dan software – software portable lainnya yang anda bawa sendiri dari rumah anda di flash disk atau hardisk eksternal anda.

Menggunakan software – software portable anda sendiri saat berinternet di komputer umum akan meningkatkan keamanan anda saat berinternet khususnya dari pencurian password account anda.

Semua software portable yang anda butuhkan untuk mengamankan password anda akan segera saya posting di pusatgratis beserta link download dan tutorialnya. So..Stay Tune at Pusatgratis :)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • apex033

    apa pasword saya

  • apex033

    saya ingin mendapat char saya kembali

  • surya

    hahahahahahah

  • jhon

    mat. malaam bang. gi mana cara mengetahui orang pakai keylogger di warnet.soal nya ,febook saya sering kenak jebol. saya sudah sering ganti paspord nya. thans