Pengertian Virus

Seri Mengenal Virus ala Pusatgratis (bagian 3) – Kita sudah tahu bagaimana sejarah virus dari penjelasan di Seri Mengenal Virus ala PusatgratisĀ (bagian 2). Sekarang saatnya kita untuk mengetahui pengertian dan kriteria suatu program untuk disebut sebagai virus. Hmm..sekarang kita mulai dulu dari pengertian virus.

Pengertian Virus

Menurut Fred Cohen, virus adalah :

“A program that can infect other programs by modifying them to include a slighty altered copy of itself. A virus can spread throughout a computer system or network using the authorization of every user using it to infect their programs. Every programs that gets infected can also act as a virus that infection grows”

Jadi dapat kita lihat bahwa inti dari pengertian tersebut adalah bahwa “virus merupakan sebuah program yang dapat menginfeksi program lain dengan cara memodifikasi program tersebut untuk memasukkan sedikit (kode) penggandaan diri virus tersebut. Sebuah virus dapat menyebar ke seluruh sistm komputer atau network dengan menggunakan hak otorisasi setiap pengguna komputer untuk mengifeksi program mereka. Setiap program yang sudah terinfeksi bisa pula bertindak sebagai virus untuk memperluas daerah infeksinya”

Istilah virus tersebut pertama kali digunakan oleh Fred Cohen pada tahun 1984 di Amerika Serikat. Penggunaan istilah virus karena program tersebut mempunyai kesamaan dengan istilah virus dalam konteks kedokteran (biologi).

Sebenarnya, sebuah virus sama seperti sebuah program biasa, sehingga virus tersebut akan aktif jika program virus tersebut dieksekusi. hal ini berbeda dengan worm yang bisa aktif secara otomatis. namun untuk penjelasan worm akan PG bahas pada seri lainnya.

Kembali ke bahasan utama, walau sebenarnya virus sama saja dengan program biasa lainnya, terdapat perbedaan yang mendasar antara virus dan program biasa yaitu bahwa virus dibuat untuk menginfeksi dan menulari program – program lainnya, memodifikasi, mengubah dan mamanipulasi program tersebut, bahkan sampai merusaknya.

Wah..dari pengertiannya saja kita sudah bisa mengetahui apa itu virus dan apa tujuan virus tersebut. Pada Seri Mengenal Virus ala PusatgratisĀ berikutnya (bagian 4), kita akan mengetahui apa sebenarnya alasan dan latar belakang seseorang membuat virus. Ikuti terus ya Seri Mengenal Virus ala Pusatgratis.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • tharaslallww@yahoo.com

    virus itu berasal dari kata aph?

  • atnya aprilia

    hello.–< andresten^.^ okech.hmmm ….,,,..,,

  • beng beng

    Tolong bantu saya untuk belajar menbuat aplikasi untuk merekap hasil virus di komputer dengan contoh : tanggal, tahun, bulan, dari mana datangnya virus, ke mana virus tersebut menyerang, dan berapa banyak yang terserang virusnya? sekian terima kasih.