Inilah Kemampuan Dasar Virus

Seri Mengenal Virus ala pusatgratis (bagian 5) – Hmm..setelah lama tertunda, akhirnya sempat juga memposting lanjutan dari Seri Mengenal Virus ala pusatgratis. Sebagai pengingat, pada Seri Mengenal Virus sebelumnya (bagian 4), kita telah mengetahui beberapa alasan dan latar belakang pencipta virus dalam menciptakan virus, kini saatnya kita untuk mengetahui apa saja kriteria dan kemampuan dasar virus. Pada dasarnya virus sama saja dengan program komputer yang lainnya. Namun disini ada beberapa kriteria yang membedakan virus dengan program komputer biasa. Kriteria ini sekaligus merupakan kemampuan dasar sebuah virus. Jadi jika anda menemui program atau membuat program yang memiliki kemampuan dasar sebagai berikut, maka program tersebut bisa dikategorikan sebagai virus.

virus

Berikut ini kriteria dan kemampuan dasar sebuah virus :

1. Kemampuan untuk Mendapatkan Informasi

Sebuah virus akan berusaha untuk mendapatkan informasi dari sistem komputer kita. Misalkan saja virus tersebut akan mencari informasi tentang daftar dan letak suatu file, letak partisi dan boot record, ekstensi file, nama file dsb.informasi tersebut nantinya akan digunakan oleh virus tersebut untuk menginfeksi file dan sistem yang ada di komputer kita.

2. Kemampuan Memeriksa Suatu File

Virus akan memeriksa tiap – tiap file, misalkan saja memeriksa apakah suatu file sudah diinfeksi atau belum, jika belum maka file target tersebut akan segera ditulari. Hal ini merupakan kemampuan dasar suatu virus agar dapat menginfeksi dengan lebih cepat dan efisien tanpa harus menginfeksi ulang file – file yang sudah terinfeksi.

3. Kemampuan untuk Memanipulasi

Sebenarnya kegiatan manipulasi yang dilakukan oleh virus tidaklah begitu berbahaya. Namun walau tidak berbahaya, namun manipulasi yang dilakukan oleh virus ini bs jadi sangat mengganggu. Misalnya saja beberapa virus melakukan manipulasi sebagai berikut :
a. Membuat tampilan atau pesan yang sering muncul dan sangat mengganggu tampilan di layar monitor.
b. Merusak struktur disk dan menghapus file – file kita.
c. Mengacaukan kerja – kerja alat seperti gerak mouse, tombol keyboard, printer dsb
Kegiatan manipulasi tersebut sangat mengganggu rutinitas berkomputer kita, tapi memang itulah salah satu tujuan diciptakannya virus, mengerjai korbannya..hehe

4. Kemampuan Menyembunyikan Diri

Ini adalah kemampuan dasar yang penting bagi sebuah virus, yaitu menyembunyikan diri dari user komputer. Misalnya saja beberapa jenis virus melakukan hal berikut ini untuk menyembunyikan dirinya :
a. Menghadang tampilan layar saat virus bekerja, sehingga user tidak dapat melihat saat virus tersebut bekerja.
b. File virus dibuat sekecil mungkin, hidden atau disembunyikan dengan ikon – ikon yang tidak akan dicurigai oleh User
c. Program virus ditempatkan diluar track track yang dibuat oleh DOS, misalkan saja ditempatkan di track 41 dsb

5. Kemampuan untuk Memperbanyak Diri

Inilah kemampuan yang membedakan suatu virus dengan program lainnya. yup..virus mempunyai kemampuan untuk memperbanyak dirinya sendiri, serta kemampuan untuk membuat duplikat dirinya pada file – file yang belum terinfeksi, sehingga wilayah infeksi virus tersebut semakin lama.

Hmm..kemampuan dasar sebuah virus komputer kini telah kita ketahui dan kita kenal..

Pada Seri Mengenal Virus ala pusatgratis berikutnya (bagian 6), kita akan mengetahui berbagai jenis – jenis virus berdasarkan teknik pembuatan, media penyebaran dan hal – hal lainnya yang dilakukan oleh virus tersebut.

Ingin tahu dan mengenal lebih dalam seluk beluk dan semua hal tentang Virus?

Terus ikuti Seri Mengenal Virus ala pusatgratis (bagian 1 – xx) hanya di pusatgratis.com, hehehe..


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • noel

    mantap mz….. jadi pingin buat viruz,,,
    hee

  • hehehe…baru baca neh saya mas..

    emank bener neh,,kita mesti saling kenal sama virus..
    kan kalo gak kenal maka tak sayang(halah)

    hahahha…
    keep share mas..

    aa.LiL

  • maksudnya track 41 itu apa kak???

  • okie

    makasih ya mas… atas informasinnya ^_^