Mouse Rusak? Operasikan Saja Windows Dengan Keyboard

Saat sore hari matahari terbenam dengan bebasnya, kamu menyalakan komputer entah itu untuk main game, online, nonton film atau mendengarkan musik. Yeah…saat bersantai dengan banyak waktu luang memang saat menyenangkan, apalagi jika di depan komputer. Namun bagaimana jadinya jika saat akan bersantai di depan komputer kamu tiba-tiba terganggu dengan mouse yang rusak, entah itu klik kanan, klik kiri atau scroll?

Lalu bagaimana caranya agar kamu tidak kehilangan momen berharga ini? Salah satu jalan keluarnya kamu bisa mengandalkan keyboard untuk keluar dari masalah ini. Bagaimanakah caranya? Untuk itu PG akan membagikan caranya disini, tips dan trik mengoperasikan Windows dengan keyboard.

 

Membuka Aplikasi

Membuka aplikasi tanpa mouse dan menggunakan keyboard tidak sesulit yang kamu bayangkan. Kamu bisa membukanya dari Start Menu, Taskbar atau Desktop. Berikut ini caranya:

Start Menu - Tekan tombol Windows di keyboard kemudian gunakan arah dari keyboard untuk memilih aplikasi yang ingin kamu buka dan tekan enter. Untuk Windows Vista dan 7 mungkin bisa lebih praktis lagi, saat kamu membuka menu kamu bisa mengetikkan aplikasi yang ingin kamu buka dan tekan enter jika sudah menemukannya.

Taskbar - Trik dan tips yang satu ini mungkin hanya bisa digunakan untuk Windows 7 atau 8. Karena mereka semua memiliki fitur Pin aplikasi ke taskbar. Untuk membuka aplikasi kamu hanya perlu menekan tombol Windows ditambah dengan angka sesuai dengan urutan aplikasi yang kamu miliki di Taskbar.

Desktop - Cara yang satu ini cukup mudah untuk diikuti. Gunakan tombol Windows+D untuk menuju ke desktop, setelah itu gunakan arah untuk memilihi aplikasi yang ingin kamu gunakan dan tekan enter.

Mouse Rusak? Operasikan Saja Windows Dengan Keyboard

 

Mengatur Window

Jika kamu sudah terbiasa menggunakan mouse pasti akan saat mudah sekali untuk mengatur window baik itu menutup, minimize, maximize, memindahkannya dan sebagianya. Jika kamu menggunakan keyboard semua itu terlihat sulit, tetapi sebenarnya tidak. Ikuti cara PG dibawah ini.

Menutup Window - Untuk menutup window atau aplikasi kamu dapat menggunakan shortcut yang mungkin sudah kamu ketahui. Ini bukanlah hal yang rahasia lagi, cukup gunakan Alt+F4.

Memilih Window - Trik dan tips ini mungkin juga sudah kamu kenali pada artikel PG sebelumnya, yaitu dengan menggunakan Alt+Tab.

Minimize Window - Saat kamu sedang berada di Window yang sedang aktif dan kamu ingin me-minimize-nya cukup gunakan tombol Windows+Arah bawah.

Maximize Window - Setelah semua Window ter-minimize kamu ingin membukanya kembali dengan mode maximize bagaimana caranya? Cukup gunakan trik Alt+Tab kemudian tekan Windows+Arah Atas.

Menentukan Posisi Window - Kamu memerlukan dua dokumen yang bersebelahan, kiri dan kanan? Gunakan saja Windows+Arah kanan atau Windows+Arah kiri.

Memindah Posisi Window - Kamu memerlukan 4 dokumen yang berposisi di satu layar? Itu mudah saja kamu bisa memindahkannya. Caranya dengan menekan Alt+Spasi, kemudian tekan M, dan gunakan arah untuk memindah dokumen tersebut setelah itu enter.

Mengubah Ukuran Window - Setelah memindahkan 4 dokumen tersebut tentu kamu harus mengatur supaya bisa dilihat semua. Caranya dengan menekan Alt+Spasi, kemudian tekan S, dan gunakan arah untuk mengatur besar dari Window dan jika sudah tekan enter.

Mouse Rusak? Operasikan Saja Windows Dengan Keyboard

 

Mengoperasikan Aplikasi

Membuka sudah, mengatur sudah, lalu bagaimana menggunakan aplikasi yang sudah kamu buka? Jika kamu membuka browser dan ingin mengklik salah satu link kamu bisa menggunakan Tab dan Shift+Tab. Ini juga bisa kamu lakukan untuk mengisi form pada login Facebook. Untuk scroll kamu bisa menggunakan arah atau spasi.

Mouse Rusak? Operasikan Saja Windows Dengan Keyboard

 

Untuk menggunakan menu pada aplikasi, kamu bisa menekan tombol Alt dan menggunakan arah untuk memilih menu yang kamu inginkan.

Mouse Rusak? Operasikan Saja Windows Dengan Keyboard

 

Untuk menggunakan klik kiri, kamu dapat menggunakan shortcut Shift+F10 atau tombol klik kanan pada keyboard (biasanya terletak di sebelah Ctrl di bagian kanan bergambar kursor). Untuk memilih menu di klik kanan kamu bisa gunakan arah.

Mouse Rusak? Operasikan Saja Windows Dengan Keyboard

 

Lalu bagaimana shortcut tab dan shift di text editor seperti Word atau Notepad? Berikut shortcut khususnya.

Page Up atau Page Down - Jika kamu ingin kembali ke halaman atas atau bawah, kamu bisa menggunakan kedua shortcut keyboard tersebut.

Memindahkan Kursor - Bagaimana mengendalikan kursor mousenya? Kamu bisa menggunakan arah pada keyboard. Untuk lebih cepatnya kamu bisa menggunakan Ctrl+Arah Kiri atau Kanan, cara ini akan memindah kursor dari satu kata ke kata lain. Di Word untuk berpindah antar paragraf, kamu bisa menggunakan Ctrl+Arah atas atau bawah.

Menyeleksi Text - Seleksi text ya?? Ini sangat mudah untuk dilakukan, kamu bisa menggunakannya dengan menahan tombol Shift+Arah, jika menginginkan semua text diseleksi kamu hanya perlu menekam Ctrl+A.

Mouse Rusak? Operasikan Saja Windows Dengan Keyboard

 

Mudah bukan ternyata? Tidak perlu lagi tergantung pada Mouse, kamu bisa mengoperasikan komputer dengan menggunakan keyboard saja.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini