Mengetahui Seluk Beluk Add-ons, Extensions dan Plugins Mozilla Firefox

Kamu menggunakan Mozilla Firefox untuk keseharianmu? Bermain game flash, menonton video streaming, online facebook, twitter, google plush, melakukan pembayaran bank dan lain-lain. Jika kamu sering melakukan hal-hal diatas maka kamu sebaiknya memperhatikan artikel PG yang satu ini. Kali ini PG akan mengulas tentang seluk beluk tentang Add-ons, Extensions dan Plugins di Mozilla Firefox, bagaimana kegunaannya, cara menambahkannya ataupun cara menghapusnya.

Kegunaan Add-ons, Extensions dan Plugins pada Firefox

Jika kamu sering menonton video streaming, memainkan game flash, membaca file PDF secara online di Mozilla Firefox. Maka tentu itu semua didukung dengan adnya plugins. Misalkan saja kamu streaming video di Youtube kamu memerlukan Shockwave Flash atau RealPlayer atau membaca file PDF online berarti kamu membutuhkan plugins Adobe Acrobat. Sedangkan untuk Add-ons, kamu bisa menambahkan Add-ons apa saja untuk firefoxmu dengan berbagai kegunaan. Misalkan saja kamu menggunakan Add-ons Rainbow sebagai pengambilan warna web jika kamu seorang web developer. Untuk bisa melihat Plugins dan Add-ons apa saja yang kamu install, kamu bisa melihatnya di Tools -> Add-ons -> Plugins.

Cara Menginstall Add-ons, Extensions dan Plugins pada Firefox

Untuk bisa menginstall Plugins dan Add-ons cukup klik Tools -> Add-ons -> Get Add-ons. Kamu akan mendapatkan berbagai Add-ons, Extensions dan Plugins yang bisa kamu install dengan berbagai kegunaan dan fungsi. Jika kamu sudah menemukan Add-ons, Extensions atau Plugins yang ingin kamu install, klik Add to Firefox.

Cara Mematikan Add-ons, Extensions dan Plugins pada Firefox

Untuk melakukan hal yang satu ini sangatlah mudah sama seperti cara diatas. Kamu hanyalah perlu klik Tools -> Add-ons pilih Extensions atau Plugins. Setelah menemukan Extension atau Plugins yang akan kamu matikan, klik Disbale pada bagian kanan dari Extensions atau Plugins.

Cara Mengupdate Plugins pada Firefox

Biasanya ketika kamu tidak mengupdate plugins yang dibutuhkan oleh firefox maka kamu akan mengalami sedikit masalah, misalkan saja Shockwave Flash tidak kamu update maka kamu tidak akan bisa maminkan hal-hal berbau flash pada saat kamu menggunakan Firefox. Jika kamu tidak ingin hal ini terjadi maka yang harus kamu lakukan adalah mengupdatenya. Cukup dengan satu klik caranya, pergi ke menu Tools -> Add-ons -> Plugins kemudian “Clik Check to see if your plugins are up to date“.

Cara Mengupdate Extensions pada Firefox

Firefox akhir-akhir ini sering melakukan update, dan jika itu terjadi biasanya ada saja Extensions yang tidak bisa digunakan kembali. Jika kamu pernah mengalami hal tersebut maka segera update juga Extension yang tidak bisa kamu gunakan. Untuk mengdatenya cukup pergi ke Tools -> Add-ons -> Extensions kemudian klik Setting atau gambar gear yang ada disebelah kolom Search. Terakhir klik Check for Updates maka Firefox akan segera memeriksa Extensions yang bisa diupdate.

Cara Menghapus Extensions pada Firefox

Jika saja kamu mempunyai banyak Extensions yang terinstall pada Firefox bisa saja menjadi lemot, crash dan bahkan mudah hang. Untuk itu jika kamu mempunyai banyak Extensions yang tidak kamu gunakan, sebaiknya kamu hapus saja. Caranya, klik Tools -> Add-ons -> Extensions dan pilih Remove pada Extensions yang tidak kamu gunakan.

Cara Menghapus Plugins pada Firefox

Sama seperti halnya Extensions diatas, jika kamu terlalu banyak plugins mungkin saja browsermu menjadi lemot, hang atau crash. Jika kamu ingin menghapus plugins di Firefox caranya sedikit berbeda dengan Extensions. Ikuti langkah dibawah ini:

1. Pada url barmu ketikan about:config dan kemudian tekan enter.

2. Setelah itu akan ada peringtan yang muncul klik I’ll be careful, I promise!.

Mengetahui Seluk Beluk Add-ons, Extensions dan Plugins Mozilla Firefox

3. Akan muncul banya seklai perintah-perintah yang mungkin akan membuatmu bingung, namun jangan hiraukan dan ketikkan plugin.expose_full_path pada kolom Search.

Mengetahui Seluk Beluk Add-ons, Extensions dan Plugins Mozilla Firefox

4. Ubah value darui plugin.expose_full_path menjadi true, canya dengan double klik pada plugin.expose_full_path.

Mengetahui Seluk Beluk Add-ons, Extensions dan Plugins Mozilla Firefox

5. Setelah itu buka about:plugins pada url bar yang baru.

Mengetahui Seluk Beluk Add-ons, Extensions dan Plugins Mozilla Firefox

6. Akan ada banyak Plugins yang muncul disana, untuk menghapusnya maka hanya perlu melihat lokasi file plugins yang ada setelah itu hapus secara manual.

Mengetahui Seluk Beluk Add-ons, Extensions dan Plugins Mozilla Firefox

7. Misalkan saja disini PG akan menghapus VLC Web Plugins, maka PG akan mencarinya sesuai dengan alamat yang tertera disana dan menghapus plugins tersebut melewati windows Explorer.

Mengetahui Seluk Beluk Add-ons, Extensions dan Plugins Mozilla Firefox

8. Setelah kamu menghapus Plugins tersebut, buka about:config pada url bar dan ubah value dari plugin.expose_full_path menjadi false.

Mengetahui Seluk Beluk Add-ons, Extensions dan Plugins Mozilla Firefox

Semoga artikel PG yang satu ini membantu teman-teman PG untuk merawat browser Mozillanya :), kalau saja teman-teman PG mempunyai tips dan trik yang lain, silakan tinggalkan dikolom komentar dibawah ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • mawi

    info yang sgat bermanfaat,,
    terima kasih PG