Mencari Email Attachment di Gmail Berdasarkan Ukuran File

Kamu sedang mencari email berdasarkan ukuran file? Jika kamu menggunakan layanan Gmail, kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan mudah. Sekarang Gmail bisa mencari email berdasarkan besar kecil dari sebuah ukuran file. Dengan begini kamu dapat dengan cepat menyortir email attachment yang teman-teman kamu kirimkan. Apalagi jika yang kamu cari file attachment yang sudah lama bertaun-taun dari teman kamu, hmm pasti sangat merepotkan jika mencarinya satu persatu.

Menggunakan software email client seperti Mozilla Thunderbird, EmailTray atau Windows Live Mail memang bisa membantu. Tetapi bukankah lebih baik jika kamu langsung menggunakan Gmail yang lebih cepat load emailnya? Caranya dengan mengetikkan “size:” kemudian diikuti dengan ukuran file dan ditambah dengan nama kontak, email atau keyword lain yang akan mempermudah dan mempercepat pencarian.

Sortir Email di Gmail Berdasarkan Ukuran File

Untuk memasukkan ukuran ada yang perlu kamu perhatikan. Disini dalam memasukkan ukuran file dihitung dalam ukuran bytes. Jadi jika kamu mencari file dengan ukuran lebih dari 1 Megabyte, kamu harus mengetikkan size: 1000000 atau jika lebih dari 10 Megabyte, ketikkan size: 10000000. Untuk ukuran yang lebih dari 100 Kilobyte, kamu harus mengetikkan size: 100000. Secara perthitungan sebenarnya tidak benar, karena 10 Megabyte sebenarnya sebesar 1048576 Byte. Namun itu akan membuat pencarian semakin rumit, agar tidak rumit dibuat seperti diatas dan ditambahkan sedikit keyword.

Tips dan trik ini juga bisa kamu gunakan untuk menghapus email yang berukuran besar sehingga membuat space email kamu tidak penuh. Sekarang kamu akan dapat lebih mudah mencari email attachment.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini