Memberi Nama Panggilan Pada Bookmark Opera

Internet sekarang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian, semua informasi bisa kamu dapatkan dari internet mulai dari kesehatan, memasak sampai membetulkan mobil kamu bisa mendapatkannya di internet. Jika kamu seorang penggila internet dan setidaknya 4-5 jam waktu yang kamu gunakan berinternet, pasti kamu mempunyai bookmark-bookmark situs favorit.

Kalau kamu pengguna Opera beruntunglah kamu membaca artikel ini, karena PG akan bagi-bagi tips cara memberi nama pada bookmark favoritmu atau folder bookmarkmu. Dengan tips ini kamu bisa langsung membuka situs favoritmu tanpa perlu mengetikkan nama situs tersebut, kamu hanya perlu mengetikkan nama panggilannya saja dan bisa dibilang ini ini adalah tips membuat shortcut bookmark.

 

Berikut cara untuk memberi nama panggilan pada bookmark Opera:

Pertama-tama buka situs favorit yang ingin kamu bookmark, setelah situs tersebut terbuka lakukanlah bookmark dengan cara drag Tab situs favorit kamu ke Bookmark Toolbar(atau tekan CTRL+D).

Tips_Bookmark_Opera

Untuk dapat memunculkan bookmark toolbar pada Opera cukup klik Opera>Toolbars kemudian centang Bookmarks Toolbar.

Tips_Bookmark_Opera

Seusai bookmark selesai dilakukan, pergilah ke Opera>Bookmarks>Manage Bookmarks(atau tekan CTRL+SHIFT+B).

Tips_Bookmark_Opera

Setelah window manage bookmarks terbuka, temukan situs favoritmu, klik kanan pilih Properties(atau tekan ALT+ENTER).

Tips_Bookmark_Opera

Kemudian pada kolom Nickname berikan nama sesuai dengan keinginanmu. Langkah terakhir tekan OK.

Tips_Bookmark_Opera

 

Berikut cara untuk memberi nama panggilan pada folder bookmark Opera:

Langkah ini tidak jauh berbeda dengan memberi nama pada situs yang telah di bookmark pada Opera. kamu cukup klik kanan pada folder yang berisi bookmark situs-situs favoritmu dan pilih Properties dan beri nama sesuai keinginanmu pada kolom Nickname.

Tips_Bookmark_Opera

Namun jika kamu belum memiliki Folder untuk situs-situs bookmark favoritmu maka kamu bisa mengklik kanan pada window Manage Bookmark, pilih New Folder dan beri nama folder tersebut.

Tips_Bookmark_Opera

 

Untuk menggunakan nama panggilan yang telah kamu buat cukup ketikkan saja nama tersebut pada address bar. Beda cara pertama dengan cara kedua sebenarnya tidak ada, namun cara kedua bisa membuka semua situs favoritmu yang kamu taruh dalam folder yang mempunyai nama panggilan tersebut.

Dengan begini kamu tidak perlu lagi mengetikkan nama-nama situs favoritmu yang panjang, cukup dengan inisial saja kamu dapat membukanya bahkan lebih cepat dari cara biasanya. Baca juga tentang Browser Chrome Kamu Lemot?? Ini Cara Untuk Mengatasinya! atau Memory Leaks Tidak Akan Terjadi Lagi di Mozilla Firefox 15.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini