Tips Optimasi Browser Internet Explorer 8 (Bagian 2)

Walaupun kurang begitu populer, namun ternyata masih banyak juga orang  yang menggunakan browser Internet Explorer. Browser buatan Microsoft ini memang terkenal lemot dan agak kurang nyaman ketika digunakan untuk browsing internet. Untuk itulah sebelum memutuskan untuk menggunakan Internet Explorer, kita perlu sedikit mengoptimasinya. Kemarin telah saya tulis tips dan tutorial bagaimana mengoptimalkan penggunaan browser Internet Explorer 8 bagian 1. Kini saatnya saya tulis lanjutan tips tersebut agar IE8 anda bekerja semakin optimal. Berikut ini lanjutan tips optimasi browser internet explorer 8 :

Tips Optimasi IE8 Bagian 2

Tips Optimasi IE8 Bagian 2

4. Blok Iklan dan Lindungi Privasi anda dengan InPrivate Filtering

Jika pada bagian 1 kemarin kita menggunakan InPrivate Browsing untuk melindungi data privasi kita dengan menghapuskan jejak kita saat browsing, maka saat ini kita akan menggunakan InPrivate Filtering untuk melakuka blocking terhadap iklan dan mencegah pencurian data – data browsing kita oleh pihak ketiga seperti pengiklan dsb.

Sebagai contoh, saat anda mengunjungi web site yang memiliki iklan PPC dari sumber tertentu, maka ad service tersebut akan meletakkan cookie di PC anda, berapa kali anda mengunjungi situs yang memiliki iklan tersebut, iklan mana yang anda abaikan dan iklan mana yang anda klik. Untuk menghindari pencatatan hal tersebut maka InPrivate Filtering bisa anda aktifkan.

InPrivate Filtering akan melakukan blocking terhadap iklan – iklan yang banyak tersebar di website dan melakukan blocking pencatatan cookie oleh mereka.

Untuk mengaktifkan InPrivate Filtering, anda bisa mengaksesnya melalui menu safety kemudian pilih InPrivate Filtering. Setelah itu anda bisa melakukan setting di InPrivate Filtering Setting yang bisa anda akses melalui menu safety.

Aktifkan InPrivate Filtering Melalui Menu Safety

Aktifkan InPrivate Filtering Melalui Menu Safety

Untuk memaksimalkan kinerja InPrivate Filtering, anda bisa mendownload file XML yang berisikan banyak kode iklan yang bisa anda pilih untuk anda block..sehingga anda bisa browsing website tanpa terganggu dengan tampilan iklan – iklan yang sering memperlambat loading sebuah halaman situs.

Download File XML disini | lisensi : Gratis | Size 8,8 kb | Format : zip

Setelah anda mendownload file diatas, silahkan extract dengan menggunakan winzip atau winrar, maka anda akan medapatkan sebuah file XML. silahkan masukkan File Tersebut ke InPrivate Filtering melalui menu Safety -> InPrivate Filtering Setting -> Advanced Setting -> Import dan cari file XML tadi kemudian klik Open. Setelah itu akan muncul notifikasi pemberitahuan proses import telah berhasil, Klik OK.

Pilih Menu Safety dan Klik InPrivate Filtering Setting

Pilih Menu Safety dan Klik InPrivate Filtering Setting

Pilih Advanced Setting

Pilih Advanced Setting

Pilih file XML yang sudah anda download dan ekstrak kemudian klik open

Pilih file XML yang sudah anda download dan ekstrak kemudian klik open

Muncul Notofikasi Proses Import berhasil

Muncul Notofikasi Proses Import berhasil

Anda Bisa Block atau Allow ad serve code melalui menu yang ada

Anda Bisa Block atau Allow ad serve code melalui menu yang ada

Setelah proses import berhasil, maka akan muncul banyak kode iklan yang bisa anda pilih untuk anda blok atau anda allow melalui menu yang ada. Setelah semua proses ini anda lakukan, maka saat anda browsing, anda tak perlu lagi takut adanya tracker dari situs atau ad serve yang mencatat kegiatan browsing anda, anda juga bisa mengurangi “gangguan” iklan yang sering muncul saat anda browsing :)

5. Manfaatkan fitur Compatibility viewer

Memang Microsoft mengklaim bahwa Internet Explorer 8 memiliki tingkat kompatibilitas yang tinggi terhadap tampilan website, namun dengan begitu banyaknya website di seluruh dunia dengan jutaan developer yang berbeda dan dibuat daam kurun waktu yang berbeda pula, maka tidak menutup kemungkinan suatu tampilan web site tertentu akan “rusak” saat dibuka menggunakan IE8 ini, untuk mengatasi incompatible tersebut, maka anda bisa menggunakan fitur Compatibility viewer yang bisa anda akses di sebelah kanan address bar.

Klik Icon Compatibility View di sebelah kanan address bar

Klik Icon Compatibility View di sebelah kanan address bar

Cukup klik saja icon tersebut saat anda mendapati suatu halaman website yang tampilannya terasa “aneh”, maka internet explorer 8 akan secara otomatis membukanya dengan fitur compatibility viewer agar tampilan website tersebut tidak menjadi “aneh” lagi :)

Untuk Tips optimasi Browser Internet Explorer 8 Selanjutnya, akan saya tulis di posting berikutnya. Semoga membantu..


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • agus sutrisno

    0k juga loh mas tutorialnya. Hatur nuhun sanget