Tips Optimasi Browser Internet Explorer 8 (Bagian 1)

Browser Internet Explorer 8 merupakan browser keluaran terbaru dari Raksasa Software Microsoft yang dibuat oleh microsoft dengan berbagai fitur baru terutama peningkatan keamanan dan kenyamanan dalam surfing dan browsing. Walau terkadang browser ini sering ditinggalkan penggunanya karena terkenal dengan browser yang lemot, namun sebenarnya browser ini memiliki tingkat sekuritas atau tingkat keamanan yang tinggi. Di IE8 ini telah ditanamkan bebearapa add on baru dan beberapa perubahan mode browser untuk menambah tingkat interaktifitas di browser ini. Sebenarnya masih ada banyak fitur baru lainnya yang bisa membuat browser keluaran microsoft ini bisa bekerja dengan optimal.

Optimasi Browser Internet Explorer 8

Optimasi Browser Internet Explorer 8

Bagi anda penggemar dan pengguna browser internet explorer 8 ini, berikut saya bagi tips untuk mengoptimalkan kinerja browser IE8 ini. Agar postingan tidak terlalu panjang, maka tips dan tutorial optimasi ini akan saya bagi menjadi beberapa bagian. Berikut ini tips mengoptimasi Browser Internet Explorer 8 bagian 1:

1. Gunakan Accelerators untuk mempercepat kerja anda.

Accelerator adalah salah satu add on baru di IE8 yang bisa anda gunakan untuk melakukan berbagai perintah berdasarkan teks yang anda blok di halaman website.

Caranya anda cukup blog saja kata di halaman website yang sedang anda buka, maka akan muncul sebuah tanda panah berwarna biru di sebelah kanan bawah kata tersebut, klik tanda itu dan pilih menu yang ingin anda gunakan. Anda bisa mencari kata tersebut di Bing, mentranslate dengan live search dan banyak menu lainnya yang bisa anda pilih. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut ini :

Blog Kata atau Kalimat di Halaman Web dan Klik Icon Panah Biru untuk memilih menu Accelerator

Blog Kata atau Kalimat di Halaman Web dan Klik Icon Panah Biru untuk memilih menu Accelerator

2. Bookmark cukup bagian yang anda perlukan saja dengan Web Slices

Add on lainnya yang ada di IE8 adalah web slice. Dengan web slice anda bisa subscribe informasi hanya di bagian slice halaman yang anda butuhkan saja.

Namun demikian add on ini tidak bisa diterapkan di semua jenis website, karena website pada masa ini jarang yang didesain dengan menggunakan slice enable.

Jika anda mengunjungi halaman web yang didesain dengan mengunakan slice, maka akan muncul sebuah icon web slice tepat disamping icon home. Icon ini juga akan muncul saat mouse berada di atas slice halaman. Anda tinggal klik saja icon web slice tersebut dan klik “add to favorites bar“.

Jika Halaman Web Memiliki Slice, akan mucul icon web slice saat mouse berada di area slice tersebut

Jika Halaman Web Memiliki Slice, akan mucul icon web slice saat mouse berada di area slice tersebut

Setelah anda memasukkan slice favorit anda di favorites bar, maka anda akan bisa melihat update bagian slice yang anda pilih tersebut melalui favorites bar.

Setelah anda Masukkan Favorites Bar, anda bisa memperoleh update bagian Slice tersebut melalui Favorites bar

Setelah anda Masukkan Favorites Bar, anda bisa memperoleh update bagian Slice tersebut melalui Favorites bar

3. Gunakan InPrivate Browsing untuk melindungi jejak Surfing anda.

Secara default, Internet Explorer akan mempermudah anda dengan menyimpan cookies, web history, password, data URL di address bar, Kata pencarian di search box dan yang lainnya untuk mempermudah dan mempercepat kinerja anda saat browsing menggunakan browser ini. Namun ini artinya, jejak – jejak browsing anda akan tercatat dan siapa saja bisa mengambil data – data tersebut secara diam – diam secara online.

Bagi anda yang tidak ingin jejak berinternet anda tecatat dan bisa dicuri oleh orang – orng yang tidak bertanggung jawab, maka anda bisa mengaktifkan fitur InPrivate Browsing milik IE8.

Dengan InPrivate Browsing anda bisa rowsing dan berinternet tanpa meninggalkan jejak sedikitpun sehingga akan tetap aman dan data privasi anda tetap terjaga.

Untuk mengaktifkan InPrivate Browsing ini anda bisa mengaktifkannya melalui menu Safety dan pilih InPrivate Browsing.

Untuk Mengaktifkan InPrivate Browsing, Pilih menu Safety dan Pilih InPrivate Browsing

Untuk Mengaktifkan InPrivate Browsing, Pilih menu Safety dan Pilih InPrivate Browsing

Saat InPrivate Browsing aktif, maka anda akan melihat indikator biru bertuliskan InPrivate di sebelah kiri address bar. Dengan aktifnya InPrivate Browsing ini maka saat anda berinternet tidak akan ada cookies yang tersimpan, cache internet yang tersinpan, web history, password atau username yang tersimpan, jejak kata pencarian yang tersimpan, serta data – data lainnya. InPrivate Browsing akan membuat anda berinternet layaknya Siluman yang tidak diketahui oleh siapapun :)

InPrivate Browsing telah Aktif

InPrivate Browsing telah Aktif

Untuk Tips optimasi IE bagian selanjutnya, silahkan baca di posting berikutnya :)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • maryantoeko

    lumayan buat nambah pengetahuan nih… mo nanya nih, beberapa kali saya onlot software yag ga bisa di resume, apa bisa dijadiin resume yah??? thanks

    • @ maryantoeko : wah g bs mas..coba pake IDM…biasanya bs di resume utk dr beberapa sumber server direct :)

  • agung taufic

    Matur suwun,Pusat Gratis.

  • WESTBORNEO

    PUSAT GRATIS EMANG OK….TRIMA KASIH

    • @ WESTBORNEO : thanks mas..semoga PG bisa bermanfaat :)

  • Pingback: Tips Optimasi Browser Internet Explorer 8 (Bagian 3) | Pusat Gratis()