Tips Menjaga Baterai Laptop Tetap Awet

Notebook atau yang lebih sering dikenal dengan laptop kini tidak lagi menjadi barang yang langka, apalagi bagi mahasiswa maupun para praktisi kerja. Hampir semua orang telah memiliki komputer mobile bertenaga baterai tersebut. Baterai menjadi salah satu bagian yang paling penting dari laptop karena sangat diperlukan jika kamu sedang mobile dan tidak terdapat sumber listrik di sekitar kamu saat itu. Berikut ini tips-tips praktis bagaimana menjaga baterai laptop kamu agar tetap awet dan tidak cepat rusak :

Tips Menjaga Baterai Laptop Tetap Awet

1. Jangan pernah memakai charger sembarangan.

Jika suatu saat charger laptop kamu rusak, jangan sekali2 memakai charger yang tidak kompatibel dengan laptop kamu. Minimal kamu jangan memakai charger dari laptop yang berbeda merk, sekalipun keadaannya sangat darurat. Karena setiap charger dan baterai memiliki karakter arus dan voltase sendiri2. Memakai charger yang tidak kompatibel bisa membuat baterai laptop kamu cepat rusak bahkan bisa panas dan meledak. Jika charger rusak, gantilah dengan charger originalnya.

2. Jangan memangku notebook

Memakai notebook dengan cara dipangku dapat menyumbat lubang ventilasi kipas laptop sehingga laptop dan baterainya menjadi cepat panas. Hal itu diperparah lagi dengan suhu tubuh kita yang juga hangat. Panas yang berlebihan menyebabkan sel-sel baterai notebook kamu menjadi cepat rusak.

3. Selalu cek kebersihan baterai.

Bersihkan selalu debu2 di kontak baterai atau metal2 yang ada, Jangan sampai ada klip kertas atau logam2 lain yang bisa menghubungkan kontak2 tersebut. Jika hal itu terjadi bisa2 laptop dan baterai kamu mengalami hubungan pendek. Bahkan debu yang kecil sekalipun berpotensi membuat konektor metal baterai terkorosi dan berkarat.

4. Jangan memakai notebook diatas karpet atau sofa atau tempat yang lunak lainnya.

Jika ingin memakai notebook di karpet, sofa atau tempat lunak lainnya, pergunakanlah alas yang keras. Karena jika tidak..maka laptop akan mengalami overheating karena ada penyumbatan lubang ventilasi oleh karpet tersebut.

5. Hindari goncangan, tekanan atau benturan keras pada baterai atau laptop.

6. Jangan menaruh laptop di tempat yang panas, seperti di bawah terik matahari dsb.

7. Jangan memakai laptop di tempat yang terlalu lembab atau basah.

Hal yang ditakutkan adalah adanya air yang dapat merusak sirkuit2 baterai dan laptop kamu. Selalu jaga laptop kamu dari air maupun panas yang berlebihan.

9. Jangan terlalu lama mengisi baterai.

Pastikan kamu melepas charger jika baterai sudah penuh. Jangan terlalu lama mengisi baterai jika sudah penuh, apalagi sampai ditinggal tidur, hal itu dapat mempercepat umur sel2 yang ada di dalam baterai notebook kamu.

10. Bacalah manual book secara teliti.

Beberapa merk laptop memiliki aturan khusus berkenaan dengan produk mereka. Bacalah manual book laptop kamu dan pastikan menjadikannya sebagai pedoman pemakaian.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • donjuan313

    makasi infonx mas …share trus newz info .

  • mya

    klau qt make lptop nya sambil ngecharge, meskipun btrae ny dh penuh gmna ?? gpp kan .. ??

    • http://www.pusatgratis.com Eko Puspo

      @ mya : gpp kog..asal jangan terus2an,,nanti baterai laptopnya bs overheat..semoga membantu

  • Zheefaziluutadjah

    Makasii mas, inf0′a brmanfaat sangadt. saiia suka pke lapt0p di ats kasur sambil tiduran, kira2 tu brpgruh burk ga? ((:

  • eska

    ksuwun tipsnya