Tips Mempercepat dan Mengoptimasi USB Drive

Saat ini USB (Universal Serial Bus) merupakan port koneksi standar yang digunakan oleh banyak device untuk terkoneksi ke komputer. Mulai dari USB flashdisk, kamera digital, iPhone, Handphone, hardisk eksternal maupun device lainnya menggunakan USB port sebagai port standar untuk menghubungkan perangkat tersebut dengan komputer.

Secara default, sistem operasi windows mengoptimasi USB drive untuk quick removal atau pencabutan USB Device secara cepat. Ini berarti windows secara default menonaktifkan fungsi write-catching agar USB device bisa dicabut secara langsung bahkan saat lupa menggunakan fitur “safely removal icon”.

USB Port

USB Port

namun tahukah anda jika ternyata matinya fitur write-catching ini membuat performa USB device seperti kecepatan baca, kecepatan copy dan kecepatan akses dari USB device tersebut menjadi lambat? Yup benar sekali..bagi anda yang ingin mengoptimasi kecepatan akses dan performa dari USB drive anda, maka anda bisa mengaktifkan fitur write-catching ini. Berikut ini langkah – langkah mengoptimasi dan mempercepat akses USB Drive anda :
1. Klik Start -> Control Panel
2. Klik System and Maintenance -> System
3. Klik Device manager dan klik continue saat muncul Tab UAC
4. Klik tanda + pada “Disk Drive” yang ada di device manager
5. Klik kanan USB storage device yang muncul dan klik properties
6. Pilih tab Policies
7. Pilih “Optimize For Performance” dan centang “Enable write caching on the disk”
8. Klik OK

Selamat, fitur write-cathing USB drive anda telah aktif dan kecepatan akses USB drive anda telah meningkat dan optimal. Anda tidak perlu khawatir, karena diaktifkannya fitur write-cathing ini sangat aman dan tidak akan merusak USB device anda, namun dengan catatan bahwa sebelum mencabut USB device tersebut, anda harus memutuskan koneksi terlebih dahulu dengan “safely removal icon” atau yang lebih dikenal dengan “safely remove hardware” yang ada di taskbar windows.

Selamat mencoba :)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • kaiser

    untuk win 7 caranya gimana?

    di jawab via e-mail makasih banget

  • vriga

    untuk win7 gimana caranya bang ?..
    nomor 2 ngga ada di win7

  • viscoj

    thanx atas infox bro.trus satu lagi bro saya mnta tlong gimana carax untuk mengaktifkan usb mass storage semuax.karena kemaren ini saya coba tuk mempercepat booting komputer saya tapi sekarang usb koneksix saya tak fungsi semua yg ada dilaptop.kalau dipasang kipas pendingin cuma bntar hidup trus mati.tp tuk yg lain tak apa.tlng komfirmasix n thanx semua.

  • danang

    salam hangat brow…!!!
    semisal saya lupa memutus koneksi/ “safety remove hardware” apa dampaknya bagi komputer/perangkat yg saya tancapkan(semisal flashdisk,modem).
    matur suwun.

    • @ danang : karena koneksi masih terhubung..maka bisa meningkatkan resiko kerusakan device dan menyebabkan pengurangan umur device…bisa juga menyebabkan terjadinya kehilangan data dsb..