Tips Mempercepat Booting Komputer

Terkadang booting komputer kita berjalan dengan sangat lambat. Hal ini biasanya dikarenakan komputer kita memiliki terlalu banyak autoloading program. Hal ini akan menyebabkan terlalu banyaknya proses load program setiap komputer booting atau startup. memang ada beberapa software yang otomatis menjadikan dirinya startup program atau sehingga akan di load setiap komputer baru dihidupkan. Padahal software terebut tidak harus di load saat startup. Anda bisa mematikan autoloader software tersebut secara manual. Saya sendiri hanya meninggalkan antivirus dan beberapa software dasar lainnya di laptop saya. Hal ini memang berdampak signifikan terhadap peningkatan kecepatan komputer saat startup.

mempercepat booting komputer

mempercepat booting komputer

Jika komputer anda booting terlalu lama, mungkin memang terlalu banyak program yang autoloader atau startup program di komputer anda. Untuk mematikannya, berikut ini saya bagi tips dan langkah – langkahnya :

1. Sebelum melakukan apapun, buatlah terlebih dahulu System Restore point. Untuk di windows XP anda bisa memilih Start -> All Programs -> Accecories -> System Tools -> System Restore. Kemudian pilih Create a restore point, klik next dan ikuti wizardnya. Jika anda menggunakan vista, maka anda tinggal klik Start, kemudian ketikkan tempat pencarian sysdm.cpl dan tekan Enter

Ketik sysdm.cpl

Ketik sysdm.cpl

Pada Tab System Protection, Pilih Create

Beri Nama Restore Point

Beri Nama Restore Point

2. Untuk melihat dan mengatur program autoloader atau startup program, klik Start -> Run -> ketikkan msconfig (untuk windows XP) atau Start -> ketikkan msconfigdi kolom pencarian (untuk windows Vista)

Ketik msconfig

Ketik msconfig

3. Pilih program mana saja yang ingin anda hilangkan dari startup program dengan cara menghilangkan centang dan klik apply.

Hilangkan centang program dan klik apply

Hilangkan centang program dan klik apply

Anda bisa menghilangkan program yang menurut anda tidak harus dijalankan di awal komputer dihidupkan. Anda sebaiknya tidak menghilangkan antivirus, firewall, software security, serta driver – driver autoloader karena hal itu memang dibutuhkan untuk selalu berjalan setiap komputer dihidupkan. Untuk program lainnya bisa anda pilih sesuai keinginan anda.

Terkadang ada beberapa program yang muncul lagi di startup program walaupun sudah anda hilangkan. Jika anda mengalami hal ini, kemungkinan ada setting di program tersebut yang bisa anda hilangkan. Misalnya di setting program tersebut ada “launch when windows start” atau “put in system tray” dan sebagainya. Anda harus menghilangkan centang dan menonaktifkannya.

Selain itu lambatnya startup komputer terkadang juga disebabkan oleh registry yang overload dan registry yang corrupt. Untuk memperbaikinya sebaiknya jangan menggunakan software registry cleaner yang sembarangan karena terkadang bisa berakibat buruk dan berbahaya bagi registry anda.Untuk software registry cleaner yang gratis dan bagus, akan saya posting di tutorial berikutnya.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • sadiman

    Pusat gratis menambah wawasan pengetahuan terima kasih

  • kadhek

    Thank’s atas infonya yaaaa…bermanfaat banget…
    Salam Sukses Selalu buat anda…. :)

  • haryo sabrang

    salam jabat erat persaudaraan selalu,,,
    mas eko, matur zoewoen banget atas kiriman software gratisnya scr rutine.
    smg sgla amal kebaikan anda diterima disisi Allah,,,,
    krn manusia yg paling baik adalah yg dpt memberikan manfaat kpd yg lainnya …

  • Pingback: Mempercepat Download | fauzanza

  • iman

    wah wah pada pinter 2 yah boleh dunk aajarii hehe

  • iman

    webnya bagus, jangan lupa ya mampir di website saya.

  • marinadevina

    ditunggu posting selanjutnya !

    yang berguna dan bermamfaat seperti ini !

    Salam dari Marina

  • Cipto

    tanks to siapa saja yang bersedia ngirimin aku modul tentang komputer.