Mengenal Protokol Email : POP Versus IMAP

Pada tutorial yang sebelumnya yaitu Opera Mail : Buka dan Baca Email saat Offline pun bisa, anda sering sekali menemukan kata POP dan IMAP. Apakah sebenarnya POP dan IMAP itu? Apa kegunaannya? Apa perbedaannya? dan mana yang terbaik diantara keduanya? Bagi anda yang belum tahu mungkin muncul pertanyaan semacam itu. Untuk itu berikut ini saya bagikan semua seluk beluk POP dan IMAP, mulai dari pengertian, fungsi, perbedaan hingga mana yang terbaik dari keduanya. POP (Post Office Protocol) dan IMAP (Internet Message Access Protocol) sama – sama merupakan protocol yang bermanfaat saat digunakan untuk mengakses Email pada komputer remote. Perbedaan mendasar antara POP dan IMAP terletak di metode komunikasinya dengan Komputer Remote.

POP versus IMAP

POP versus IMAP

Saat digunakan untuk mengakses email di komputer remote, POP bekerja dengan cara mendownload email ke komputer anda sedangkan IMAP bekerja dengan mensinkronasikan server email dengan komputer anda dengan data email tetap berada di server email kita. Dengan kata lain POP berkomunikasi dengan komputer remote secara satu arah, sedangkan IMAP berkomunikasi dengan komputer remote secara dua arah.

Tentu saja hal ini menyebabkan pemenang antara POP vs IMAP adalah IMAP dimana IMAP akan mensinkronisasikan server email dan komputer remote / device lain secara dua arah yang sebenarnya folder email tetap berada di server email tapi anda bisa mengakses nya secara penuh di komputer remote atau device lainnya. Setiap perubahan yang terjadi di server email akan terdeteksi oleh komputer remote dan akan terjadi penyesuaian atau sinkronisasi untuk menyamakan kondisi keduanya.

Berbeda dengan IMAP, POP hanya akan mendownload folder email ke komputer remote yang kita gunakan dan tidak akan terjadi penyesuaian jika kemudian ada perubahan folder email di email server.

Jika dibandingkan secara detail maka akan terlihat seperti ini :

POP
Email harus didownload terlebih dahulu sebelum ditampilkan sehingga memiliki beberapa kelemahan seperti :
1. Anda harus mendownload lagi dari awal secara berulang – ulang jika menggunakan komputer remote yang lainnya.

2. Hal ini tentu saja menyulitkan anda yang menggunakan Email Client di komputer remote yang berbeda, misalkan saja di rumah dan di kantor.

Terkadang email yang sudah didownload di komputer remote akan terhapus di komputer server tergantung dari setting Email client, jika ini terjadi maka saat anda menggunakan komputer remote lainnya, anda tidak bisa mengakses semua email anda secara penuh.

IMAP
Email masih tersimpan di server email sehingga :
1. Tidak perlu mendownload semua email dari awal jika menggunakan komputer remote lain. Perubahan yang dilakukan di komputer remote satu akan berdampak pada email server dan komputer remote lainnya.

2. Sangat mudah dalam mengidentifikasi Email yang belum terbaca.

3. Sinkronisasi antara server email dan PC remote akan selalu terjadi secara otomatis sehingga yang kita akses di komputer remote adalah kondisi email secara real time yang ada di email server.

———————————————————————————————————————————————

POP
Semua Email dan file Attachment akan terdownload secara menyeluruh saat melakukan cek email dari Email client.

IMAP
Pesan yang didownload hanya pesan yang anda akses saat itu untuk ditampilkan di komputer remote. Lebih praktis, cepat dan hemat waktu.

———————————————————————————————————————————————

POP
Mailbox hanya bisa ditambahkan di komputer remote. sedangkan di server hanya ada satu mailbox yaitu inbox saja.

IMAP
Multiple mailbox bisa ditambahkan di PC remote seperti halnya di email server.

———————————————————————————————————————————————-

POP
Filter hanya dapat dilakukan di komputer remote saja.

IMAP
Filter dapat dilakukan di semua mailbox baik itu di komputer remote maupun di email server.

———————————————————————————————————————————————-

POP
Outgoing Email hanya akan tersimpan secara lokal di komputer remote.

IMAP
Outgoing Email bisa tersimpan secara realtime di email server dan bisa diakses oleh komputer remote manapun menggunakan IMAP.

———————————————————————————————————————————————

POP
Anda hanya mengatur email di komputer lokal saja..saat anda menghapus sebuah email, maka hanya email di komputer remote saja yang terhapus, sedangkan di email server tetap ada dan harus anda hapus secara manual.

IMAP
Anda bisa mengatur email server di komputer remote secara real time. Saat anda mengapus email di komputer remote, maka anda juga telah menghapusnya dari Email server.

————————————————————————————————————————————————

POP
Butuh waktu yang lama untuk reload email dari email server ke komputer remote.

IMAP
waktu reload email jauh lebih cepat dari POP dan sinkronisasi antara email server dan komputer remote akan selalu terjadi secara otomatis saat anda melakukan aktivitas di komputer remote anda.

————————————————————————————————————————————————-

Tidak semua penyedia Email gratisan memberikan fitur POP dan IMAP secara gratis. Yahoo mengharuskan kita membayar $19,99 per tahun jika kita ingin menggunakan fitur POP miliknya. Namun Google berani memberikan fitur POP dan IMAP sekaligus secara gratis kepada penggunannya, dan tentu saja fitur IMAP gratis inilah yang harus anda manfaatkan karena lebih menguntungkan.

Semoga informasi sederhana ini bermanfaat dan bisa membuat kita bisa memanfaatkan secara maksimal setiap hal gratis yang kita temukan di internet :)

Best Regards

EKO PUSPO C Admin PusatGratis

© Original Tutorial By EKO PUSPO C


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini