Inilah 7 Tips Aman untuk Membuat Password

Berbagai macam ancaman yang berkaitan dengan keamanan ketika kamu sedang menjelajah di dunia maya sekarang ini memang sudah bukan sebuah hal yang baru. Cukup banyak pengguna internet yang masih menggunakan password yang mudah untuk ditebak, baik itu akun email maupun akun media sosial lainnya.

Tak sedikit pengguna yang bahkan memiliki password yang sama dan digunakan untuk beberapa akun di internet. Jika kamu salah satu pengguna tersebut, ada baiknya kamu sedikit waspada karena tidak menutup kemungkinan kamu akan menjadi sasaran orang iseng yang memanfaatkan sisi tersebut.

Inilah 7 Tips Aman untuk Membuat Password

Untuk dapat menjaga keamanan informasi serta identitas milikmu di dunia maya, berikut ini ada 6 tips cara aman untuk membuat password yang dapat kamu terapkan dan kamu pergunakan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan berkaitan dengan keamanan password milikmu di dunia maya.

1. Buat jumlah karakter password yang panjang

Umumnya beberapa situs merekomendasikan password minimum terdiri dari 8 karakter 12, namun jika memungkinkan ada baiknya kamu membuat password terdiri dari 12 hingga 14, bahkan 25 karakter bila perlu.

2. Pergunakan kombinasi antara huruf dan angka

Kombinasi antara huruf dan angka dalam sebuah password merupakan salah satu alternatif terbaik untuk mengukur kuat tidaknya sebuah kombinasi password. Disini kamu bisa mensiasatinya dengan menggunakan huruf besar dan kecil, bila perlu kamu tambahkan simbol seperti tanda tanya dan tanda seru. Seperti contohnya, “pusatgratisNo1!” yang tentunya lebih kuat bila dibandingkan dengan “pusatgratis123”.

Inilah 7 Tips Aman untuk Membuat Password

3. Kurangi penggunaan kata-kata umum

Meski password milikmu sudah menggunakan kombinasi antara angka dan simbol, namun beberapa program atau tool tertentu sudah dapat menebak sebuah password melalui database yang sudah memiliki bermacam-macam kata umum yang sudah tersimpan.

Untuk mensiasati hal seperti ini kamu dapat menyisipkan angka-angka diantara huruf. misalnya, “pusat123gratis456!”. Atau cara lain yaitu dengan membuat sebuah singkatan dari suatu kalimat yang sudah kamu hafal sebelumnya, contohnya seperti “PGTDSG” singkatan dari “pusatgratis tempad download software gratis”.

4. Mengganti angka menjadi huruf dan sebaliknya

Kamu bisa mensiatasi dan menerapkan opsi ini semisal seperti mengganti angka 0 sebagai pengganti huruf O, atau mengganti huruf S dengan simbol mata uang Dollar atau angka 5, dan lain-lain sesuai dengan angka dan simbol favoritmu agar mudah pula kamu mengingatnya.

Inilah 7 Tips Aman untuk Membuat Password

5. Jangan gunakan kata yang mudah ditebak

Hal ini adalah hal paling mendasar untuk diketahui setiap pengguna internet, bahwa sebaiknya tidak menggunakan password dengan nama atau angka yang bersifat personal dan umum, seperti nama pasangan, nama anak, tempat lahir, dan tanggal ulang tahun. Karena beberapa info tersebut amat sangat mudah diperoleh saat ini melalui jejaring sosial dan media lain.

6. Gunakan password yang berbeda-beda untuk setiap akun

Salah satu hal efektif lainnya untuk menghindari orang lain dapat dengan mudah mengakses akun-akun milikmu adalah dengan menggunakan password yang berbeda pada tiap akun, akan sangat berbahaya apabila kamu hanya menggunakan satu password saja untuk satu akun.

Dan jika kamu terkendala oleh masalah seperi mudah lupa atau tidak ingin repot mengingat semua password, kamu bisa menggunakan bantuan beberapa perangkat lunak yang sudah terpercaya untuk memanajemen password, contohnya seperti Keepass dan Lastpass

Inilah 7 Tips Aman untuk Membuat Password

7. Memeriksa kekuatan dari kombinasi password

Setelah beberapa cara diatas kamu terapkan, langkah paling ampuh adalah memeriksa kekuatan dari kombinasi password yang sudah kamu buat tadi melalui layanan online seperti password checker. Sebagai contohnya kamu bisa menggunakan layanan password checker milik Microsoft dibawah ini dan mengetahui, seberapa kuatkah kombinasi password milikmu tersebut.

Password Checker: https://www.microsoft.com/en-gb/security/pc-security/password-checker.aspx

 

Dengan memperhatikan serta mempertimbangkan tips-tips yang ada diatas, mudah-mudahan disini kamu dapat menerapkan pada saat kamu mendaftar sebuah situs yang dianggap penting, atau mungkin berfikir untuk mengganti atau merubah password dari email maupun akun lain milikmu dengan password atau kata sandi yang lebih kuat.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini