Fitur Pencarian Google yang Mungkin Jarang Kamu Gunakan

Tahukah kamu bahwa sebenarnya Google memiliki fitur pencarian yang luar biasa, dan kamu amat jarang menggunakannya? PG yakin kamu jarang meluangkan waktu untuk mengutak-atik fitur-fitur pencarian yang ditawarkan Google. Padahal dengan memanfaatkan fitur-fitur ini, maka kamu akan bisa mencari suatu topik atau tema tertentu dengan lebih cepat dan terfokus. Wow!

Fitur Pencarian Google yang Mungkin Tidak Sering Kamu Gunakan

Oleh karena itu, berikut ini PG akan membahas fitur-fitur pencarian yang seakan terlupakan. Dengan memanfaatkan fitur-fitur ini, maka PG yakin kamu bisa meningkatkan akurasi pencarian kamu ke tingkatan yang jauh lebih spesifik!

 

1. Menyaring Pencarian berdasarkan Kriteria tertentu

Fitur Pencarian Google yang Mungkin Tidak Sering Kamu Gunakan

Masukkan subyek atau kata tertentu yang ingin kamu cari definisinya atau juga kabar terkait tentangnya, maka kamu akan mendapatkan opsi terdekat dengan kata yang kamu tuliskan di mesin pencari. Kemudian jika kamu ingin mempersempit rentang pencarian, maka kamu tinggal klik pada tombol “Alat Penelusuran”. Kamu akan mendapatkan empat opsi, yaitu Web, sembarang waktu, semua hasil, dan nama kota tempat kamu tinggal. Dengan memanfaatkan opsi ini, kamu bisa mempersempit rentang pencarian untuk mendapatkan berita yang diinginkan.

 

2. Menspesifikkan pencarian terhadap konten

Fitur Pencarian Google yang Mungkin Tidak Sering Kamu Gunakan

Kamu bisa memperoleh konten yang lebih spesifik dengan mengklik tombol “lainnya”. Maka kamu akan mendapatkan opsi berita, buku, blog, diskusi, aplikasi, dan paten. bila kamu mengklik salah satunya, maka kamu akan mendapatkan sumber secara spesifik tentang tema yang ingin kamu angkat.

 

3. Mencari Aplikasi Gratisan

Fitur Pencarian Google yang Mungkin Tidak Sering Kamu Gunakan

Apakah kamu pengguna Android atau seorang pengguna Windows yang ingin mendapatkan aplikasi gratisan? Jika demikian, kamu ada peluang mendapatkan aplikasi gratis dengan memanfaatkan opsi di Google. Kamu cukup klik “lainnya” lalu pilih “Aplikasi”. nah, kamu akan mendapatkan tawaran berbagai situs yang menawarkan software Android atau Windows secara gratis.

 

4. Membahas Tema tertentu secara interaktif

Fitur Pencarian Google yang Mungkin Tidak Sering Kamu Gunakan

Mendengar kata interaktif, seperti apakah bayangan kamu? Apakah kamu membayangkan membahas tema tertentu dengan banyak orang? Hmmm, memang bisa demikian. Tapi bila kamu sendirian, ada bagusnya kamu ikut diskusi tertentu yang bisa kamu dapatkan dari Google. Caranya kurang lebih serupa, yaitu tekan tombol “Lainnya” dan pilih diskusi yang kesannya keren.

 

5. Mencari Buku Referensi yang diinginkan

Fitur Pencarian Google yang Mungkin Tidak Sering Kamu Gunakan

Bila kamu tengah mencari buku sumber untuk penulisan skripsi atau makalah ilmiah, maka kamu bisa memanfaatkan fitur ini. Kamu tinggal menuliskan judul lalu klik kata “Lainnya”, maka kamu akan mendapatkan judul buku yang dekat dengan kata yang kamu tuliskan.

 

6. Menggunakan Google sebagai Kamus atau sumber referensi

Fitur Pencarian Google yang Mungkin Tidak Sering Kamu Gunakan

Memang mengetikkan frasa atau kata tertentu sudah cukup. Tapi bila kamu ingin agar definisi yang kamu peroleh lebih valid, maka kamu bisa mengklik opsi “Lainnya” pada interface mesin pencari Google, lalu klik “Website”, maka kamu akan mendapatkan informasi yang kamu inginkan tentang sesuatu secara lebih spesifik.

 

7. Mencari Berita Aktual

Fitur Pencarian Google yang Mungkin Tidak Sering Kamu Gunakan

Rilis ponsel terbaru, keluarnya OS Android baru, dan banyak berita lagi bisa kamu ikuti dan kamu bisa mendapatkannya dengan cara mengklik opsi “Lainnya” dan kemudian memilih “berita”. Dengan cara ini, maka kamu akan mendapatkan berita terbaru terkait dengan tema atau frasa yang kamu ketikkan pada mesin pencari. Peluang kamu untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap akan sangat terbuka disini.

Bagaimana? Apakah kamu sering menggunakan fitur pencarian Google tersebut? PG yakin tidak banyak diantara kamu yang memanfaatkannya. Tapi ingatlah, ketika kamu memerlukan referensi yang spesifik sesuai dengan berbagai keadaan yang disebutkan PG pada pembahasan fitur pencarian Google di atas, maka jangan ragu untuk memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan oleh mesin pencari ini. Pada akhirnya kamu bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai tema tertentu.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini