Fitur Baru Facebook: Memperingatkan dan Menyembunyikan Komen Spam

Kalau sedang membuka Facebook, rasanya pasti kesal bila mendapatkan pesan-pesan berbau spam seperti: “Mau BlackBerry yang keren, kunjungi toko ini”, “Bingung pilih-pilih baju? Akun ini punya banyak pilihan!” dan sebagainya. Terlebih lagi disertai foto-foto aneka macam barang yang memenuhi akun kita. Huffffh…

Terkadang pesan spam semacam ini justru berasal dari teman-teman kita yang terkena auto tag dari akun-akun penjual yang mempromosikan dagangannya (Hayo, siapa yang pernah mengalami hal seperti ini?).

Sebetulnya teman kita juga tidak bisa disalahkan karena mereka terkadang tidak tahu bahwa mereka ‘mengirim’ pesan tersebut kepada kamu (karena auto-tag) tadi. Jadi memang kita perlu memberitahu mereka.

Fitur Baru Facebook: Menyurati dan Menyembunyikan Komen Spam

Sekarang Facebook memiliki fitur untuk menyembunyikan (hide) pesan semacam itu serta memungkinkan kita mengirim pesan kepada teman kita yang mengirimkan pesan tersebut (meskipun tidak sengaja). Fitur ini juga bisa kita gunakan bila ada ‘teman’ kita yang suka mengirim pesan-pesan dengan bahasa yang tidak nyaman untuk dibaca. Menyebalkan sekali memang. Tapi kini dengan memanfaatkan fitur Facebook sebagaimana dikatakan PG di atas, kita dapat mengatasi hal tersebut.

Sekarang kita praktekkan bersama-sama. Arahkan kursor mouse pada komentar yang tidak kamu kehendaki. Maka akan keluar pesan “Hide as Spam” tepat di atas tanda silang (x). Bila kamu klik tombol silang (x) ini, maka pesan tersebut, akan tersembunyi secara otomatis.

Fitur Baru Facebook: Menyurati dan Menyembunyikan Komen Spam

Seperti yang kamu saksikan, akan muncul pesan: “This Comment is Hide as a Spam”. Untuk tindak lanjut, kamu bisa melakukan beberapa langkah moderasi, yaitu:

  1. Membatalkan menyembunyikan pesan tersebut. Klik “Undo”
  2. “Report it as Spam”, berarti kamu melaporkan orang yang pesannya kamu klik tersebut kepada Facebook, sehingga memungkinkan orang tersebut untuk di-banned ID-nya.
  3. “Block this Person”, berarti kamu tidak melaporkan orang tersebut, tapi akibatnya orang tersebut (dengan menggunakan ID yang sama) tidak akan lagi terlihat di Timeline kamu.
  4. “Give Feedback”, ini berarti kamu bisa mengirimkan pesan kepada orang tersebut untuk mempertanyakan, kenapa mengirim pesan berbau spam ke Timeline kamu. Nah, ini sekaligus akan memberitahu teman kamu bila misalnya dia tidak bermaksud untuk melakukan spam pada Timeline kamu.

Fitur Baru Facebook: Menyurati dan Menyembunyikan Komen Spam

Bila opsi “Send Feedback” yang kamu pilih, maka kamu akan mendapatkan kolom pesan seperti berikut ini. Kamu bisa memberi tahu temanmu bahwa ID Facebooknya mengirimkan pesan spam pada ID kamu dan meminta dia untuk memperhatikan hal tersebut. Bila spam tersebut diluar kesengajaan, maka teman kamu pasti akan meminta maaf dan berupaya untuk meneliti hal yang menjadikan pesan spam tersebut muncul.

Fitur Baru Facebook: Menyurati dan Menyembunyikan Komen Spam

Nah, dengan memanfaatkan fitur Facebook yang baru ini, kamu bisa menangkal spam yang muncul di Timeline kamu, sekaligus juga kamu bisa memberitahu teman kamu bila ternyata ia tidak sengaja melakukan hal tersebut. PG yakin dengan memanfaatkan tips ini maka Timeline kamu akan jauh lebih bersih dari aneka spam.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini