Cara Praktis Berbagi File dengan Dropbox

Steve Jobs pernah menyatakan bahwa Cloud Computing merupakan masa depan dunia komputer. Sayang kali ini ia disalip oleh Bill Gates yang dengan Windows 8 karya Microsoft terintegrasi secara luar biasa dengan Cloud. Di level persaingan Cloud storage, Apple juga harus menyerah pada Dropbox yang terbukti lebih populer.

Dropbox memang memiliki aneka manfaat, bahkan PG pernah mengulas 5 tips menggunakan dropbox untuk proyek penulisan. Namun masih banyak teman PG yang menganggap bahwa berbagi file menggunakan Dropbox itu ribet dan memerlukan banyak langkah dan prosedur. Misalnya, agar aman, harus ditempatkan terlebih dahulu dalam folder share. Melalui artikel kali ini, PG akan mengulas bahwa berbagi file dengan dropbox tidak seribet itu, bahkan amat mudah sekali!

Cara Praktis Berbagi File dengan Dropbox

Mungkin dulu memang kamu perlu memasukkan file yang ingin kamu bagikan terlebih dahulu ke folder share, kemudian memberikan link agar teman kamu bisa mendownload file tersebut. Namun seiring perkembangannya, dropbox menjadi semakin praktis sehingga kamu bisa berbagi file dengan sangat mudah kapan saja dan dimana saja menggunakan dropbox.

PG akan mencontohkan bila kamu ingin berbagi foto yang ada di folder Camera Uploads kamu ke teman kamu yang lain. Kamu cukup memilih foto mana yang ingin kamu share, lalu klik pada “Share Link”

Cara Praktis Berbagi File dengan Dropbox

 

Dropbox akan melakukan proses sehingga akhirnya menawarkan kamu untuk berbagi lewat email, Facebook, atau Twitter. Kamu bahkan bisa memberikan pesan tertentu untuk foto atau file yang ingin kamu bagikan tersebut.

Cara Praktis Berbagi File dengan Dropbox

 

Dropbox bahkan terintegrasi langsung dengan Facebook, terbukti bahwa kamu cukup mengetikkan nama akun Facebook teman kamu, maka Dropbox akan langsung menyajikan pilihan untuk melampirkan foto tersebut pada pesan yang akan kamu kirim lewat akun Facebook.

Cara Praktis Berbagi File dengan Dropbox

 

Selain itu, kamu juga bisa mengkopi paste link atau tautan dari file atau foto kamu untuk diberikan kepada teman.  Namun bila kamu tidak ingin file tersebut terus menerus terbuka dan terekspos, maka kamu bisa menghapusnya dengan klik lambang gear di dialog box dropbox kamu, lalu memilih opsi “Remove Link”. Maka link yang menuju foto atau file kamu akan hilang.

Cara Praktis Berbagi File dengan Dropbox

Mudah sekali bukan? Siapa bilang berbagi file lewat dropbox itu sulit. Bahkan saat ini dengan berbagai kemudahan Cloud Computing serta tawaran ruang yang disediakan, kamu bisa memanfaatkan dropbox sebagai penyelamat bila kamu memerlukan file tertentu milik kamu sedangkan kamu tengah terlupa membawa flashdisk yang berisi file tersebut!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Numpang Liwat

    gan, bisa gk kirim foto ke facebook teman via gmail atau yahoo, mohon bantuan infonya gan, trims sebelumnya

  • Dzaky Dewan

    Makasih, sangat berguna, walaupoun aku belum paham benar

  • thanks buat tutornya gan,, sangat bermanfaat… http://goo.gl/NQSzZm

  • makasih banyak buat infonya gan,,, http://goo.gl/ayK8bh

  • gan kalo ngeshare film bisa gk??

    tolong jawab ya gan

    • san

      bisa ane pernah, share 700MB bisa.. tapi si penerima harus download, ga bisa watch online.. preview nya cuman untuk 15 menit