Cara Mudah Menyertakan Font Saat File Microsoft Word Disimpan

Pernahkan kamu mengalami sebuah kejadian dimana lembar kerja Microsoft Word milikmu tidak dapat menampilkan tulisan atau hasil kerja dikarenakan pada komputer yang kamu gunakan untuk membuka lembar kerja tersebut tidak memiliki atau belum terinstall sebuah font yang digunakan oleh orang yang membuat tulisan tadi.

Apabila kamu kerap kali mengalami kasus seperti diatas, ada baiknya kamu mengaktifkan sebuah pengaturan untuk menyertakan font yang digunakan saat membuat lembar kerja pada file yang disimpan. Pada Microsoft Word, pengaturan sederhana ini bernama “Embed fonts in the file”.

Cara Mudah Menyertakan Font Saat File Microsoft Word Disimpan

Untuk mengaktifkan pengaturan tersebut, kamu bisa mengikuti beberapa langkah singakat berikut ini, untuk kali ini PG mengaktifkan pengaturan tersebut pada Microsoft Word 2007 milik PG.

1. Silahkan langsung saja kamu klik tombol start Microsoft Word milikmu dan masuk pada pilihan “Word options“.

Cara Mudah Menyertakan Font Saat File Microsoft Word Disimpan

 

2. Setelah masuk pada jendela “Word options”, langsung saja kamu menuju menu “Save”. Pada bagian paling bawah dapat kamu lihat pilihan “Embed fonts in the file”, silahkan kamu centang pilihan tersebut untuk mengaktifkannya. Mudah bukan?

Cara Mudah Menyertakan Font Saat File Microsoft Word Disimpan

Selain mengaktifkan pengaturan “Embed fonts in the file”, disini PG juga mencentang pilihan “Do not embed common system font” yang berarti sebuah dokumen yang akan di save atau disimpan nantinya tidak akan ikut menyertakan font umum yang sudah ada pada sistem kedalam file tersebut apabila font itu sudah ada atau yang sudah menjadi font default pada Microsoft Word, contohnya seperti font Times New Roman, Arial dan sebagainya.

Cara Mudah Menyertakan Font Saat File Microsoft Word Disimpan

Dengan mengaktifkan pengaturan ini, kamu akan sekaligus menyimpan font yang kamu gunakan sewaktu membuat dokumen di Microsoft Word dan tentu saja manfaat yang didapat adalah dokumen tersebut dapat dibuka pada komputer lain menggunakan Microsoft Word meskipun pada komputer tersebut tidak terinstall font yang kamu gunakan untuk membuat dokumen tadi.

Dan dengan begitu, kamu tidak perlu lagi mengalami sebuah kasus dimana dokumen kamu tidak dapat terbaca pada komputer lain dikarenakan si penulis menggunakan font yang tidak kamu miliki.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Hadhi

    Langkah ini hanya untuk sebuah file ya?
    Artinya setting yang dilakukan tidak berlaku untuk file selanjutnya, dan kita harus melakukan langkah yang sama untuk sebuah file yang akan disimpan beserta font nya?

  • Ian

    Thank You, ini sangat membantu saya

  • irwandi

    trik yang tidak banyak diketahui orang-orang…thanks PG