Cara Mudah Menambahkan Zona Waktu Berbeda di Windows

Jika kamu sering berada di depan komputer untuk bekerja atau melakukan aktivitas yang lain, pastinya tidak lupa juga kan untuk sesekali melihat jam yang terdapat pada system tray di taskbar komputer. Jam tersebut akan menampilkan zona waktu yang sudah diatur dengan kondisi tempat tinggal kamu, bisa dikatakan hanya menampilkan satu zona waktu saja.

Cara Mudah Menambah Jumlah Zona Waktu di Windows

 

Namun pernahkah kamu sewaktu berjalan-jalan di Pelabuhan, Bendahara dan tempat lainnya yang menampilkan zona waktu dari berbagai belahan dunia? Pasti pernah dan mungkin saja kamu tertarik untuk bisa membuatnya. Jika memang kamu tertarik buat saja di dalam komputer Windows kamu. Memang bisa? Hmm..Tanpa kamu sadari ternyata Windows memiliki kemampuan untuk menampilkan multiple clocks atau petunjuk waktu lebih dari satu. Penasaran? Langsung saja PG akan memberika cara menambah jumlah zona waktu yang berbeda.

Langkah pertama buka pengaturan waktu. Klik Start > Control Panel.

Cara Mudah Menambah Jumlah Zona Waktu di Windows

 

Buka menu Clock, Language, and Region dan klik Date and Time.

Cara Mudah Menambah Jumlah Zona Waktu di Windows

 

Setelah jendela Date and Time terbuka, pindah ke tab Additional Clocks.

Cara Mudah Menambah Jumlah Zona Waktu di Windows

 

Di dalam tab Additional Clocks kamu akan diberi dua pilihan untuk mengaktifkan zona waktu. Jika kamu menggunakan kedua opsi tersebut, centang keduanya pada Show this clock. Kemudian tentukan secara bergantian zona waktu yang ingin kamu tampilkan nantinya. Jika sudah, beri nama jam sebagai penanda  zona waktu bagian tersebut. Untuk mengakhiri pengaturan tekan Apply dan OK.

Cara Mudah Menambah Jumlah Zona Waktu di Windows

 

Dan yang terakhir kamu bisa melihat hasilnya dengan menge-klik petunjuk waktu yang terdapat di pojok kanan bawah taskbar Windows kamu. Jika berhasil maka akan terlihat tiga zona waktu berbeda sesuai dengan yang sudah kamu atur tadi.

Cara Mudah Menambah Jumlah Zona Waktu di Windows

Penambahan multi clocks pada Windows bisa kamu manfaatkan untuk kepetingan bisnis jika kamu mempunyai client dari luar negeri yang ingin berkomunikasi dengan kamu, atau mungkin kamu hanya ingin mengetahui perbedaan zona waktu di berbagai belahan dunia. Bagaimana sangat mudah bukan membuatnya? Kini kamu tidak lagi harus menghitung perbedaan waktu secara manual. Semoga bermanfaat :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini