Cara Menjaga Identitas Online Kamu di Internet dengan Perlindungan Berlapis

Di zaman sekarang, bukan hal yang asing lagi untuk berinteraksi di dunia maya. Di Twitter, Facebook atau Forum, banyak yang berinteraksi secara sosial. Selain itu banyak yang memanfaatkan teknologi internet untuk berbisnis dan melakukan berbagai aktivitas tertentu. Kali ini, PG membahas tentang pentingnya menjaga privasi kamu di Internet dalam hal-hal tertentu. PG sarankan bookmark artikel ini dan bagikan kepada teman-teman karena PG yakin akan sangat bermanfaat!

Ada tiga lapisan identitas sosial online: publik, kelompok, dan pribadi. Banyak orang yang tidak tahu bagaimana memisahkan ketiga lapisan identitas yang berbeda ini.

Contoh utamanya adalah informasi bank. Semestinya kamu menggunakan alamat email berbeda dan menggunakan identitas tersendiri yang harus benar-benar kamu jaga privasinya. Kalau perlu teman dekat kamu tidak perlu tahu, yaitu untuk akun bank, kartu kredit, PayPal, dan akun online lain terkait uang. Alamat email ini harus dipisahkan, jangan dipakai untuk hal lain. Jangan mempublikasikannya dan jangan bagikan dengan orang lain!

Nah, itu yang PG maksud dengan identitas pribadi. Berikutnya adalah identitas kelompok – hanya untuk keluarga, teman, dan kelompok kecil. Dan berikutnya adalah sisi publik kamu. Identitas kamu yang ditampilkan ke masyarakat luas. Jadi, kamu seolah membangun tiga lapisan identitas.

Sekarang PG akan membahas bagaimana melindungi identitas online kamu

Cara Menjaga Identitas Online Kamu di Internet dengan Perlindungan Berlapis

 

Amankan Alamat Email Kamu

Mulai sekarang, gunakan alamat email khusus yang tidak kamu bagikan kepada orang lain dan gunakan untuk mengurus akun keuangan seperti bank, kartu kredit, dan lain-lain. Jangan sampai alamat email ini terkena spam, karena memungkinkan kamu untuk di eksploit oleh hacker, yang mana akan membahayakan keuangan kamu.

Pakai Email Ganda untuk Melindungi Identitas Kamu

Memang akan sangat bagus memiliki alamat email publik yang kamu gunakan untuk segala sesuatu. Banyak sistem email seperti Gmail memungkinkan kamu memiliki dua akun dengan satu nama.

Nama Login

Teknik lain adalah untuk menggunakan nama login yang sama di semua sistem di seluruh dunia, serta memiliki alamat email yang mirip dengan username yang kamu gunakan untuk login, akan tetapi disarankan dengan password yang berbeda. Di situs terbuka manapun, akan bagus untuk menggunakan gambar yang sama dan profil yang serupa.

Usahakan info profil, logo, dan foto atau gambar serupa di seluruh jaringan kamu. Dalam hal ini, jika kamu mencari namamu sendiri, maka kamu akan melihat semua situs yang menggunakan profil kamu. Akan mudah untuk mengenali bila ada yang memakai logo atau gambar kamu dan berpura-pura untuk menjadi kamu. Jadi untuk situs publik dan sosial, gunakan alamat email yang sama untuk registrasi, gunakan gambar yang sama, dan kontak yang sama. Konsistenlah dalam hal ini.

Hati-hati dengan Pertanyaan Keamanan (Security Questions)

Sekarang semua situs (terutama email) memiliki ‘pertanyaan keamanan’ seperti misalnya di kota manakah kamu lahir. Nah, jangan menjawab pertanyaan ini dengan keadaan kamu secara nyata. Karena bisa jadi orang yang mengenalmu dengan baik memanfaatkan celah ini, dan berupaya mengambil akun email kamu. Jadi jawab saja, “Di kota manakah kamu lahir?” “Timbuktu”

Sebagai langkah tambahan, kamu bisa menggunakan layanan perlindungan privasi dan menginstall software privasi internet. Misalnya saja Steganos Privacy Suite, PC Tools Privacy Guardian, atau software privacy lainnya. Sayangnya, banyak dari software privacy security ini yang merupakan software berbayar.

Nah itu tips yang bagus bagi kamu untuk menghindari seseorang memanfaatkan identitas kamu, juga berusaha untuk mencuri akun kamu yang berhubungan dengan finansial – karena akhir-akhir ini, kemudahan bisnis di internet menjadikan banyak orang, mungkin termasuk kamu, terlibat di dalamnya. Selamat menjelajah dunia maya!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini