Cara Mengatur Jumlah Software yang Ditampilkan Pada Start Menu

Saat kamu selesai melakukan installasi sebuah software di Windows, maka secara otomatis kesemua daftar shortcut software tersebut akan muncul juga pada start menu. Dan alasan sebagian orang membuka start menu karena mungkin mereka tidak menemukan shortcut software di desktop. Namun karena keterbatasan ukuran, jumlah software yang terlihat pada start menu utama hanyalah berjumlah sepuluh, lantas bukan berarti kita tidak bisa menentukan jumlahnya. Mudah sekali kok!

Cara Mengatur Jumlah Software yang Ditampilkan Pada Start Menu untuk Pemula

Nah..Bagi kamu yang baru saja menggunakan komputer Windows khususnya Windows 7, dan mungkin masih merasa kebingungan untuk dapat menentukan jumlah software yang di tampilkan pada start menu, tenang saja kali ini PG akan memberikan cara singkatnya.

Oke, langsung saja. Sebelum kamu merubah jumlah software yang muncul, tidak ada salahnya jika kamu melihat dahulu software pada start menu dan di hitung jumlahnya. Agar kamu bisa mengetahui perubahan nantinya. Setelah itu arahkan cursor pada taskbar dan klik kanan, pilih menu Properties.

Cara Mengatur Jumlah Software yang Ditampilkan Pada Start Menu untuk Pemula

 

Maka akan terbuka jendela baru dari Taskbar and Start Menu Properties. Ganti tab menjadi Start Menu dan kemudian klik tombol Customize.

Cara Mengatur Jumlah Software yang Ditampilkan Pada Start Menu untuk Pemula

 

Langsung saja arahkan cursor ke bagian bawah jendela. Terlihat ada dua opsi dari start menu size, namun kali ini gunakan opsi yang pertama saja Number of recent program to display. Pada bagian kanan, terlihat angka yang menunjukkan jumlah dari program yang muncul. Ganti nilainya sesuai yang kamu inginkan, semakin tinggi maka akan semakin banyak pula program yang muncul pada start menu utama. Klik OK.

Cara Mengatur Jumlah Software yang Ditampilkan Pada Start Menu untuk Pemula

 

Setelah itu kamu akan dibawah kembali pada jendela sebelumnya. Jangan terburu-buru untuk langsung menutup jendela ini, namun terlebih dahulu kamu klik tombol Apply dan OK untuk menyetujui perubahan tadi.

Cara Mengatur Jumlah Software yang Ditampilkan Pada Start Menu untuk Pemula

 

Nah..Sekarang coba dengan membuka start menu untuk mengetahui hasil perubahannya. Hitung jumlah dari program untuk memastikan bahwa program telah bertambah atau berkurang.

Cara Mengatur Jumlah Software yang Ditampilkan Pada Start Menu untuk Pemula Cara Mengatur Jumlah Software yang Ditampilkan Pada Start Menu untuk Pemula

 

Bagaimana, mudah bukan? Secara dafault Windows hanya akan menampilkan daftar software dengan jumlah sepuluh saja, namun sekarang kamu bisa untuk menentukan sendiri jumlahnya apakah kamu ingin menambah atau mengurangi jumlahnya. Semoga bermanfaat :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Firman Ajiansyah

    gan punya saya ko ga ada yang muncul cuma icon getting started yang lainnya malah ga ada kosong