Cara Mengambil ScreenShot di Berbagai Sistem Operasi

ScreenShot adalah cuplikan gambar yang diambil dari layar monitor dan yang tampak pada layar itu juga. Kamu pasti pernah bukan melakukan hal yang satu ini, entah itu tugas sekolah, pekerjaan atau hal lainnya. Biasanya hal ini dilakukan untuk menjelaskan apa yang sedang kita lakukan.

Kali ini PG akan memberitahumu bagaimana cara mengambil ScreenShoot dari berbagai Sistem Operasi seperti Mac OS X, Windows, Linux, iOS, Android, dan Maemo 5. Tentu berbagai sistem operasi memiliki cara tersendiri untuk dapat melakukannya dan kali ini PG akan membahasnya satu persatu.

 

Mac OS X

Siapa yang tak tahu mengenai Mac OS X, Mac OS X adalah sistem operasi buatan Apple. Sebelumnya PG juga telah memberikan informasi mengeai perkembangan Mac OS X dari masa ke masa yang patut untuk kamu baca. Sebenarnya untuk melakukan ScreenShot pada Mac OS X sangatlah mudah, ada 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengambil ScreenShot dengan keyboard yaitu:

  • Command+Shift+3 – Untuk mengambil ScreenShot secara full screen
  • Command+Shift+4 – Untuk mengambil ScreenShot di area yang telah kamu pilih
  • Command+Shift+4 – Untuk mengambil ScreenShot di window yang sedang aktif

Setelah kamu mengqambil ScreenShot diatas, secara deafult Mac OS X akan menyimpannya dalam format PNG.

Cara Mengambil ScreenShot di Berbagai Sistem Operasi

 

Windows

Untuk sistem operasi yang satu ini pasti kamu sudah mengetahuinya. Cara mengambil ScreenShot kamu hanya perlu menekan PrntScr pada Keyboard, setelah itu clipboard akan menyimpan sementara gambar yang telah kamu PrintScreen. Untuk mendapatkan gambarnya kamu perlu software bantuan seperti Paint yang telah disediakan oleh Microsoft.

Kamu juga bisa menggunakan software gratis seperti Screencast, Free Screenshot Capture, atau ScreenSnag.

Cara Mengambil ScreenShot di Berbagai Sistem Operasi

 

Linux

Ada banyak cara untuk dapat mengambil ScreenShot pada Linux tidak seperti Windows dan juga Mac OS X, ini dikarenakan Linux mempunyai distro sendiri-sendiri. Misalkan saja Gnome atau Unity, untuk dapat mengambil ScreenShot kamu cukup tekan PrntScr pada keyboard lalu akan ada menu pop up yang muncul memberi tahumu untuk menyimpan gambar hasil ScreenShot. Atau pada Gnome bisa juga kamu temukan aplikasi yang serupa di Applications -> Accessories -> Take Screenshot.

Cara Mengambil ScreenShot di Berbagai Sistem Operasi

Kamu juga bisa menggunakan GIMP pada Linux untuk mengambil ScreenShot.

Cara Mengambil ScreenShot di Berbagai Sistem Operasi

 

Android

Sistem Operasi ponsel yang sedang naik daun tahun ini mempunyai cara berbeda-beda untuk dapat mengambil Screenshot. Jika saja kamu menggunakan Android versi 4.0 atau yang lebih dikenal dengan Ice Cream Sandwich (ICS), sangatlah mudah untuk melakukannya. Kenapa begitu? Karena kamu bisa mengambil ScreenShot hanya dengan menekan Volume Down+Power secara bersamaan. Dengan begitu kamu akan mendapatkan ScreenShot yang bisa kamu lihat digaleri.

Untuk Android versi 2.3 Gingerbread tekan On/Off, ketika menu seperti Silent Mode, Shut Down, Airplane Mode dan Screenshot muncul, pilih Screenshot.

Untuk Android versi 2.2 Froyo tekan dan tahan Home+On/Off secara bersamaan.

Namun banyak ponsel Android yang tidak seperti itu, lalu bagaimana cara termudah agar dapat mengambil ScreenShot pada Android?

Kamu bisa menggunakan Android SDK yang kamu install di komputer, kemudian jalankan DDMS dan hubungkan Androidmu dengan komputer setelah itu pilih Device -> Screen Capture.

Cara Mengambil ScreenShot di Berbagai Sistem Operasi

 

iOS

Untuk mengambil ScreenShot dari iOS sangatlah mudah, kamu hanya tinggal tekan dan lepaskan tombol Home+On/Off saat bersamaan. Jika kamu berhasil maka layar akan berkedip dan disimpan dalam format PNG.

Cara Mengambil ScreenShot di Berbagai Sistem Operasi

 

Kindle Touch

Kindle Touch adalah salah satu ebook reader buatan Amazon yang dioperasikan dengan menggunakan Linux 2.6.26, buat kamu yang ingin mengetahui caranya mengambil screenshot pada Kindle Touch, PG akan memberitahukannya. Caranya sangat mudah sekali tinggal tahan tombol Home selama 3 detik, setelah itu tap di bagian layar mana saja. Kemudian yang terakhir hubungkan Kindle Touch dengan komputer, temukan hasil screenshot di dokumen root dengan format GIF ukuran 800×600 pixel.

Cara Mengambil ScreenShot di Berbagai Sistem Operasi

 

Maemo 5

Maemo adalah software platform yang dibuat oleh Nokia untuk smartphone dan juga tabletnya. Maemo dibuat berdasarkan distro Debian Linux, sekarang smartphone Nokia yang menggunakan Maemo 5 adalah N900, N800 dan N810. Jika kamu salah satu pengguna smartphone Nokia diatas maka PG akan memberitahukan cara ScreenShotnya. Tekan Ctrl+Shift+P maka kamu akan berhasil mengambil gambar pada layarmu yang disimpan dalam format Screenshot-YYYYMMDD-HHMMSS.png yang letaknnya ada di memori internet yaitu Images/Screenshots.

Cara Mengambil ScreenShot di Berbagai Sistem Operasi

 

Apakah kamu mempunyai tips, trik atau cara lain untuk mengambil ScreenShot dari salah satu OS diatas? Jika kamu memilikinya, jangan lupa tinggalkan komentar dibawah ini ya :)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • thepetarung

    ambil screenshot pas booting pake apaan gan??