Cara Mengaktifkan Telnet di Windows 7

Apa yang terbayang di kepala kamu ketika mendengar kata ‘Telnet’? yup.. mungkin untuk sebagian orang awam masih asing bila mendengar kata tersebut, Namun bagi seorang Sysadmin yang setiap hari bergelut dengan dunia komputer jaringan, tools Telnet (selain putty) biasanya menjadi tools favorit mereka.

Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan ( TCP/IP) yang digunakan pada Internet atau Local Area Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks yang dapat berinteraksi dari dua arah (remote) dan menggunakan koneksi virtual terminal. Melalui Telnet, memungkinkan seorang administrator atau user lain dapat mengakses komputer orang lain dari jarak jauh.

Pertanyaannya, kenapa fitur ini harus di aktifkan terlebih dahulu di Sistem Operasi Windows 7? Yup, karena seperti yang PG ketahui bahwa Windows 7 secara default men’disable opsi ‘Telnet Client’, berbeda pada Sistem Operasi Windows XP yang secara umum sudah memiliki fitur ini terpasang (enabled).

Nah, kali ini PG akan share mengenai langkah-langkah mengaktifkan Telnet Client kamu pada Sistem Operasi Windows 7, silahkan di simak.

1. Silahkan masuk ke Control Panel kamu dan klik opsi ‘Appearance anf Personalization’

Cara Aktifkan Telnet di Windows 7

 

2. Setelah masuk silahkan langsung kamu klik tab ‘program’ (di sebelah kiri) dan langsung saja kamu klik opsi ‘Turn Windows feature on or off’.

Cara Aktifkan Telnet di Windows 7

 

3. Setelah kamu klik berikutnya akan muncul dialog box seperti gambar di bawah ini, silahkan kamu scroll down dan centang pada pilihan ‘Telnet Client’.

Cara Aktifkan Telnet di Windows 7

4. Apabila sudah kamu centang, silahkan langsung saja klik ‘ok’ dan tunggu prosesnya hingga selesai. berikut di bawah ini adalah tampilan ‘Telnet Client’ yang sudah dapat kamu akses dengan menggunakan button Windows+R, ketik ‘telnet’ dan Enter.

Cara Aktifkan Telnet di Windows 7

 

Seperti gambar yang kamu lihat di atas, itu berarti bahwa fitur Telnet Client kamu sudah aktif dan dapat segera kamu gunakan, untuk mengetahui perintah penggunaan nya silahkan kamu ketik ‘help’ pada terminal telnet kamu. Selamat bermain-main dengan Telnet.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini