Cara Mengaktifkan Fitur Tersembunyi di Google Chrome

Walaupun browser utama yang saya gunakan adalah Mozilla Firefox, tetapi Google Chrome merupakan browser favorit kedua saya. Hal ini tidak lepas dari cepat dan ringannya Google Chrome ketika digunakan untuk browsing di Internet. Tahukah anda bahwa ada banyak fitur tersembunyi di Google Chrome yang tidak aktif secara default?? Di artikel ini saya akan menunjukkan cara mengaktifkan fitur tersembunyi di Google Chrome tersebut.

Fitur tersembunyi yang dimiliki Google Chrome ini bisa membuat Google Chrome anda lebih cepat, lebih canggih, lebih “beda”, namun bisa juga malah membuat Google Chrome anda menjadi tidak stabil dan mudah crash. Hal ini tidaklah mengherankan karena beberapa dari fitur tersembunyi Google Chrome ini masih merupakan fitur eksperimental.

Dari percobaan yang saya lakukan, mengaktifkan fitur “GPU Compositing on All Pages” dan “Threaded Compositing” membuat proses browsing menjadi jauh lebih cepat dan tampilan website menjadi lebih halus.

Anda bisa mencoba sendiri fitur tersembunyi lainnya dan mengaktifkan yang bagus menurut anda. Caranya bagaimana? Cukup ikuti saja panduan singkat berikut ini :

1. Pastikan anda menggunakan browser Google Chrome versi terbaru. Browser Google Chrome terbaru bisa didownload disini (Offline Installer)

Download Google Chrome Terbaru

2. Buka Google Chrome anda kemudian ketikkan (atau copy + paste) kode ini di address bar

about:flags

3. Tekan Enter dan anda akan dibawa masuk ke halaman fitur-fitur tersembunyi seperti ini

Cara Mengaktifkan Fitur Tersembunyi di Google Chrome

4. Langsung saja Enable fitur-fitur yang anda inginkan dan klik Relaunch Now jika sudah selesai.

Cara Mengaktifkan Fitur Tersembunyi di Google Chrome

Nah..sekarang fitur tersembunyi yang sudah anda aktifkan akan langsung aktif dan bisa digunakan.

Cara Mengaktifkan Fitur Tersembunyi di Google Chrome

Saya hanya mengaktifkan fitur “GPU Compositing on All Pages” dan “Threaded Compositing” karena di percobaan yang saya lakukan, hasilnya bisa mempercepat dan memperhalus proses loading website saat dibuat browsing.

Anda bisa melakukan eksperimen sendiri untuk mendapatkan “racikan” fitur Google Chrome yang paling jempolan sesuai dengan yang anda inginkan. Semoga bermanfaat :)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini