Cara Mendownload dan Menginstall Flash di Android

Pasca ‘dimatikannya’ Flash untuk Android, kamu tidak akan bisa menemukannya lagi di Google Play. Untuk menginstallnya, kamu perlu melakukan beberapa ‘teknik’ khusus seperti yang akan PG jelaskan di artikel ini.

Cara Mendownload dan Menginstall Flash di Android

Sebelum mulai menginstall Flash di Android, perlu kamu ingat bahwa Adobe sudah tidak mensupport lagi Flash untuk Android. Artinya, tidak akan ada jaminan update dan perbaikan jika Flash untuk Android ini mengalami masalah keamanan, stabilitas, dll.

Saran PG sih, jika kamu tidak benar-benar membutuhkan Flash untuk Android, sebaiknya memang kamu meninggalkannya dan merelakan teknologi ini digantikan oleh HTML5.

Tetapi jika kamu memang membutuhkan Flash di Android, ikuti saja panduan menginstall Flash di Android yang sudah PG siapkan berikut ini:

Cara Manual

1. Centang menu “Unknown Sources” yang ada di Settings => Applications (untuk Gigerbread dan Froyo) atau System Settings => Security (untuk Honeycomb atau Jelly Bean)

2. Download file APK Flash Player v11.1.102.59 disini

http://fpdownload.macromedia.com/get/flashplayer/installers/archive/android/11.1.102.59/install_flash_player.apk

NB: Kamu bisa langsung mendownload dari android atau melalui PC.

3. Install file APK tersebut di android kamu. Kamu bisa menggunakan cara super cepat menginstall file APK yang sudah pernah PG bagikan.

Melalui Aplikasi Flash Downloader

Flash Downloader adalah aplikasi yang dibuat oleh MoDaCo, fungsinya..tentu saja hanya memudahkan kamu dalam mendownload dan menginstall Flash di Android.

1. Centang menu “Unknown Sources” yang ada di Settings => Applications (untuk Gigerbread dan Froyo) atau System Settings => Security (untuk Honeycomb atau Jelly Bean)

2. Download dan install aplikasi Flash Downloader

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.modaco.flashdownloader

3. Jalankan Flash Downloader dan aplikasi tersebut akan langsung otomatis mendownload APK dari Flash Player.

4. Setelah APK nya terdownload, install langsung file APK tersebut.

Yup..dengan cara diatas kamu bisa menikmati Flash untuk Android walaupun secara official Flash Android telah dimatikan. Selamat menikmati :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • andy

    Gan, gimana caranya memperbaiki komputer yg tdk menditek mouse. Sdh dicabut Dan dicolok kembali juga tdk bisa, terima kasih at as bantuannya