Cara Agar Kamu Tahu Ketika Ada Orang yang Menggunakan Komputermu

Bagi sebagian orang, komputer layaknya sebuah brankas penting yang tidak ingin diotak-atik oleh orang lain. Disitu ada berbagai file penting tentang pekerjaan, kuliah, dll. Disitu pula tersimpan berbagai file yang bersifat pribadi, semisal foto keluarga, foto pribadi, dll. Namun bagaimana cara kamu bisa tahu ketika ada orang yang menggunakan komputer kamu tanpa ijin? PG punya trik agar kamu bisa memperoleh email notifikasi ketika komputer yang kamu tinggal sedang dinyalakan oleh seseorang. Penasaran bagaimana cara untuk dapat melakukan trik bukan sulap bukan sihir ini? Berikut ini langkah-langkahnya:

Download terlebih dahulu SendEmail, fungsinya untuk dapat mengirimkan email melalui command line SMTP email client. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat dengan mudah mengirimkan email ke server Gmail SMTP.

Download SendEmail

http://caspian.dotconf.net/menu/Software/SendEmail/sendEmail-v156.zip

Setelah mendownload SendEmail, ekstrak zip tersebut.

Ingin Tahu Apakah Komputer Kamu Menyala Saat Kamu Pergi?

 

Kemudian buat Task Scheduler, caranya klik Start, kemudian ketikkan “task scheduler” pada Search dan pilih aplikasi tersebut.

Lalu pilih “Create Task” di sidebar sebelah kanan.

Ingin Tahu Apakah Komputer Kamu Menyala Saat Kamu Pergi?

 

Pada tab General, Isikan kolom Name dan Description sesuai dengan keinginan. Pilih juga “Run whether user is logged on or ot“. Beri Check pada “Do not store password…“.

Ingin Tahu Apakah Komputer Kamu Menyala Saat Kamu Pergi?

 

Kemudian pada tab Triggers klik new trigger, pilih bagian Begin the task dengan “At Log on“. Setelah itu Settingnya pilih “Any User“.

Ingin Tahu Apakah Komputer Kamu Menyala Saat Kamu Pergi?

 

Setelah itu pada tab Action klik create new action. Lalu pada field Action pilih “Start a program” dan pada Program/Script pilih aplikasi SendEmail. Kemudian pada field add argument ketikkan berikut ini:

-f from@gmail.com -t to@gmail.com -u Peringatan: Komputer Sedang Dinyalakan -m Ada orang yang sedang menyalakan komputer! -s smtp.gmail.com:587 -xu from@gmail.com -xp password -o tls=yes

Keterangan:

from@gmail.com, kamu ganti dengan email pengirim yang akan mengirimkan email ketika komputer milik kamu menyala.
to@gmail.com, kamu ganti dengan email kamu yang akan menerima email dari from@gmail.com
Peringatan: Komputer Sedang Dinyalakan, kata-kata ini sebagai subject pengiriman email
Ada orang yang sedang menyalakan komputer!, kata-kata ini adalah isi pesan yang dikirimkan oleh from@gmail.com
password, kamu ganti dengan password email from@gmail.com

Ingin Tahu Apakah Komputer Kamu Menyala Saat Kamu Pergi?

 

Jika kamu menggunakan laptop maka uncheck “Start the task only if the..” pada tab Conditions.

Ingin Tahu Apakah Komputer Kamu Menyala Saat Kamu Pergi?

Terakhir klik OK.

 

Ingin Tahu Apakah Komputer Kamu Menyala Saat Kamu Pergi?

Sekarang kamu akan mendapatkan email ketika sesorang sedang menyalakan komputer yang kamu gunakan. Jadi kalau kamu takut akan terjadi apa-apa pada dokumen penting atau file pribadi kamu, kamu bisa pulang atau menelepon orang dirumah agar komputer kesayanganmu segera diamankan.

Sebelumnya PG juga telah membahas tips dan trik menggunakan Task Schedule seperti Menghidupkan Komputer Mode Sleep Secara Otomatis, Mematikan Komputer Secara Otomatis Tanpa Menggunakan Software dan Mengatur Jadwal Di Komputer Tanpa Menggunakan Software yang juga menarik untuk diikuti :)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini