7 Tips Mengupdate Konten Di Blog

Menulis dan mengupdate konten adalah hal dasar yang wajib dilakukan oleh seorang blogger, karena blog memerlukan konten yang terus menerus dan berkelanjutan. Jika kamu kehabisan ide dalam menulis konten, berikut ini tips dari PG yang mungkin akan membantu kamu:

 

1. Membaca Forum yang Sesuai dengan Topik bahasan di Blog yang kamu Miliki

Tips Mengupdate Konten Di Blog

Selalu bacalah apa yang dibahas disana, terutama tentang pertanyaan-pertanyaan yang didiskusikan di forum tersebut. Cobalah bahas dan jawab pertanyaan – pertanyaan tersebut melalui posting di blog kamu. dan jangan lupa promosikan juga bahwa jawaban pertanyaan tersebut ada di blog kamu, agar anggota forum membuka dan membaca langsung dari blog kamu.

 

2. Utamakan Membuat Konten dari Pertanyaan-Pertanyaan yang Ada

Jika seseorag bertanya tentang suatu hal di dalam bog kamu, maka buatlah jawaban pertanyaan itu menjadi sebuah posting. Dengan begitu blog kamu akan terupdate dengan konten yang sesuai kebutuhan pengunjung. Semakin banyak pertanyaan yang kamu jawab melalui posting, maka akan semakin terupdate posting yang kamu buat.

 

3. Lihat keyword Apa yang Membuat Pengunjung Sering Datang ke Blog Kamu

Tips Mengupdate Konten Di Blog

Bahaslah dengan lebih “dalam” materi – materi yang paling banyak dicari pengunjung di blog kamu. Untuk mengetahuinya kamu bisa melihat melalui referrer log, misalnya saja melalui widget feedjit seperti yang ada di PusatGratis ini.

 

4. Tulis ulang Posting-Posting Lama Kamu yang Menarik

Jika blog kamu sudah berusia lebih dari 1 tahun, maka banyak pengunjung baru yang melewatkan posting – posting lama kamu. Hal itu terjadi secara alamiah, seorang pengunjung akan lebih cenderung membaca posting yang terbaru daripada posting yang sudah lama. Jadi hal yang dapat kamu untuk mengatasinya adalah dengan menuliskan kembali posting kamu yang mereka lewatkan, misalnya saja dengan menulis “10 posting terfavorit tahun 2007” dan isikan dengan link ke posting lama kamu.

 

5. Tulislah Posting Secara Berseri

Tips Mengupdate Konten Di Blog

Teknik blogger ini merupakan teknik yang menggaet pengunjung blog baru maupun lama, dengan begini pengunjung baru atau lama akan penasaran dengan postingan kamu yang berseri. Pengunjung blog akan terus mengunjungi blog kamu dan melihat apakah artikel serial kamu sudah diterbitkan. Jika artikel berseri yang kamu buat terasa menarik, ini akan lebih menguntungkan lagi.

 

6. Baca komentar di blog kamu dan blog yang lain

Komentar dapat menjadi mesin pencipta ide yang efektif, selalu rajinlah membaca komentar di blog kamu dan blog orang lain. Dengan membaca komentar, maka kamu akan mengetahui hal apa yang paling dibutuhkan oleh pengunjung, dan tentu saja bisa kamu bahas menjadi “most wanted content.”

 

7. Buatlah Draft Konten Tiap Awal Minggu

Tips Mengupdate Konten Di Blog

Luangkan satu hari untuk menuliskan beberapa posting dan simpan dalam draft kamu. Tidak masalah jika draft kamu cuma kamu isi dengan judul dan beberapa kalimat saja. Hal itu akan sangat membantu jika kamu ingin menyelesaikan konten tersebut, karena kamu sudah tahu apa yang akan kamu tulis nantinya.

 

Semoga dengan adanya 7 tips tersebut kamu bisa dapat dengan mudah untuk menemukan ide atau gagasan saat kamu sedang posting. Kalau 7 tips diatas benar-benar membantu kamu, silakan share ke teman-teman blogger lain. Jika tidak membantu, kamu bisa meninggalkan tips yang mungkin mambantu di kolom komentar di bawah ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Bagus nih untuk memacu para blogger agar senantiasa menciptakan ide-ide baru dalam setiap tulisannya..

  • arie

    Nice info, makasih ya.. :D Lagi belajar ngeblog nih…