Tips Menentukan Topik Blog yang Menarik

Dalam blogging, posting bisa dibilang merupakan hal yang terpenting. Memang tampilan blog dapat mempercantik dan membuat blog kita lebih menarik, namun bayangkan saja jika kita tanpa sengaja mengunjungi sebuah blog yang desainnya sangat menarik, tetapi ternyata isinya hanya artikel translate yang susah dimengerti. Kita pasti akan tergerak untuk segera menutup browser dan blog tersebut untuk lanjut mencari artikel di blog lain yang lebih bermutu.

Tips Menentukan Topik Blog yang Menarik

Walau pengunjung akan terkagum-kagum dengan desain blog kita yang menarik, namun mereka akan sulit untuk datang ke blog kita lagi jika posting kita kurang menarik. Kamu tentu tidak ingin blog kamu cuma sebagai tempat transit bagi pengunjung khan? Untuk itu pemilihan topik posting sangatlah penting. Berikut ini beberapa tips penting ala PG untuk memilih topik blog yang menarik :

1. Pilihlah topik yang membuat kamu terus semangat posting dan menulis walaupun tidak dibayar.

Hal ini sangat penting, karena tidak banyak blogger yang terus aktif posting dan meneruskan blognya jika ia tidak menyukai topik yang ia pilih. Salah satu indikasi bahwa kamu sangat passion di topik tersebut adalah dengan memastikan bahwa kamu tetap ingin menulis walaupun tidak dibayar oleh siapapun.

2. Pilihlah topik yang paling kamu sukai dan kuasai

Jika kamu suka basket, tulislah basket..jika kamu suka novel..tulislah tentang novel. Pilihan topik yang sesuai dengan hobby yang kamu kuasai akan membuat kamu tidak pernah kehabisan ide untuk berposting.

3. Pilih topik yang saling berkaitan dan tetaplah fokus pada inti topik tersebut

Kamu harus tetap fokus pada topik yang sudah kamu pilih. Jangan tergoda untuk berganti topik yang sedang marak. Karena dengan tetap fokus, maka pembaca akan mendapatkan informasi yang lengkap dan akan datang lagi untuk membaca informasi lainnya seputar topik tersebut.

4. Jangan mengganti topik sebelum kamu berhasil dengan topik tersebut

Memang tren topik yang digemari orang selalu berubah. Tapi saran PG, jangan tergoda untuk mengganti blog kamu dengan blog yang baru sebelum blog pertama kamu sukses dan terkenal. Minimal beri waktu sekitar 6 bulan. Dalam waktu itu, silahkan kamu curahkan 100% kemampuan kamu dan lihat perkembangannya. Jika memang topik tersebut kurang mendorong kamu untuk tetap blogging, silahkan ganti topik yang kamu sukai lainnya.

5. Tulislah posting yang berguna bagi pengunjung dan jangan hal2 yang terlalu pribadi.

Apa menu makanan kamu pagi ini…jam berapa kamu mandi hari ini..berapa kali kamu mandi dalam sehari…atau pergi kemana kamu setelah kuliah kemarin…Hal itu semua jarang membuat pengunjung tertarik, kecuali jika kamu adalah seorang artis atau figur terkenal.
Saran PG tulislah posting yang dapat bermanfaat bagi banyak orang agar mereka mendapatkan manfaat dari informasi yang kamu tulis. Tetapi jangan salah, ada pula lho blogger yang sukses dengan posting diary mereka. Hal itu biasanya karena diary mereka sarat dengan pengalaman yang bermanfaat dan menghibur bagi pengunjung.

6. Tentukan batasan topik kamu, untuk indonesia atau seluruh dunia.

Jika kamu membahas tentang Jakarta, mungkin pengunjung kamu cuma dari jakarta atau indonesia saja. Jika kamu ingin blog kamu dibaca oleh seluruh netter di dunia, maka pakailah bahasa inggris yang baik dan benar dan bahaslah topik yang bisa dinikmati oleh penggunjung dari seluruh dunia.

7. Jangan membuat topik karena ingin mendapatkan uang

Penghasilan tambahan dari ngeblog identik berasal dari banyaknya pengunjung..jadi jangan memaksakan tema atau topik yang tidak kamu sukai walaupun topik itu populer dan menguntungkan. Carilah dahulu pengunjung yang banyak dengan posting yang menarik dan berkualitas sesuai dengan topik yang kamu kuasai. Dengan begitu pengunjung akan banyak dan dengan sedikit sentuhan..uang pun akan mengalir ke blog kamu.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Doni Andriawan

    Emang kalo buat blog caranya dapet uang tu gmn ? Kok ” Jangan membuat topik karena ingin mendapatkan uang ” Emang bs p gk ?

  • Pingback: Blogging dan Internet Marketing()

  • Tio

    Thanks…

  • Pasa Firaya, ST

    Berkunjung dan baca infonya, sukses ya.
    I Like Relationship.

  • Wow keren..hebat neh buat pembelajaran..trima kasih mas..keep share and learn.