Tips untuk Mendapatkan Domain Gratis

Domain merupakan alamat yang menjadi identitas dari situs atau blog yang kita buat. Ada banyak macam jenis domain, .com merupakan domain yang paling populer saat ini. ada juga .net, .co.id, .info, .web.id dsb. Tapi yang menjadi permasalahan adalah semua domain tersebut berbayar alias tidak gratis. Bagi blogger yang sudah memiliki penghasilan mungkin tidak masalah karena harga domain memang sebenarnya tidak terlalu mahal (sekitar 80 ribu per tahun utk .com, .net, .org atau sekitar 50 ribu per tahun untuk .web.id). Namun bagi blogger yang baru mulai belajar ngeblog, membeli domain terkadang bisa menjadi suatu masalah tersendiri.

tips untuk mendapatkan domain gratis

Sebagai solusinya, kamu bisa mendapatkan domain gratis untuk bisa kamu gunakan secara sementara. Kenapa sementara? Ya..karena ada banyak kelemahan menggunakan domain gratis daripada domain berbayar. Misalnya saja, kamu tidak memiliki hak milik atas domain tersebut. Domain tersebut bisa saja hilang atau diambil ketika situs kamu sudah ramai. Kedua, domain tersebut tidaklah benar-benar sebuah domain, tetapi merupakan sub domain yang namanya sangat pendek sehingga seolah-olah merupakan sebuah ekstensi sebuah domain.

Jika kamu merasa oke dengan beberapa kelemahan domain gratis tersebut, berikut ini akan PG berikan beberapa layanan yang menyediakan domain secara gratis.

 

1. dot.tk

tips untuk mendapatkan domain gratis

Layanan ini akan memberikan kamu domain gratis dengan alamat namadomain.tk, nama domain yang cukup cantik dan mudah diingat. Selain menyediakan fitur forwarding, dot.tk juga mendukung fitur pengaturan DNS.

 

2. nl.ae

tips untuk mendapatkan domain gratis

Dengan memanfaatkan layanan ini, kamu bisa mendapatkan domain dengan alamat namadomain.nl.ae. Sayangnya domain ini hanya mendukung url forwarding saja, sehingga setiap pengunjung mengunjungi situs nl.ae kamu, mereka akan langsung diarahkan ke halaman asli dari situs kamu.

 

3. domain.me.pn

tips untuk mendapatkan domain gratis

Layanan ini akan memberikan domain gratis dengan alamat namadomain.me.pn. Tidak hanya domain gratis saja, layanan ini juga menyertakan paket hosting gratis dengan 200 mb disk space, 4GB bandwidth, dan 5 domain me.pn.

 

4. uni.me

tips untuk mendapatkan domain gratis

uni.me menawarkan domain gratis dengan alamat namadomain.uni.me

 

5. freedomain.co.nr

tips untuk mendapatkan domain gratis

Dengan layanan ini, kamu akan mendapatkan domain gratis dengan alamat namadomain.uni.me. Walaupun belum mendukung fitur pengaturan DNS, tetapi co.nr memberikan fitur url forwarding, url cloaking (url masking), serta path forwarding. Kamu juga bisa mengatur favicon sendiri sesuai dengan gambar yang kamu inginkan.

 

6. com.nu

tips untuk mendapatkan domain gratis

Layanan ini memberikan domain gratis dengan alamat namadomain.com.nu. Sama seperti me.pn, com.nu juga menawarkan paket hosting gratis bersamaan dengan domain gratisnya.

 

Itulah keenam layanan yang menawarkan domain gratis. Kamu bisa mengkolaborasikan domain gratis tersebut dengan beberapa hosting gratis yang banyak tersedia di internet. Tetapi sebelum memilih hosting gratisan, pastikan kamu membaca tips PG tentang cara memilih hosting gratis yang baik. PG menyarankan kamu untuk menggunakannya hanya jika kamu sedang belajar, atau membuat project untuk bersenang-senang. Jika kamu membuat project blog/website yang serius, PG sarankan kamu untuk berinvestasi membeli domain berbayar seperti .com, .net, .org (80 ribu per tahun) atau .web.id (sekitar 50 ribu per tahun). Dengan berinvestasi membeli domain berbayar, kamu akan memiliki keleluasaan penuh terhadap domain yang kamu daftarkan.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • shella damayanti

    makasii buat tutorialnya …
    ngebantu bnget buat saya gan …
    :)

  • davic

    cara isi blognya gmn ??

  • Ommatillah

    Info buat anda, takutnya belum kabagian khabar

    Anda bisa memiliki Domain “com” gratis dengan cara ikuti link berikut

    FreePremiumDomain.com/?r=181951

  • lakon

    mohon bantuannya ya mas…. maklum pemula kepingin bisa lewat gratisan sebagai media
    he he …………. kasus ya mas ….!!!

  • lakon

    maaf, karena saya blm bisa jd menjadi sulit …. he he … kasus ya mas …!!!!
    bantu ya….

  • lakon

    alamat web hasil terakhir kok ra iso di buka mas…
    kasus … !!!

  • Bayu

    Broww,,gue udah create New Account, terus Gue Bingung,,,ada Kolom yang harus di isi URL Homepage, itu apa maksudnya Brow???tolong di jelasin yah broww..biar gue pinter kex Elo…hee..Thank’ Kawan..

    http:KacaBisnis.BlogSpot.Com

    • URL homepage nya diisi dengan alamat homepage situs anda..semoga membantu :)

  • @ Totoq dan Alya Balqis : name server hosting diperoleh dari srver hosting setelah anda memiliki account hosting. Misalkan saja anda mendaftar di 000webhost.com secara gratis, nanti akan diberi name server yang bisa anda lihat di detail account hosting..misalkan saja server31.000webhost.com dsb

  • alya balqis

    mas eko, aku bingung nih yg dimaksud name server1 dan name server2 pada setting domain CO.CC , harus diisi pa ya mas? bs jwb skrg jg ngga? nama domainku yg sdh di acc alya-blqis13.co.cc ditgg mas eko.. trms

  • totoq

    maaf mas.mau nanya, boleh khan ?
    .letaknya isi nameserver 1 dan nameserver2 sesuai dengan nameserver hosting ……
    itu dimana? koq gak ketemu…?
    Mohon bantuannya