5 Tips Mengamankan WordPress dari Hacker

Jika kamu adalah seorang blogger dengan menggunakan CMS WordPress, maka kamu patut berhati-hati jangan sampai blog kesayangan yang selama ini anda perjuangkan di hack oleh oknum-oknum tertentu.  Berikut ini PG akan membagikan sedikit tips bagaimana cara mengamankan WordPress dan mengurangi celah bagi para oknum untuk merusak blog kesayangan kamu:

 

1. Gunakan password yang kuat

Password akan lebih baik jika menggunakan kombinasi huruf dan angka. Jangan menggunakan tanggal kelahiran atau nama anda sebagai  password. Supaya lebih kuat lagi kamu bisa juga menggunakan simbol-simbol unik seperti @,$,# dsb.

5 Tips Mengamankan WordPress dari Hacker

2. Jangan aktifkan anyone can register

2. Jika blog anda merupakan blog berita atau artikel yang tidak memerlukan user login, lebih baik jangan mengaktifkan menu “anyone can register”. Karena itu bisa menjadi celah yang empuk bagi oknum-oknum tertentu yang mempunyai niat buruk terhadap blog kamu. Cara pengaturannya adalah dengan klik Setting>General>Membership dan hilangkan centang yang ada di anyone can register.

3. Gunakan plugin wp security scan

Dengan wp-security scan kamu bisa membuat wordpress kamu  lebih aman dengan sekali kli saja. Untuk mendownload wp security scan, klik disini.

4. Back up database blog secara berkala

Dengan mem-back up database secara berkala kita bisa aman jika suatu saat database kamu diacak acak oleh orang lain. Untuk back up database dengan mudah kita bisa menggunakan wp-db-backup. Untuk mendownload wp-db-backup, kamu bisa klik disini.

5. Upgrade wordpress dengan versi yang terbaru

Kamu dapat mengupgrade wordpress dengan sangat mudah dengan wordpress automatic upgrade. Dan enaknya lagi, program ini dapat otomatis mengetahui jika wordpress seri terbaru telah keluar. Untuk download wordpress automatic upgrade kamu bisa klik disini.

 

Jika kamu sudah mengikuti tips-tips diatas, anda telah mencegah atau paling tidak anda telah mengurangi celah keamanan blog kamu. Ingat pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati? Yang paling tidak ini akan sedikit membantu kamu :), semoga tips-tips diatas bermanfaat bagi kamu para blogger.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini