7 Alasan kuat Menyewa Hosting Blog Sendiri

Sejak PG memutuskan untuk memulai blogging, PG selalu menyempatkan diri untuk melihat – lihat dan mengamati blog2 yang sudah ada di blog hosting gratisan ( blogspot.com, wordpress.com, dll). Hampir semua blog2 tersebut sangat menarik dan mempunyai postingan yang sangat baik serta informatif, sehingga blog tersebut semakin ramai dikunjungi. Mungkin blog kamu adalah salah satunya? :) .

Jika kamu memiliki blog yang semakin ramai dikunjungi, namun masih berhosting secara gratis, maka saran PG mulailah menyewa hosting untuk blog tercinta kamu. Menurut opini pribadi PG, blog kamu akan lebih baik lagi jika memiliki hosting sendiri. Berikut 8 alasan kuat mengapa hosting sendiri akan lebih baik dari hosting gratisan :

7 Alasan Kuat Menyewa Hosting Sendiri

1. Mendapatkan perhatian dan respect yang lebih dari pengunjung.

Jika kita mempunyai domain sendiri dan hosting sendiri, maka pengunjung akan lebih memandang kita sebagai blogger yang serius, mempunyai passion ngeblog dan tidak hanya ngeblog untuk mengisi waktu luang saja. Ini penting sekali untuk meningkatkan traffic dan kepercayaan pengunjung

2. Memiliki kekuasaan penuh atas blog kita.

Dengan hosting sendiri kita akan memiliki hak penuh terhadap blog kita. Kita dapat memasukkan script lainnya, misalnya forum agar lebih interaktif dengan pengunjung, e-commerce untuk menjual sesuatu, dll.

Selain itu kita juga dapat mengedit blog sesuai keinginan kita. Misalkan untuk menginstal dan mengedit template, menginstall plugin sesuai keinginan kita dsb.

3. Memperoleh pendapatan tambahan

Dengan hosting sendiri kita dapat memasukkan script iklan semisal adsense, adbrite, dsb. sebagai catatan, blog yang berhosting gratisan di wordpress.org tidak diperbolehkan di kustomisasi untuk menampilkan iklan dari adsense. Namun dengan hosting sendiri kita dapat memasukkan iklan2 tersebut di blog kita. Dengan ini kita dapat memperoleh pendapatan tambahan dari ngeblog. Bahkan pendapatan ini bisa berkali2 lipat besarnya daripada biaya yang kita keluarkan untuk menyewa hosting, jd untung khan??hehe…

4. Kita bisa mem-back up blog kita

Dengan hosting sendiri kita bisa back-up blog kita dengan lebih leluasa. Mengerikan bukan jika blog yang susah payah kita buat selama bertahun-tahun dan telah memiliki banyak pengunjung hilang tak berbekas karena program gratisannya telah berakhir atau perusahaan hosting tersebut tutup/bangkrut. Hal ini mungkin saja terjadi pada blog kita di kemudian hari. kita tidak ingin hal itu terjadi bukan?

5. Optimasi search engine yang lebih baik ( wordpress )

Dengan hosting sendiri blog kita bisa lebih optimal terindex di search engine. Kita bisa menginstal plugin SEO seperti All-in-One SEO dsb untuk meningkatkan traffic blog kita. Hosting gratisan tidak mengijinkan modifikasi blog yang seperti itu.

6. Lebih mudah dalam menjual blog kita.

Jika kita mempunyai blog yang padat traffic dan menarik, namun kita tidak mempunyai waktu lagi untuk mengelolanya, maka kita berhak menjual blog kita. Banyak situs2 tempat jual beli blog, Flippa misalnya. Dan jangan salah..harga blog yang ramai dan menarik harganya bisa sangat fantastis lho..

7. Branding blog kita

Keren bukan jika di kartu nama atau kendaraan kita tertulis www.situsmilikkita.com , ini akan menjadi nilai tersendiri buat kita.

Sebenarnya menyewa hosting tidaklah mahal. Dengan 50 ribu per tahun kita bisa menyewa hosting dengan fitur yang cukup bagus. Untuk domain nya sekitar 80 ribu pertahun ( situsmilikkita.com) dan 25 ribu per tahun ( situsmilikkita.web.id )

Namun tenang saja, banyak kog paket2 hosting yang murah untuk blogging. Cari saja di mbah google untuk hosting blog murah.

Akhir kata semua tergantung pada pilihan kita. Jika kita masih ingin belajar ngeblog, kita bisa mengandalkan blog hosting gratisan. Namun jika kita sudah mulai ingin serius untuk menekuni blogging, menyewa hosting kita sendiri patut kita pertimbangkan.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Lagi Galau nih,,, pake gratisan atau bayar… mohon petunjuknya mastah ..

  • namanya jg gratisan, tentu banyak batasannya. tapi buat yg baru belajar kayak saya cukup kebantu. kalo dah agak ngarti baru deh beralih ke yg berbayar

  • anak sengkang

    wah mas belomkepikiran untuk beli hosting sendiri, padahal lumayan murah yah kalau dibandingkan dengan hasil yang bisa di dapat nantinya, ditunggu mas tips berikutnya